Yuk Tiru Kebiasaan Sehat Masyarakat Korea Berikut

Loading...

Beberapa tahun belakangan ini, apa pun tentang Korea menjadi salah satu perbincangan hangat hingga tren. Diawali dengan banyaknya drama Korea yang menjadi favorit di berbagai negara di Dunia termasuk Indonesia, populernya K-Pop atau dunia musik Korea yang juga mendunia, Korea menjadi tren dan pusat perhatian dunia.

Ya, tidak hanya dunia hiburannya saja, budaya masyarakat Korea pun turut menarik untuk dicermati. Terutama berkaitan dengan munculnya produk-produk kecantikan dari Korea yang laris manis di pasaran, kita pun turut penasaran mengapa orang Korea banyak yang memiliki kulit yang glowing, tubuh yang sehat serta perhatian mereka akan kesehatan dan kecantikan yang sangat besar.

Meskipun secara fisik orang Korea sangat berbeda dengan orang Indonesia, beberapa kebiasaan mereka menjaga kesehatan sangat bisa ditiru.

Berikut adalah beberapa cara dan kebiasaan orang Korea dalam menjaga kesehatan mereka.

Rajin Minum Air Putih

Korea adalah negara empat musim dengan udara yang relatif kering. Hal ini juga yang menyebabkan orang korea sangat memperhatikan asupan mineral untuk mencegah tubuh dari dehidrasi dan kulit yang kering.

READ:  Tips Mengatasi Anak Sering Ngompol di Malam Hari

Hal dasar yang menjadi kebiasaan orang Korea adalah minum air putih yang cukup. Itulah sebabnya tak jarang kita melihat adegan dalam dram, dimana orang minum air putih sesaat setelah bangun tidur dan aktivitas lainnya.

Minum air putih dengan cukup setidaknya 2 liter per hari memang sangat penting agar tubuh tetap sehat dan jauh dari penyakit.

Sauna

Karena udara di Korea cenderung dining dan kering, maka mereka memiliki tempat sauna atau yang biasa disebut Jimjilbang.

Aktivitas sauna menjadi salah satu kebiasaan yang dilakukan orang Korea dengan rutin. Tujuan utamanya adalah proses detoksifikasi tubuh karena dengan sauna, tubuh mengeluarkan banyak keringat yang merupakan salah satu proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Selain itu, sauna juga menawarkan makanan dan minuman sehat. Di Indonesia dengan udara yang cukup hangat, tak sulit bagi kita untuk berkeringat. Akan tetapi, bagi Anda yang banyak bekerja di dalam ruangan ber-AC dan jarang olah raga, rutin ke sauna akan baik untuk menjaga kesehatan Anda.

READ:  Bahaya Terlalu Sering Memakai Softlens

Mengonsumsi Sayur

Salah satu faktor yang membuat orang Korea memiliki wajah mulus dan jauh dari jerawat, adalah karena mereka terbiasa memakan makanan yang sehat.

Ya, di Korea, makan didominasi oleh makanan rebus, kukus, hasil fermentasi dan tentunya bahan sayur yang banyak. Makanan yang mengandung banyak minyak, seperti gorengan tidak dikonsumsi terlalu sering.

Seperti yang kita ketahui, sayur sangat baik untuk dikonsumsi sebagai sumber nutrisi dan mineral. Perbanyak makan sayur dan pastikan dalam setiap menu makanan yang Anda konsumsi, sayur menjadi pelengkap dan penyeimbangnya.

Rajin Merawat Kulit Wajah

Anda tentu tahu mengapa jumlah produk kecantikan dari Korea menjadi tren dunia dengan jumlah rangkaian produk yang lebih banyak dari yang lain. Hal ini karena orang Korea memang terbiasa merawat seluruh bagian wajah mereka.

Tak jarang kita melihat adegan merawat kulit wajah seperti menggunakan sheet mask sering ditayangkan di drama. Baik pria maupun wanita Korea, mereka sangat suka merawat kulit wajah agar tetap terlihat  bercahaya, lembab dan cerah.

READ:  Infeksi Telinga dan Alat Bantu Dengar

Anda juga dapat meniru kebiasaan yang satu ini, dengan merawat kulit wajah Anda secara rutin. Pastikan produk yang Anda gunakan sesuai dengan jenis kulit Anda.

Rajin Berjalan Kaki

Mayoritas orang Korea cenderung bertubuh ideal. Selain karena asupan makanan yang sehat, mereka juga terbiasa banyak berjalan kaki.

Jalan kaki merupakan olah raga ringan yang sangat besar manfaatnya. Selain tidak berat untuk dilakukan semua golongan dan usia, jalan kaki dapat menyehatkan jantung, melancarkan aliran darah dan melepas stres.

Berjalan kaki mungkin tidak begitu mudahnya dilakukan di Indonesia karena tempat pejalan kaki yang kurang memadai dan udara yang panas. Namun Anda tetap dapat melakukannya sebagai bagian dari aktivitas rutin, misalnya gunakan tangga daripada lift dan berjalan kaki jika ingin pergi ke tempat yang relatif dekat.

**

Itulah beberapa kebiasaan orang Korea dalam menjaga kesehatan yang dapat kita tiru. Semoga bermanfaat!


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *