Hindari 10 Kebiasaan Sepele Penyebab Wajah Kusam

Loading...

Memiliki kulit wajah yang bersih dan cerah adalah impian semua wanita. Wajah yang terlihat cerah dan bersih dapat membuat kita lebih percaya diri dan tentunya menunjang penampilan kita.

Oleh karena itu banyak terdapat produk perawatan kulit wajah yang dikhususkan untuk menghilangkan wajah kusam dan membuat wajah terlihat lebih bersih dan cerah.

Namun demikian, memiliki wajah cerah dan bebas kusam tidak semudah itu. Polusi udara, debu hingga riasan yang dikenakan seharian dapat membuat wajah terlihat kusam. Selain beberapa penyebab tersebut, ada juga beberapa kebiasaan yang sering tanpa sadar kita lakukan dan dapat membuat wajah terlihat kusam.

Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut? Ini dia.

Begadang

Seseorang sebaiknya tidur minimal 6 jam sehari untuk tetap berada dalam keadaan sehat dan fit menjalankan aktivitasnya.

Sering begadang adalah kebiasaan yang tidak sehat, yang selain dapat membuat kita cenderung lemas dan ngantuk beraktivitas, juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit wajah.

Hal ini karena begadang membuat wajah tampak lesu, kantung mata yang besar atau lingkaran hitam di bawah mata dan kulit yang cenderung kering.

Kurangi begadang dan tidurlah yang cukup untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Sering Menjilat Bibir

Tanpa kita sadari, kebiasaan menjilat bibir sering sekali dilakukan. Padahal, kebiasaan ini dapat membuat bibir kita mudah kering dan pecah-pecah.

READ:  Ini Dia Cara Alami Merawat Rambut Beruban

Bibir yang kering dan pecah-pecah tentu membuat wajah terlihat kering dan tidak segar. Belum lagi lipstick yang sulit digunakan daat bibir dalam keadaan tidak lembab.

Hindari sering menjilat bibir dan aplikasikan pelembab bibir secara rutin.

Tidak Menggunakan Sunscreen

Terutama bagi Anda yang sering berada di luar ruangan, sunblock atau sunscreen wajib digunakan sebagai perawatan wajah bagian akhir sebelum penggunaan make-up.

Penggunaan suncreen secara rutin terbukti dapat membuat wajah jauh dari risiko noda hitam dan penuaan dini serta wajah kusam.

Malas Membersihkan Wajah sebelum Tidur

Tidur dengan wajah yang belum bersih dari make-up tentu dapat menyumbat pori-pori wajah dan mudah timbul jerawat.

Pastikan wajah Anda bersih dari make-up sebelum tidur dan gunakan skincare yang sesuai dengan kondisi kulit Anda agar wajah tidak mudah kusam.

Merokok

Merokok memang kebiasaan yang tidak sehat, termasuk efeknya untuk kulit wajah.

Asap rokok dan kandungan di dalamnya dapat berefek negatif pada kulit wajah dan menyebabkan wajah tampak kusam dan tidak bercahaya.

Jarang Keramas

Wajah kusam biasanya dapat disebabkan oleh jerawat dan minyak berlebih pada wajah sehingga wajah terlihat tidak bersih.

Rambut yang jarang dicuci membawa kuman dan jika menyentuh kulit wajah dapat menimbulkan jerawat. Jika perlu, hindari menggerai rambut hingga mengenai kulit wajah, terutama pemilik wajah mudah berjerawat dan sensitif.

READ:  Berbagai Manfaat Minyak Zaitun Untuk Payudara

Jarang Eksfoliasi Wajah

Untuk memiliki kulit wajah bebas kusam, sebaiknya eksfoliasi wajah minimal 2 minggu sekali. Eksfoliasi sangat bagus dilakukan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajah sehingga wajah tampak lebih cerah dan noda jerawat juga dapat berangsur memudar.

Eksfoliasi wajah dengan scrub atau exfoliate toner secara rutin untuk membersihkan kulit wajah secara seksama.

Malas Minum Air Putih

Seperti yang kita ketahui, minum air putih sangat baik bagi kesehatan tubuh. Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari agar tubuh jauh dari risiko dehidrasi dan kulit kusam.

Terlalu Banyak Makan Makanan Berminyak dan Manis

Makanan berminyak dan yang banyak mengandung gula sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering karena dapat menyebabkan jerawat dan membuat wajah terlihat kusam.

Konsumsi makanan sehat yang banyak mengandung serat dan rendah gula seperti buah-buahan dan sayuran karena kesehatan kulit wajah tidak cukup bergantung pada produk perawatan, namun juga makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Sering Menyentuh Wajah

Sering menyentuh wajah? Sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut karena kuman dan bakteri pasti banyak terdapat pada jari-jari kita dan dapat membuat wajah tidak bersih jika sering disentuh.

***

Kebiasaan-kebiasaan di atas memang terdengar sepele, namun karena dapat menyebabkan kulit tampak kusam, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut dan mulailah merawat wajah dengan baik agar wajah bebas kusam. Semoga bermanfaat.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *