Tetap Bugar Selama Puasa dengan Olahraga? Ini Dia Tipsnya!

Selama bulan Ramadan, umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa selama kurang lebih 14 jam lamanya. Selama menjalankan puasa, pola makan dan minum kita pun berubah. Tak jarang, puasa juga membuat kita enggan untuk beraktivitas berat yang dapat mengeluarkan banyak energi.

Namun demikian, bagi Anda yang gemar berolahraga dan ingin tetap bugar selama bulan Ramadan, tidak ada salahnya untuk tetap berolahraga. Terutama saat bulan puasa dimana pola makan dan minum kita berubah, ada kalanya berbuka puasa dan sahur berlebihan juga dapat memberi pengaruh kurang baik bagi kesehatan.

Selain itu, minuman dan makanan berbuka puasa juga identik dengan rasa manis dan peuh karbohidrat. Oleh sebab itu, berolah raga selama bulan puasa sangat baik untuk dijalankan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam berolah raga selama bulan puasa, karena berbeda dengan hari-hari lainnya.

Berikut adalah tips berolah raga selama menjalankan puasa:

Loading...

Jenis Olahraga yang Ringan

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan selama berolahraga di bulan puasa adalah olahraga yang cenderung ringan. Mengingat selama berpuasa Anda tidak dapat makan dan minum, sebaiknya pilih olahraga ringan namun tetap membuat berkeringat, misalnya berjalan kaki, bersepeda, jogging ringan hingga berenang.

READ:  Hati-hati Mengkonsumsi Bakso dan Mie Instan!

Waktu Olahraga yang Tepat

Hal kedua yang perlu menjadi pertimbangan Anda saat berolahraga selama berpuasa adalah waktu olahraga yang tepat.

Karena selama berpuasa perut Anda kosong, maka tidak dianjurkan untuk berolah raga ditengah hari saat berpuasa. Beberapa ahli kesehatan berpendapat bahwa waktu terbaik untuk berolahraga di bulan Ramadan adalah setelah berbuka puasa.

Namun demikian, waktu yang lebih tepat adalah sesaat sebelum berbuka puasa karena dekat dengan waktu makan dan mengembalikan asupan energi Anda.

Anda dapat berolahraga 30 hingga 60 menit menjelang waktu berbuka puasa. Namun perhatikan juga kondisi tubuh Anda, karena setiap individu memiliki kondisi tubuh yang berbeda selama berpuasa. Jangan paksakan diri untuk berolahraga jika Anda merasa lemas dan pusing.

Perbanyak Minum Air Putih

Seperti yang kita ketahui, minum air putih yang cukup sangat baik untuk kesehatan. Kita dianjurkan meminum setidaknya 8 gelas air putih per hari untuk menjaga tubuh tidak kekurangan cairan yang dapat berakibat buruk bagi bagi kesehatan.

READ:  10 Macam Obat Tradisional Asam Urat

Terlebih selama bulan puasa, asupan air putih sangatlah penting. Minumlah air putih dengan cukup saat sahur dan berbuka untuk menjaga tubuh tetap bugar.

Terutama jika Anda ingin tetap berolahraga selama bulan puasa, perbanyak minum air putih dapat menghindari Anda dari kondisi lemas selama berolah raga.

Perhatikan Menu Sahur dan Berbuka

Selain cukup minum air putih, menu sahur dan berbuka juga sangat penting untuk menjaga kondisi Anda selama tetap berolahraga selama berpuasa.

Biasanya menu dan pola makan kita saat berpuasa berubah dibandingan dengan hari-hari lainnya. Apapun menu yang Anda makan, usahakan mengandung zat gizi yang lengkap, seperti karbohidrat, protein, vitamin, lemak serta mineral.

Karbohidrat menjadi salah satu zat yang paling penting sebagai penghasil energi bagi tubuh. Terlebih jika Anda suka berolahraga selama berpuasa, maka pastikan Anda mengonsumsi cukup karbohidrat. Selain itu, protein juga sangat penting untuk memulihkan sel-sel otot selama berolah raga. Protein didapatkan dengan mengonsumi ikan, telur dan daging.

Makanan berlemak tinggi mungkin terdengar tidak baik bagi kesehatan, akan tetapi selama berpuasa, makanan dengan kandungan lemak dapat memperlambat kerja pencernaan sehingga rasa lapar tidak cepat muncul. Tentunya lemak tidak selalu ada dalam makanan tidak sehat, beberapa lemah baik bagi tubuh bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan, kacang-kacangan, alpukat, bayam dan berbagai jenis bahan makanan lainnya.

READ:  Ingin Umur Panjang? Ini Dia Tipsnya!

**

Itulah beberapa tips berolahraga selama bulan puasa. Tetaplah menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Semoga bermanfaat.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *