Deteksi Penyakit Melalui Tanda pada Kuku Anda

Loading...

Bagi para wanita, kuku menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat diperhatikan. Baik dengan melakukan perawatan kuku hingga mengecatnya dengan warna-warna cantik yang menambah rasa percaya diri dan mempercantik penampilan.

Namun demikan, tahukah Anda bawa kuku juga dapat menunjukkan tanda-tanda penyakita atau gangguan kesehatan pada tubuh Anda?

Berikut adalah beberapa tanda-tanda pada kuku yang dapat menjadi indikasi adanya penyakit dalam tubuh Anda.

Kuku Kering dan Rapuh

Kuku yang cenderung lembek dan rapuh dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin A, B dan C. Selain itu, kuku yang sering terkena zat-zat kimia juga dapat beresiko kering dan rapuh, seperti cairan pembersih baju dan pembersih piring.

Untuk menjaga kuku dari kekeringan dan rapuh hingga pecah-pecah, gunakan sarung tangan karet saat mencuci piring agar cairan pembersih tidak langsung mengenai kuku Anda.

Selain itu, oleskan pelembab tangan hingga ke kuku Anda.

Kuku Berwarna Kuning

Kuku yang berwarna kuning dapat menjadi tanda-tanda penuaan dan kerusakan pada kuku akibat penggunakan produk pada kuku yang mengandung zat kimia, seperti pewarna kuku yang terlalu sering.

READ:  3 Tips Memilih Blush On Yang Tepat

Kuku kuning juga dapat diakibatkan oleh infeksi jamur dan kebiasaan merokok sehingga meninggalkan noda kekuningan di permukaan kuku Anda.

Berkaitan dengan penyakit, kuku kuning ternyata dapat menjadi indikasi penyakit diabetes, tiroid hingga masalah pernapasan.

Kuku Menebal dan Melengkung

Kondisi jaringan di bawah kuku yang menebal sehingga membuat ujung jari terlihat membengkak dan melengkung disebut dengan istilah clubbing. 

Kondisi ini dipercaya merupakan kondisi turunan. Akan tetapi, clubbing juga dapat diakibatkan oleh tubuh yang kekurangan oksigen sehingga berhubungan dengan penyakit pada paru-paru, sirosis hingga kaker.

Tak hanya itu, kuku yang menebal hingga membengkak juga dapat menjadi gejala penyakit hati, jantung dan ginjal.

Kuku Putih dan Kecoklatan

Warna normal kuku adalah bening dan sedikit berwarna merah muda. Akan tetapi, jika kuku berwarna sangat putih dan coklat di ujung jari, hal tersebut dapat menjadi gejala penyakit hati dan gagal ginjal.

Hubungan warna kuku yang cenderung ‘setenga-setengah’ ini dengan penyakit gagal ginjal, disinyalir karena perubahan kimiawi dalam darah dapat menyebabkan melanin dilepaskan hingga ke ujung kuku.

READ:  5 Herbal Untuk Atasi Panu Secara Alami

Kuku Bergaris Putih Horizontal

Kuku yang memiliki garis-garis putih horizontal dapat terjadi akibat penyakit demam tinggi. Kondisi garis berwarna putih ini disebabkan oleh proses pemulihan tubuh Anda akibat penyakit yang Anda alami.

Beberapa penyakit yang dapat ditandai dengan kuku bergaris-garis putih horizontal adalah diabetes, sirkulasi darah yang terganggu, kekurangan zat besi, atau reaksi terhadap obat.

Jika garis-garis yang muncul berwarna selain putih, seperti kuning gelap atau coklat, dapat menjadi gejala penyakit malaria, kusta atau keracunan.

Kuku Cekung

Normalnya kuku berbentuk cembung mengikuti bentuk jari, akan tetapi jika kuku Anda cekung, hal in dapat disebabkan oleh gelaja anemia.

Untuk mengatasinya, jaga asupan zat besi Anda atau minum obat untuk penyakit anemia.

Itulah beberapa tanda-tanda yang dapat terjadi pada kuku Anda dan menjadi gejala kondisi kesehatan yang terganggu. Untuk menjaga kesehatan dengan baik, ada beberapa cari yang dapat Anda lakukan secara rutin:

  • Rajin berolahraga sehingga aliran darah menjadi lancar dan racun dalam tubuh dapat secara alami didetoksifikasi melalui keringat.
  • Cukupi asupan air putih dengan cara rajin minum air putih 6-8 gelas sehari untuk menghindari tubuh kekurangan cairan dan dehidrasi
  • Rajin menjaga kebersihan dan kesehatan kuku


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *