Pentingnya Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit

Loading...

Seperti yang kita semua ketahui, memakai sunscreen atau tabir surya sangatlah penting, terutama jika kita beraktivitas di luar ruangan yang terpapar sinar matahari langsung.

Saat ini sunscreen juga semakin populer sebagai salah satu bagian perawatan kulit yang wajib digunakan untuk menghindari beberapa efek samping paparan UVA and UVB seperti noda gelap pada wajah, garis-garis halus yang membuat wajah mengalami penuaan dini.

Memilih sunscreen tidaklah sulit, namun apakah semua produk sunscreen cocok untuk jenis kulit kita? Karena jenis kulit yang bermacam-macam, sebaiknya pilih produk yang memang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Berikut adalah tips memilih sunscreen berdasarkan jenis kulit Anda.

Kulit Normal

Bagi pemilik kulit normal, pada dasarnya sunscreen jenis apa saja cocok bagi Anda. Akan tetapi yang paling aman adalah memilih sunscreen berbentuk lotion yang dapat melembabkan wajah sehinga tidak membuat wajah tampak kering atau terlalu berminyak.

Kulit Berminyak

Bagi Anda yang memiliki kulit kombinasi hingga berminyak, biasana ditandai dengan banyaknya minyak di area hidung, dahi dan pipi. Kulit berminyak juga biasanya rentan berjerawat.

READ:  Cara Membuat Pipi Menjadi Tembem Secara Alami

Sunscreen yang tepat adalah yang bertekstur sangat cair seperti air atau gel sehingga memberikan kesan ringan dan dingin dengan tidak membuat wajah semakin berminyak.

Jika perlu, gunakan produk perawatan wajah untuk kulit berjerawat etrlebih dahulu sebelum menggunakan sunscreen.

Kulit Kering

Berbeda dengan kulit normal yang cenderung lembab, pemilik kulit kering sebaiknya memilih sunblock yang melembabkan dan tidak malah membuat kulit menjadi kering.

Beberapa jenis sunscreen yang baik bagi pemilik kulit kering adalah yang berbahan minyak, lanolin atau silikon dalam bentuk lotion atau pun krim.

Perhatikan juga kandungan SPF pada produk sunscreen tersebut karena semakin terang warna kulit Anda, semakin sensitif pula kulit terhadap sinar matahari sehingga membutuhkan setidaknya SPF 30.

Kulit Sensitif

Pemilik kulit sensitif biasanya memiliki kulit yang cepat merah dan meradang jika salah produk. Oleh karena itu sebaiknya pilih sunscreen yang mengandung zinc oxide karena tidak berisiko membuat kulit iritasi atau alergi.

Kulit Gelap

Kulit gelap memang memiliki pigmen kulit yang banyak dan memiliki risiko lebih kecil terkena kanker kulit. Akan tetapi, bukan berarti kulit gelap tidak disarankan menggunakan sunscreen.

Paparan sinar matahari juga dapat merusak DNA kulit gelap dan berisiko sunburn. Untuk itu, tetap gunakan sunscreen mulai dari SPF 15.

READ:  6 Bahan Alami Untuk Menebalkan Alis

Untuk pilihan sunscreen, sebaiknya pilih produk yang tidak meninggalkan white cast jika digunakan dan berwarna transparan seperti tekstur minyak atau gel.

Kulit Lansia

Kulit lansia yang cenderung kering tetap harus diaplikasikan sunscreen jika berada di luar ruangan untuk memperkecil risiko kerusakan kulit seperti noda hitam, kerutan hingga kanker kulit.

Tips untuk memilih sunscreen yang pas untuk kulit lansia adalah sunscreen dalam bentuk spray yang lebih mudah dan praktis untuk digunakan daripada krim.

Kulit Anak

Kulit anak-anak juga perlu diolesi sunscreen saat berada di luar ruangan. Namun demikian, kulit anak-anak cenderung sensitif akan kandungan dalam produk sunscreen kebanyakan, seperti oxybenzone dan PABA yang berisiko menimbulkan reaksi seperti iritasi pada kulit.

Sebaiknya pilih sunscreen yang mengandung titanium dioxide dan zinc oxide yang lebih aman untuk kulit anak-anak. Dianjurkan pula untuk membeli sunscreen yang dikhususkan bagi anak-anak dan bila perlu konsultasikan ke dokter sebelum membelinya.

***

Tetap gunakan suncreen saat berada di luar rumah untuk mengurangi risiko kerusakan kulit dan pilih sunscreen sesuai dengan jenis kulit Anda.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *