7 Cara Mudah Meningkatkan Kecerdasan Anda

Loading...

Berbicara tentang kecerdasan, yang terbersit di pikiran kita mungkin adalah angka IQ. Padahal, tingkat kecerdasan tidak hanya dapat dilihat dari angka IQ, namun juga dari cara kita mempelajari hal baru, kemampuan beradaptasi, menyelesaikan masalah dan lain sebagainya.

Setiap individu memang dilahirkan dengan tingkat kecerdasan yang berbeda-beda. Akan tetapi, kecerdasan adalah sesuatu yang dapat dilatih dan ditingkatkan.

Inilah beberapa cara mudah untuk meningkatkan kecerdasan yang dapat Anda lakukan dalam kegiatan sehari-hari.

Rajin Membaca

Membaca secara otomatis dapat meningkatkan kecerdasan otak karena dengan membaca kita akan berpikir, mengaitkan satu topik dengan topik lainnya, menghapal dan berimajinasi.

Luangkan waktu setidaknya 1 jam setiap hari untuk membaca buku, berita, artikel dan media lainnya.

Menulis

Jika tidak sedang dibangku sekolah atau kuliah, mungkin kita jarang menulis. Terlebih jika pekerjaan kita tidak mengharuskan kita untuk menulis.

Menulis secara otomatis juga dapat meningkatkan kecerdasan karena menulis adalah suatu aktivitas yang membuat kita berpikir konkrit tentang apa yang akan ditulis.

READ:  12 Cara Tampil Cantik Alami

Kegiatan ini dapat Anda lakukan dengan rutin dalam bentu diary, email ke kerabat maupun dalam bentuk sastra jika memang Anda menyukainya.

Melakukan Hal-hal Kreatif

Jika segala sesuatunya saat ini sudah sangat mudah didapatkan, luangkan waktu sesekali untuk melakukan hal-hal kreatif, misalnya memperbaiki barang sendiri, membuat benda-benda kreasi sendiri, hingga membuat karya seni seperti lukisan maupun gambar.

Tanpa Anda sadari, melakukan hal-hal kreatif dapat meningkatkan kecerdasan karena kita secara otomatis akan berpikir kritis dan berimanjinasi untuk membuat sesuatu yang kita inginkan.

Melakukan Hal-hal Baru

Jika setiap hari Anda melakukan hal-hal rutin yang cukup monoton, maka luangkan setidaknya seminggu sekali untuk melakukan hal-hal baru yang belum Anda coba sebelumnya.

Misalnya melakukan olah raga yang belum pernah dicoba (yoga, wall climbing), hingga ikut dalam komunitas baru yang kegiatannya baru bagi Anda.

Terus Belajar

Mungkin Anda berpikir bahwa menjadi orang dewasa yang sudah memiliki pekerjaan membuat Anda tidak perlu mempelajari hal baru.

Padahal, mempelajari hal-hal baru dapat meningkatkan kecerdasan Anda. Di tempat kerja misalnya, sesekali luangkan waktu untuk mempelajari tugas yang tidak biasa Anda lakukan.

READ:  3 Pantangan Pasca Veneer Gigi

Selain itu, Anda juga dapat menantang diri Anda untuk mengikuti kelas-kelas tertentu yang belum pernah Anda coba sebelumnya, misalnya kelas marketing, bahasa asing yang belum Anda kuasai, kelas seni dan lain sebagainya.

Bertemu Orang-orang Baru

Memperluas jaringan sosial kita dengan bertemu orang-orang baru dapat membantu meningkatkan kecerdasan. Hal ini karena bertemu banyak orang baru dapat membuka perspektif baru, menambah pengatahuan, meningkatkan peluang melakukan hal-hal baru yang masih banyak lagi.

Gaya Hidup Sehat

Cara mudah yang terkahir adalah dengan mengubah gaya hidup Anda menjadi gaya hidup yang lebih sehat. Tidur yang cukup, rajin berolahraga, mengonsumsi makanan yang bergizi adalah beberapa cara hidup sehat yang tentu akan berpengaruh terhadap kecerdasan Anda.

***
Meningkatkan kecerdasan ternyata juga dapat dilakukan melalui hal-hal mudah dalam aktivitas sehari-hari. Lakukan tips di atas dengan konsisten dan tingkatkan kecerdasan Anda. Semoga bermanfaat.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *