Ternyata 8 Jenis Makanan ini Mengandung Kolestrol Baik

Loading...

Di Indonesia, kolestrol tinggi menjadi salah satu penyebab berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes dan lain sebagainya.

Banyak dari kita mengira bahwa kolestrol itu selalu buruk, padahal terdapat dua jenis kolestrol yaitu kolestrol baik (HDL-High Density Lipoprotein) yang berfungsi mencegah terjadinya ateroma (penyempitan pembuluh darah oleh lemak) dan kolestrol jahat (LDL-Low Density Lipoprotein) yang mengakibatkan menyempitnya pembuluh darah.

Salah satu cara untuk terhindar dari penyakit-penyakit tersebut yang disebabkan oleh kolestrol tinggi adalah menjaga pola hidup sehat. Mengonsumsi makanan sehat seperti memperbanyak sayur dan buah-buahan serta olahraga secara teratur dipercaya dapat mengurangi resiko terkena kolestrol tinggi.

Dari banyaknya makanan sehat, ada beberapa jenis makanan yang mungkin kita kira mengandung kolestrol jahat, padahal makanan tersebut mengandung kolestrol baik. Berikut adalah beberapa contohnya.

Telur

Telur selama ini dianggap makanan tinggi kolestrol. Namun menurut penelitian terbaru pada Journal of Nutrition, telur ternyata mampu meningkatkan kadar kolestrol baik dalam tubuh.

Seseorang yang makan telur saat sarapan misalnya, dilaporkan memiliki energi yang lebih tinggi tanpa meningkatkan kolestrol jahat dalam tubuh mereka.

Konsumsi telur terutama pada waktu sarapan bersama dengan roti gandung atau tomat dan buah-buahan.

READ:  5 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Kacang Almond

Kacang-kacangan sering disebut sebagai makanan dengan lemak jahat. Pada beberapa kasus penyakit, memang seseorang dapat diminta untuk berhenti mengonsumsi kacang-kacangan. Beberapa jenis kacang juga dinilai buruk bagi kesehatan.

Healthy and nutritious snack

Akan tetapi, berbeda untuk kacang almond. Kacang yang rasanya cukup manis dan biasa dikonsumsi untuk camilan ini merupakan jenis makanan sehat yang tidak menyebabkan obesitas.

Kacang almond juga dapat menurunkan resiko kardiovaskular, baik untuk jantung dan sumber kolestrol baik bagi tubuh.

Kacang Edamame

Tidak hanya kacang almond, kacang edamame juga dinilai jenis makanan yang sangat baik untuk meningkatkan kolestrol baik dalam tubuh. Kacang berwarna hijau yang sangat enak dijadikan sebagai camilan ini dapat menurunkan tingkat kolestrol jelek dan baik dikonsumsi sebagai menu diet sehat.

Oatmeal

Oatmeal bukanlah jenis makanan yang asing di telinga kita. Bahkan, oatmeal disebut-sebut sebagai menu sarapan wajib jika menginginkan jantung yang sehat dan tubuh yang fit.

Oatmeal merupakan salah satu jenis makanan yang dapat meningkatkan kolestrol baik dalam tubuh serta menu diet yang sangat baik.

Pasta

Makanan yang cenderung banyak dikonsumsi masyarakat di negara barat ini dinilai mampu membantu mengontrol peradangan dan insulin, sehingga mampu meningkatkan kolestrol baik dalam tubuh.

READ:  Cara Menambah Nafsu Makan Secara Alami

Tak ada salahnya mengonsumsi pasta sebagai salah satu menu makanan Anda sebagai pengganti karbohidrat lainnya seperti nasi dan kentang.

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun memang bukanlah jenis makanan, namun bagi Anda yang menyukai masakan yang cenderung berminyak seperti tumis, pan grilled dan lain sejenisnya, sebaiknya ganti minyak kelapa sawit dan margarin Anda dengan minyak zaitun karena mampu meningkatkan kolestrol baik dalam tubuh.

Alpukat

Buah-buahan yang banyak mengandung air disebut-sebut sangat baik dikonsumsi untuk menghindari kolestrol tinggi. Namun, bukan berarti buah-buahan yang cukup padat buruk bagi tubuh.

Alpukat misalnya, mengandung lemak baik bagi tubuh sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Sebaiknya hindari mengonsumi alpukat yang dicampur dengan gula dan susu, namun nikmati tanpa tambahan apapun agar khasiatnya dapat Anda rasakan.

Ikan

Anda menyukai daging ayam dan sapi? Untuk mendapat sumber kolestrol baik, sebaiknya pertimbangkan untuk mengonsumsi ikan yang mengandung omega-3.

Bagi Anda yang kurang menyukai ikan sebagai makanan, Anda juga dapat mengonsumsinya melalui pil kesehatan yang mengandung omega-3 atau minyak ikan.

***

Ada begitu banyak jenis makanan yang dapat meningkatkan kolestrol baik dalam tubuh. Makanan-makanan tersebut tentu tidak sulit untuk didapatkan dan sangat enak untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *