Pentingnya Menjaga Kelembapan Kulit Tubuh

Loading...

Menggunakan pelembab tubuh seperti body lotion biasanya kita anggap penting hanya jika kulit dalam keadaan kering. Padahal, pelembab tubuh sebaiknya digunakan secara rutin setiap hari, meskipun kita tinggal di Indonesia dengan udara tropis yang membuat kulit tidak mudah kering.

Menggunakan body lotion memang kadang terasa lengket dan berminyak, akan tetapi untuk menjaga kulit tetap lembab, terhindar dari dehidrasi, debu dan polusi hingga paparan langsung

sinar matahari, pelembab tubuh sangat dianjurkan untuk digunakan.

Yang perlu Anda ketahui, fungsi memakai pelembab tubuh tidaklah hanya untuk mencegah kulit dari dehidrasi. Ada banyak kegunaan menggunakan pelembab tubuh yang mungkin membuat Anda tak ingin melewati produk tersebut dalam rangkaian rutin perawatan kecantikan Anda.

Kulit Cerah

Kulit cerah menjadi dambaan banyak wanita karena kulit yang cerah juga terlihat segar dan sehat. Menggunakan body lotion atau pelembab tubuh lainnya dapat mencegah kulit dari kusam karena dapat mempercepat regenerasi sel kulit sehingga mengatasi residu, kotoran dan sel kulit mati pada kulit.

Bagi Anda yang menginginkan kulit yang cerah lebih cepat, Anda dapat memilih produk yang memang memiliki fungsi khusus untuk mencerahkan kulit. Biasa produk tersebut mengandung vitamin C, buah lemon, kandungan susu maupun beras.

Kulit Lembut

Kulit lembut berarti kulit Anda terasa halus dan tidak kasar. Meskipun Anda merasa bahwa kulit Anda lembut, biasanya kulit kasar terasa di bagian tumit, siku, mata kaki dan lutut.

READ:  Cara Mencegah dan Mengatasi Rasa Gatal di Selangkangan

Kulit lembut juga tidak berarti jauh dari resiko kulit kasar. Untuk menghindari maupun mengatasinya, gunakan pelembab setiap hari baik di pagi hari setelah mandi maupun malam hari sebelum tidur. Khususnya di bagian kulit yang terasa lebih kasar, gunakan pelembab lebih sering, terutama jika Anda beraktivitas di ruangan ber-AC.

Anda juga dapat menggunakan body butter sebagai pelembab tubuh yang sangat cocok untuk melembapkan kulit super kering dan kasar.

Melindungi Kulit dari Iritasi

Salah satu fungsi menggunakan pelembab tubuh adalah melindungi kulit dari resiko iritasi dan kemerahan baik karena paparan sinar matahari maupun debu dan polusi.

Tah hanya itu, kulit tanpa pelindung seperti body lotion juga rentan iritasi karena kuman dan bakteri. Ini lah sebabnya ada beberapa jenis pelembab tubuh yang menggunakan bahan-bahan alami sebagai pelindung kulit dari kuman dan bakteri, seperti madu, tea tree dan lain sebagainya.

Terutama bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan dan di lingkungan yang berdebu, pastikan untuk menggunakan pelembab tubuh agar kulit selalu terlindungi.

Mencegah Komedo dan Jerawat

Komedo dan jerawat tidak hanya muncul pada kulit wajah, namun juga kulit tubuh, seperti leher, dada dan punggung.

Untuk mengatasinya, Anda dapat secara rutin menggunakan pelembab wajah agar kulit terhindar dari munculnya komedo dan jerawat tea tree oil.

Membuat Kulit Cerah

Banyak wanita Indonesia yang memiliki kulit cerah. Ya, kulit cerah tidak harus putih, namun kulit cerah dan tidak kusam akan membuat Anda tampil lebih segar dan bersih.

READ:  Beragam Manfaat Hijab dari Segi Kesehatan

Untuk mendapatkan kulit cerah, Anda dapat menggunakan pelembab yang mengandung vitamin C, B3, susu maupun kandungan pencerah alami lainnya untuk memperlambat proses pigmentasi, sehingga kulit tampak lebih cerah.

Tidak hanya untuk tampil dengan kulita yang lebih cerah, menggunakan body lotion dengan kandungan pencerah juga dapat membuat rona kulit Anda tampak lebih merata.

Terutama di area yang biasanya tampak lebih gelap seperti siku dan lutut, Anda dapat menggunakan pelembab khusus area lutut dan siku karena biasanya memerlukan perawatan yang lebih efektif.

Membuat Kulit Kencang

Mengencangkan kulit juga menjadi salah satu kegunaan menggunakan pelembab kulit. Anda dapat memilih produk yang mengandung glycerin dan retinol yang terbukti membuat kulit menjadi lebih kencang dan terhindar dari kerutan halus.

Jauh dari Flek Hitam

Salah satu tanda penuaan dini adalah munculnya flek-flek hitam. Biasanya flek hitam muncul akibat terlalu sering terpapar sinar matahari dan akibat polusi.

Untuk menghindari kulit dari munculnya flek-flek hitam, gunakan pelembab tubuh setiap hari terutama jika Anda berada di luar ruangan. Pilihlah produk yang mengandung AHA yang dapat mempercepat proses penggantian sel-sel kulit mati.

Melindungi dari Sinar UVA dan UVB

Sinar UVA dan UVB dapat memberikan efek buruk bagi kulit seperti hiperpigmentasi dan munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti flek hitam dan kulit kusam.

Pastikan pelembab Anda memiliki kandungan SPF sehingga dapat melindungi kulit Anda dari paparan langsung sinar matahari.

**

Menjaga kelembapan kulit tubuh tidak lah sulit, pastikan produk yang Anda gunakan sesuai dengan kondisi kulit Anda. Semoga bermanfaat.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *