Kenali 6 Penyebab Bibir Hitam dan Cara Menanganinya

Loading...

Tidak hanya impian memiliki kulit wajah yang bersih, cerah dan glowing, wanita juga mendambakan bibir yang berwarna merah dan cerah. Namun demikian, tak sedikit dari wanita memiliki bibir berwarna hitam yang sering membuatnya tidak percaya diri.

Bibir yang berwarna gelap biasanya dapat ditutupi dengan lipstick berwarna pekat dan tak jarang bibir berwarna gelap tidak bisa menggunakan lipstick berwarna terang.

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa warna gelap/hitam pada bibir tak selalu karena faktor alami (dari lahir), namun karena pengaruh hormon estrogenyang mempengaruhi proses regenerasi kulit.

Jika Anda merasa bahwa warna bibir Anda menjadi lebih gelap daripada sebelumnya, mungkin hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor di bawah ini.

Menurunnya Hormon Estrogen

Menurunnya hormon estrogen yang mempengaruhi proses regenerasi kulit termasuk kulit bibir dapat menjadi salah satu penyebab bibir hitam.

Namun demikian, menurunnya hormon estrogen merupakan hal alami yang terjadi seiring bertambahnya usia seseorang.

Hal ini menyebabkan kulit tidak mampu melembabkan dirinya sendiri sehingga menjadi kering dan timbul kerutan hingga bibir tampak menghitam.

Sering Menjilat dan Menggigit Bibir

Kebiasaan lain yang sering dilakukan dan tanpa disadari membuat bibir menghitam adalah seringnya menjilat dan menggigit bibir. Kegiatan ini dapat membuat bibir menjadi kering dan akhirnya menggelap.

READ:  Tips dan Cara Memanjangkan Rambut

Kebiasaan Merokok

Selain karena faktor alami seperti menurunnya hormon estrogen, kebiasaan merokok juga dapat membaut bibir menjadi gelap dan hitam. Tanpa disadari, saat menghisap rokok bibir terkena panas dari rokok tersebut sehingga mematikan sel-sel darah merah dan membuat pigmen gelap di bibir.

Lipstick yang Mengandung Bahan Kimia

Beberapa kandungan bahan kimia seperti isopalmityl, diglycerylsebacate, asam ricinoleic, asam lemak dipentaerythritol dan tar batubara pada lipstick terbukti dapat menyebabkan warna bibir menjadi lebih gelap bila digunakan terlalu sering.

Lebih cermatlah dalam memilih produk lipstick dan pastikan tidak ada kandungan bahan kimia yang dapat menggelapkan bibir.

Kebiasaan Minum Minuman Tinggi Kafein

Sering minum minuman berkafein tinggi juga dapat menyebabkan bibir menggelap, karena kafein pada dasarnya bersifat diuretik. Kandungan ini membuat orang lebih sering buang air kecil dan dapat menyebabkan berkurangnya kadar air dalam tubuh.

Hal ini secara tidak langsung dapat membuat bibir menjadi kering. Batasi jumlah asupan kafein harian Anda untuk menjaga kelembaban kulit dan bibir Anda.

Tidak Merawat Bibir

Tak sedikit orang yang lebih fokus merawat kulit wajah namun melewatkan perawatan bibir. Padahal, merawat bibir dengan baik dapat mencegah bibir menggelap/menghitam.

READ:  5 Rahasia Kecantikan Ala Wanita Turki

Mulailah dari hal paling dasar seperti mengoleskan lip balm sebelum tidur dan sebelum menggunakan lipstick. 

Pilih juga lip balm yang tinggi kandungan emoliennya untuk melembabkan bibir Anda dengan sempurna.

Bagi Anda yang sudah memiliki bibir yang menggelap atau menghitam, Anda dapat memerahkan bibir menggunakan beberapa bahan alami di bawah.

Madu

Oleskan madu setiap malam sebelum tidur untuk membantu mencerahkan warna bibir serta menjaganya tetap lembab.

Lemon

Seperti yang kita ketahui, lemon banyak digunakan untuk mencerahkan warna kulit, termasuk warna bibir. Oleskan jus lemon secara rutin pada bibir Anda selagi memijatnya dengan lembut setiap malam untuk hasil yang maksimal.

Gula

Gula pasir dapat digunakan sebagai scrub alami yang dapat mengangkat sel kulit mati. Campur gula pasir dan minyak zaitun lalu oleskan pada bibir dan gosok perlahan. Lakukan cara ini setiap dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

***

Itulah ulasan beberapa penyebab bibir hitam dan bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk memerahkan bibir. Kurangi kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat bibir gelap dan pastikan untuk selalu menggunakan lip balm agar bibir senantiasa lembab dan cerah.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *