5 Penyakit yang Muncul Karena Ketombe

Penyakit yang Muncul Karena Ketombe

Ketombe dikenal sebagai salah satu penyebab seseorang tidak percaya diri. Serpihan kulit mati yang kering dan berwarna putih ini muncul di kulit kepala dan tak jarang membuat kita malu, terlebih jika ketombe jatuh di atas pakaian kita.

 

Kita sering beranggapan jika ketombe muncul karena kebiasaan buruk menjaga kebersihan kulit kepala atau rambut, misalnya karena jarang mencuci rambut.

Padahal, ketombe dapat disebabkah faktor lainnya, seperti genetik atau penyakit turunan, kondisi kulit kepala yang mudah berminyak hingga produk perawatan rambut yang kurang cocok.

Kebanyakan orang mengira bahwa ketombe hanya akan membuat seseorang tidak percaya diri dan dapat diatasi dengan kebiasaan mencuci rambut yang lebih sering, maupun menggunakan produk-produk anti ketombe.

TERKAIT:  Yuk Kenali 6 Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma

Namun demikian, ketombe yang berlebihan maupun berkepanjangan juga dapat menyebabkan beberapa penyakit dan masalah serius bagi kesehatan. Ini dia ulasannya.

Gangguan Pernapasan

Mungkin kita tak mengira jika ketombe dapat menyebabkan gangguan pernapasan.

Serpihan ketombe yang berukuran kecil dalam jumlah banyak dapat berjatuhan ke bagian pundak maupun wajah, yang memungkinkan Anda menghirupnya secara tidak sengaja.

Hal ini dapat menyebabkan gangguan pernapasan seperti asma hingga infeksi paru-paru.

Infeksi Mata

Ketombe tidak hanya dapat muncul di kulit kepala, namun juga pangkal rambut lainnya di tubuh, salah satunya adalah alis maupun bulu mata.

Dalam kasus yang cukup parah, ketombe yang muncul pada pangkal bulu mata dapat menyebabkan mata mengalami infeksi, seperti mata merah, terasa gatal hingga iritasi pada kelopak mata.

TERKAIT:  Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Tubuh

Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Iritasi Kulit Kepala

Ketombe pada kulit kepala dapat menyebabkan rasa gatal dan membuat kita ingin menggaruk kepala. Rasa gatal yang sering muncul tiba-tiba dan tidak mudah hilang dapat menyebabkan efek buruk garukan yang terlalu keras, seperti kulit kepala yang luka dan iritasi.

Iritasi pada kulit kepala dapat menyebabkan kuit kepala berdarah maupun membuat ketombe menjadi lebih parah.

Rambut Rontok

Ketombe menandakan kondisi kulit kepala yang tidak sehat, dan dapat menyebabkan gangguan pada rambut, salah satunya adalah rambut kusan, kering dan rontok.

Ketombe sebaiknya diwaspadai karena pada kasus yang buruk, kerontokan rambut terjadi sangat parah dan tidak bisa diatasi dalam waktu yang singkat.

TERKAIT:  Tips Rambut Sehat Berkilau dengan Air Kelapa

Psioriasis

Pernah mendengar tentang psioriasis? Penyakit ini berupa kulit yang kemerahan, menebal hingga bersisik. Ketombe yang parah dapat menyebabkan psioriasis tidak hanya pada kulit kepala, namun pada telinga dan punggung.

Beberapa penyakit yang dapat disebabkan oleh ketombe tersebut tentu tidak mungkin tidak dapat disembuhkan.

Anda dapat memulai dengan menjaga kebersihan rambut dan kuit kepala dengan baik, memilih produk perawatan rambut dan kulit kepala yang sesuai dengan kondisi kulit kepala Ada, serta berkonsultasi ke dokter jika diperlukan tindakan lebih lanjut.