Hindari 5 Kandungan Skincare Ini Jika Kulit Anda Berminyak

Kandungan Skincare Ini Jika Kulit Anda Berminyak

Jika Anda pemilik kulit berminyak, tentu Anda tau bahwa merawat kulit berminyak cukup spesial dan memerlukan cara khusus agar wajah tidak berjerawat. Ya, kulit berminyak memang sering dikaitkan dengan kulit yang mudah berjerawat.

 

Dalam memiliki produk perawatan kulit dan kosmetik, pemilik kulit berminyak haruslah berhati-hati karena ada beberapa kandungan yang dimiliki produk tersebut dapat menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat atau semakin meningkatkan produksi minyak pada wajah.

Berikut adalah beberapa kandungan atau bahan dalam produk perawatan kulit dan kosmetik yang sebaiknya Anda hindari agar kulit tidak semakin berminyak.

Mineral Oil

Mineral oil atau minyak mineral adalah salah satu turunan dari petroleum atau minyak bumi. Jenis minyak seperti paraffin oil, petroleum jelly atau petroleum oil yang juga merupakan turunan minyak mineral memiliki tektur yang lebih padat seperti lilin.

TERKAIT:  Tips Dan Cara Merawat Kulit

Minyak mineral bukanlah bahan yang berbahaya dan justru bagus digunakan bagi pemilik kulit kering. Namun demikian, pemilik kulit berminyak sebaiknya menghindari bahan ini karena berisiko menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan kulit rentan berjerawat.

Sebagai gantinya, jika Anda tetap ingin menggunakan minyak pada kulit Anda, pastikan produk tersebut non-komedogenik yaitu bahan yang tidak menyebabkan munculnya komedi penyebab jerawat.

Alkohol

Alkohol sering ditemui pada produk toner yang memang dapat mengurangi kelebihan minyak pada kulit. Namun demikian, kulit yang sering menggunakan produk mengandung alkohol lama kelamaan menjadi kering dan membuat produksi minyak di wajah meningkat.

Minyak berlebih ini dikhawatirkan dapat memicu munculnya komedo dan jerawat. Sebaiknya gunakan produk toner yang tidak mengandung alkohol agar wajah bersih dan tetap terjaga kelembaban alaminya.

TERKAIT:  Penyebab dan Cara Alami Untuk Menghilangkan Mata Panda

Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu bahan alami yang disebut-sebut sangat bermanfaat bagi kulit dan kesehatan. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa minyak kelapa adalah bahan yang termasuk komedogenik sehingga dapat membuat wajah mudah berjerawat.

Silikon

Silikon biasanya terhadap di produk-produk makeup seperti primer, foundation dan bedak. Meskipun silikon dapat membuat wajah tampak lebih mulus dan poreless, bahan ini dapat menyumbat pori-pori dan membuat kulit wajah sulit bernapas.

Akibatnya kulitpun menjadi rentan komedo dan berjerawat.

Paraben

Sering dengar bahan paraben kan? Paraben memang salah satu bahan yang banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit dan kecantikan.

Salah satu senyawa kimia ini juga pada dasarnya tidak berbahaya dan dapat digunakan dalam produk perawatan kulit.

TERKAIT:  9 Resep Alami Untuk Memerahkan Bibir

Akan tetapi, paraben dipercaya dapat meniru hormon estrogen dala tubuh dan dapat mempenaruhi hormon alami tubuh sehingga kemungkinan jerawat akan semakin parah.

Sebaiknya pilih produk yang bertuliskan paraben free untuk memastikan bahan ini tidak terdapat pada produk yang Anda gunakan.

***

Itulah beberapa bahan yang patut dihindari pada produk perawatan kulit jika kulit Anda berminyak dan rentan berjerawat.

Rawat kulit Anda dengan baik menggunakan produk yang mengandung bahan yang non komedogenik. Semoga bermanfaat!