4 Waktu Tepat Mengonsumsi Buah

Loading...

Seperti yang kita semua ketahui, buah merupakan sumber makan sehat penuh vitamin, mineral, nutrisi serta zat baik lainnya bagi tubuh. Oleh sebab itu, buah menjadi salah satu makanan wajib yang seharusnya dikonsumsi setiap hari.

Untuk mendapatkan manfaat buah yang maksimal, sebaiknya kita mengonsumsi buah-buahan di waktu yang tepat. Buah-buahan dapat Anda konsumsi secara langsung, dalam bentuk jus, dicampur dalam salad, dan lain sebagainya.

Ini dia 5 waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah.

Saat Sarapan

Sarapan merupakan aktivitas di pagi hari yang wajib kita lakukan agar dapat beraktivitas dengan baik. Penelitian juga telah membuktikan waktu seseorang yang telah sarapan pagi, akan lebih mudah berkonsentrasi dan memiliki daya fokus yang lebih baik ketimbang mereka yang tidak sarapan.

Menu sarapan yang baik adalah makanan yang kaya serat dan penuh vitamin. Buah-buahan yang kaya akan vitamin sangat baik dikonsumsi saat sarapan.

Sebelum mengonsumsi buah di pagi hari, minumlah air putih terlebih dahulu agar aman bagi lambung yang kosong. Makan buah di pagi hari dapat memenuhi kebutuhan vitamin, mineral dan serat kita. Selain itu, buah juga kaya akan anti oksidan yang dapat memperlancar proses detoksifikasi tubuh.

READ:  3 Manfaat Kunyit Untuk Perawatan Kulit

Buah-buahan yang tepat dikonsumsi di pagi hari adalah pisang, apel, stroberi, blueberry, semangka dan jeruk. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau dicampur dalam menu sarapan Anda seperti bubu oatmeal, sereal maupun roti.

Sore Hari

Sore hari biasanya membuat kita lapar karena jam makan malam belum tiba. Terutama bagi kita yang bekerja, sore hari merupakan waktunya makan camilan. Akan tetapi, untuk menjaga tubuh yang tetap sehat, camilan yang kita konsumsi sebaiknya adalah makanan yang sehat dan kaya akan mineral.

Makan buah sebagai camilan di sore hari tentu banyak manfaatnya, terutama karena buah dapat mengenyangkan perut tanpa perlu khawatir menambah berat badan.

Buah-buahan yang mengandung banyak air, baik dikonsumsi pada sore hari untuk mencukupi kebutuhan mineral tubuh. Konsumsi buah seperti pepaya, jeruk, anggur, semangga dan buah sejenis lainnya.

Tak hanya di sore hari saja, buah juga baik dikonsumsi sebagai camilan sehat kapan pun Anda mau.

Sebelum Makan

Banyak dari kita yang mengonsumsi buah sebagai makanan penutup. Padahal, sebaiknya buah dikonsumsi sebelum makan. Mengapa demikian?

READ:  Tips dan Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat

Mengonsumsi buah sekitar 30 menit sebelum makan besar dapat membantu tubuh menyerap nutrisi dari buah lebih baik. Selain itu, memakan buah sebelum makan juga dapat membuat kita lebih kenyang sehingga dapat mengurangi porsi makan berlebih.

Buah-buah yang baik dimakan sebelum makan berat adalah semangka, apel, alpukat dan buah sejenis lainnya yang banyak mengandung air dan mengenyangkan.

Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Aktivitas berolahraga membutuhkan banyak energi, sehingga mengomsumsi buah sebelum olah raga dapat memberi energi dan hidrat bagi tubuh. Hindari makan makanan berat sebelum olah raga dan beralihlah ke buah-buahan.

Begitu pula setelah olah raga, tubuh banyak mengeluarkan keringat sehingga tubuh membutuhkan cairan pengganti yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan. Konsumsi secara langsung atau dalam bentuk jus.

**

Itulah waktu yang tepat untuk makan buah. Buah-buahan memang baik untuk dikonsumsi kapan saja agar vitamin, mineral dan nutrisi baik lainnya dalam tubuh tercukupi. Akan tetapi, penting untuk menyesuaikan keadaan tubuh Anda dengan waktu dan jenis buah yang Anda konsumsi.

READ:  Gaya Hidup Sehat Dengan Makan Top Untuk Nutrisi yang Baik

Bagi Anda penderita maag, hindari makan buah saat perut kosong dan buah yang cenderung asam. Sedangkan bagi Anda yang sedang dalam program diet, usahakan mengonsumsi buah yang lebih banyak mengandung air dan tidak terlalu manis. Hindari juga mengonsumsi buah saat Anda sedang terkena diare karena dapat memperburuk kondisi Anda.

Jangan lupa untuk mencuci buah dengan bersih dengan air matang sebelum dikonsumsi agar tetap terjaga kebersihannya.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *