Ini Dia, 6 Tips Melawan Rasa Malas

Loading...

Rasa malas dimiliki hampir semua orang, itu merupakan hal yang normal. Akan tetapi, kebiasaan malas kita akui sebagai musuh bersama yang harus dibasmi bukan?

Rasa malas tentu membuat aktivitas kita menjadi terganggu dan rencana berantakan. Ya, rasa malas membuat kita berjalan mundur dan tidak mengalami kemajuan dalam hidup.

Malas untuk melakukan sesuatu sebenarnya sah-sah saja, terlebih lagi bagi Anda yang sangat sibuk, ada saatnya ketika Anda tiba-tiba malas dan memilih untuk beristirahat sejenak.

Akan tetapi, sering malas bahkan untuk melakukan hal kecil, merupakan kebiasaan buruk yang harus kita lawan. Meskipun tidak mudah melawan rasa malas, Anda dapat mencoba melakukan beberapa tips berikut agar rasa malas dapat dilawan.

Jangan Menunda

Menunda pekerjaan sekecil apa pun itu merupakan salah satu sifat malas. Hal yang ditunda, biasanya lama kelamaan tidak jadi dikerjakan dan akhirnya rencana atau targetpun tidak tercapai.

Hindari menunda pekerjaan, dengan mendorong diri sendiri untuk segera menyelesaikannya. Jangan berpikir pekerjaan tersebut dapat dikerjaan nanti, karena waktu Anda dapat terbuang sia-sia.

READ:  Ketahui 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Memakai Sheet Mask

Susun Target Harian

Cara lain yang cukup ampuh untuk melawan sifat malas adalah dengan menyusun target harian agar semua rencana berjalan sesuai dengan yang Anda rencanakan.

Tulis setidaknya di kalender atau agenda hal-hal penting yang harus Anda kerjaan esok, lusa hingga minggu-minggu dan bulan mendatang. Susun pula rincian aktivitas yang harus Anda kerjakan, misalnya jam berapa, apa targetnya dan lain sebagainya.

Menyusun target harian dapat melawan sifat malas karena Anda memiliki hal atau target yang sudah jelas, hingga Anda dapat menggunakan waktu Anda dengan maksimal.

Rutin Berolahraga

Ya, berolahraga adalah salah satu kegiatan yang memerlukan kedisiplinan sehingga sangat cocok untuk melawan rasa malas.

Beberapa orang juga beranggapan bahwa orang yang gemar berolahraga adalah orang-orang yang rajin dan jauh dari sifat malas.

Rencanakan setidaknya 30 menit sehari pada jam-jam tertentu untuk berolah raga dan lakukan sebagai rutinitas harian Anda.

Tidak hanya memiliki tubuh yang sehat, Anda pun terhindar dari sifat malas.

Pola Hidup yang Teratur

Memiliki pola hidup yang teratur sebenarnya tidaklah sulit. Miliki rencana yang setiap hari Anda lakukan secara rutin, yaitu pada jam yang sama.

Anda dapat memulai dari hal-hal kecil dan sederhana, misalnya merapikan tempat tidur di pagi hari, berolahraga sepulang kerja, makan malam sebelum jam 8 malam, bertemu kerabat di akhir pekan, bertamasya dengan keluarga setiap hari minggu, dan lain sebagainya.

READ:  Tips Dan Cara Merawat Kulit

Atur aktivitas Anda dengan teratur sehingga Anda akan terbiasa sibuk beraktivitas dan jauh dari sifat malas.

Motivasi Diri Sendiri

Siapa yang mengenal diri Anda lebih baik daripada Anda sendiri? Ya, Anda adalah sumber motivitas terbesar untuk melawan rasa malas.

Motivasi diri Anda untuk melawan rasa malas dengan mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda bisa dan Anda mampu melakukan hal-hal untuk mencapai target Anda.

Beri Hadiah untuk Diri Anda Sendiri

Tips terkahir untuk melawan rasa malas adalah dengan menyiapkan hadiah atau reward untuk diri Anda sendiri apabila Anda berhasil mencapai suatu target atau melakukan aktivitas seperti yang sudah Anda rencanakan.

Rencanakan liburan di akhir tahun misalnya, atau dengan hal-hal kecil seperti makan malam di restoran favorit, pergi ke spa atau membeli barang impian setelah target Anda tercapai.

***

Itulah beberapa tips yang dapat kami berikan untuk melawan rasa malas. Teruslah menyibukkan diri dengan hal-hal positif dan kejarlah target Anda dengan baik. Semoga bermanfaat.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *