Ingin Umur Panjang? Ini Dia Tipsnya!

Panjangnya usia kita adalah sebuah misteri, tidak ada yang mengetahuinya. Setiap orang tentu mengharapkan memiliki usia yang panjang, akan tetapi kita tidak bisa memastikan apa yang akan terjadi dalam waktu dekat atau jauh.

Walaupun demikian, ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk berumur panjang. Ya, secara umum kita dapat mengaitkan panjangnya usia dengan kesehatan kita. Itulah sebabnya tips berusia panjang selalu dikatikan dengan olahraga dan makanan sehat.

Apakah itu saja? Tentu tidak. Ada beberapa tips lain yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang usia. Ini dia.

Bersosialisasi

Tahukah Anda? Bersosialisasi atau melakukan interaksi dengan orang lain baik menjalin hubungan pertemanan dan mengobrol dapat memperpanjang usia Anda.

Loading...

Sebagai makhluk sosial, manusia tentu tidak bisa hidup sendiri. Itulah mengapa, berinteraksi dengan orang lain sangat penting untuk menjaga jiwa Anda tetap sehat, dan itulah yang dapat membuat kita menjadi awet muda.

Hal ini juga menjadi penyebab mengapa gangguan kejiwaan seperti depresi tingkat tinggi dan gangguan mental lainnya dapat diawali dengan tidak adanya interaksi sosial dan lebih suka menjadi penyendiri ketimbang melakukan kontak sosial.

Jalinlah pertemanan, ungkapkan masalah, kesenangan Anda pada teman Anda. Pergilah berkumpul maupun menghabiskan waktu di akhir pekan bersama orang-orang tercinta.

READ:  Mitos Seputar Kesehatan Yang Banyak Beredar di Masyarakat

Sesibuk apapun Anda, usahakan untuk meluangkan waktu bersama dengan keluarga dan teman-teman Anda, baik dalam aktivitas sederhana seperti minum teh bersama, menonton TV bersama, makan malam bersama dan lain sebagainya.

Tidur yang Cukup

Tidur menjadi salah satu aktivitas yang cukup sulit untuk diatur bagi Anda yang sangat sibuk dan penuh aktivitas. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa tidur yang cukup sangat baik untuk kesehatan, yaitu 6 hingga 8 jam setiap malamnya.

Saat tidur, tubuh memproses regenerasi sel-sel yang diperlukan untuk tetap sehat sehingga kita dapat terhindar dari rasa cepat lelah, tidak fokus, hingga penyakit yang cukup kronis seperti penyakit jantung, obesitas maupun depresi.

Itulah sebabnya tidur yang cukup terbukti dapat mencegah penuaan dini.

Olah Raga

Tak asing lagi, olah raga menjadi salah satu cara yang paling penting untuk menjaga kesehatan, dan tentunya memperpanjang usia kita.

Seperti yang kita ketahui, dengan berolahraga, aliran darah kita menjadi lancar dan melalui keringat, tubuh memproses pembuangan racun sehingga kita dapat terhindar dari berbagai penyakit dan resiko stres.

READ:  Cara Melawan Demam Berdarah dengan Wolbachia

Jika Anda bukan tipe orang yang gemar berolah raga, mungkin Anda dapat mencoba beberapa olah raga yang menyenangkan dan dilakukan dengan interaksi dengan orang lain, seperti olah raga berbasis permainan maupun kegiatan yang menyenangkan. Contohnya bulu tangkis, basket, sepak bola, zumba, yoga dan lain sebagainya.

Minum Kopi

Pernahkah Anda mendengar bahwa meminum kopi dapat memperpanjang usia? Hal ini didasari oleh study yang menunjukkan bahwa kopi hitam dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan koleterol baik.

Disarankan untuk meminum 2-3 cangkir kopi hitam per hari untuk mengurangi resiko terkena penyakit kronis.

Kopi yang sebaiknya diminum adalah kopi hitam tanpa gula, susu, krimer atau pemanis buatan lainnya. Namun demikian, jangan lupa untuk tetap mengimbanginya dengan makan makanan yang sehat dan olah raga yang rutin.

Mengasah Kemampuan Otak

Mengasah kemampuan otak dipercaya dapat membuat seseorang awet muda. Lakukan permainan yang dapat mengasah kemampuan berpikir Anda.

TTS, sudoku, puzzle dan permainan sejenis lainnya dapat melatih otak Anda untuk mengingat, menganalisis dan mencari cara menyelesaikan masalah. Hal ini juga dapat membuat Anda terhindar dari resiko penyakit demensia dan Alzheimer.

READ:  9 Resep Alami Untuk Memerahkan Bibir

Bercinta

Tak dapat dipungkiri lagi, bercinta dapat memperpanjang usia. Mengapa demikian?

Seperti hasil sebuah penelitian, aktivitas bercinta dapat membantu seseorang melepaskan hormon oksitosin, yaitu hormon yang membuat rasa bahagia.

Hormon ini diperlukan tubuh untuk mengurangi stres, menurunkan tekanan darah serta meredakan rasa nyeri, sehingga menghindari seseorang dari resiko depresi hingga kanker prostat.Itulah sebabnya manfaat bercinta tidak diragukan lagi dapat menjaga kesehatan mental seseorang.

Senyum dan Tertawa

Cara yang paling murah dan mudah untuk memperpanjang usia? Senyum dan tertawalah!

Ya, secara otomatis, senyum dan tawa membuat kita bahagia dan melepas stres. Cara ini diangap sebagai cara kita untuk ‘mengelabui’ tubuh dengan meyakinkan tubuh kalau kita merasa baik-baik saja.

Selain itu, sering senyum dan tertawa juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga kita terhindar dari banyak penyakit, terutama stres dan depresi.

Senyumlah dan tertawalah meskipun banyak masalah yang harus Anda hadapi.

**

Itulah beberapa tips agar Anda berusia panjang. Jagalah kesehatan, perbaiki pola makan Anda, tetaplah bersosialisasi dengan orang-orang tercinta dan berbahagialah. Semoga panjang umur!


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *