Kenali 7 Makanan Pencegah Kanker Payudara

Loading...

Kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang sangat ditakuti semua wanita, khususnya di Indonesia sebagai negara yang memiliki penderita kanker payudara urutan ke-8 di Asia Tenggara.

Kanker payudara merupakan penyakit dimana sel kanker terbentuk di jaringan payudara, yaitu di lobulus (kelenjar yang menghasilkan susu) atau di duktus (saluran yang membawa air susu ke puting. Tidak hanya di kelenjar dan saluran payudara, sel kanker juga dapat terbentuk di jaringan lemak atau jaringan ikat.

Sel-sel kanker payudara tersebut umumnya membentuk tumor dan benjolan yang dapat terdiri dari beberapa jumlah dan ukuran dari kecil hingga besar.

Meski kanker payudara lebih umum menyerang wanita, penyakit ini juga dapat menyerang pria.

Cara dini untuk mengetahui tumor yang dapat berkembang menjadi kanker payudara adalah dengan menekan bagian sekitar payudara hingga ke arah ketiak dengan posisi lengan diangkat ke atas. Jika terasa benjolan yang tidak biasa, segera kunjungi dokte atau rumah sakit untuk pengecekan lebih lanjut.

Beberapa cara dapat kita lakukan untuk terhindar dari kanker payudara, seperti menjaga kesehatan dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

Berikut adalah beberapa contoh makanan yang baik dikonsumsi agar terhindar dari kanker payudara.

READ:  Manfaat Rebusan Daun Sirsak untuk Penderita Asam Urat

Apel

Buah apel sengat terkenal sebagai buah yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi resiko kanker.

Apel sangat kaya dengan vitamin C dan zat penting lainnya terutama pada kulit dan seratnya yang mampu menghambat sel-sel yang berpotensi menyebabkan kanker.

Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang sangat kaya manfaat terutama untuk menjaga tubuh dari sel-sel kanker.

Sayur yang sebaiknya dikonsumsi dengan cara direbus tidak terlalu lama ini kaya dengan kadungan antioksidan sulforaphane yang mampu melawan penyakit dengan cara meningkatkan enzim kekebalan tubuh dan membunuh sel-sel tumor di dalam tubuh.

Konsumsi brokoli dengan cara direbus tidak terlalu lama, dalam sop, tumisan maupun sebagai camilan sehat Anda.

Kunyit

Salah satu jenis rempah yang sering kita temui sebagai bumbu dapur untuk aneka masakan ini mengandung bahan curcumin yang memiliki sifat anti radang dan mampu membantu memberantas tumor pada tubuh, termasuk tumor penyebab kanker payudara.

Kunyit biasa dihidangkan dalam masakan kari yang rasanya lezat.

Jamur

Seperti yang kita ketahui, manfaat jamur untuk kesehatan tubuh sudah sering kita dengar. Tidak hanya itu, jamur juga mampu mengurangi resiko terkena kanker payudara hingga 60%.

Jamu kancing maupun shitake mengandung antioksidan tinggi yang mampu mendeteksi sel kanker dan menghancurkan jaringan tumor dalam tubuh.

READ:  Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada Kaki

Padukan jamur dengan sayuran lainnya dalam masakan Anda sebagai menu sehat.

Kacang

Kacang sering kita konsumsi sebagai camilan karena rasanya yang enak. Tak hanya sebagai camilan yang enak, kacang kaya akan serat dan baik untuk saluran pencernaan.

Kacang seperti walnut dan almond juga mampu menjaga gula darah dalam tubuh dan memperlambat pertumbujan sel kanker.

Bayam

Jika rajin mengonsumsi bayam, maka kita dapat terhindar dari resiko kanker payudara hingga 40%. Hal ini disebabkan oleh kandungan folat dan vitamin B yang terkandung dalam bayam mampu menghancurkan sel pemicu kanker dalam tubuh.

Minyak Ikan

Minyak ikan biasanya rajin diberikan kepada anak-anak. Namun demikian, minyak ikan juga baik untuk dikonsumsi orang dewaasa karena kaya akan lemak omega-3 yang bersifat anti-inflamasi dan mampu menurunkan resiko karsinoma duktar, yaitu kaker payudara.

Manfaat minyak ikan juga bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan salmon maupun tuna.

***

Itulah beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi agar terhindar dari resiko kanker payudara. Konsumsi secara rutin dan rajinlah berolah raga. Semoga sehat selalu!


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *