Ini Dia 8 Tips Minum Air Putih dengan Cukup

Loading...

Manusia mengeluarkan cairan tubuh di berbagai aktivitas hariannya, seperti saat ke kamar mandi, berkeringat, hingga setiap kali bernapas.

Jika tubuh mengeluarkan cairan berlebih tanpa diimbangi dengan cairan yang masuk ke dalam tubuh, maka tubuh menjadi dehidrasi sehingga Anda pun merasa cepat lesu dan lemas.

Untuk itu, minum air putih yang cukup sedikitnya 8 gelas per hari sangatlah penting untuk mejaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Namun demikian, kenyataannya tidak selalu mudah untuk memenuhi asupan air putih. Karena kesibukan dan aktivitas yang padat, tak jarang kita jarang minum air putih, padahal manfaatnya sangat besar bagi tubuh, seperti untuk pencernaan dan menjaga kulit tetap mulus dan kenyal.

Berikut adalah beberapa tips agar Anda dapat minum air putih dengan cukup dan bahkan lebih banyak.

Selalu Sedia Gelas Berisi Air Putih di Sebelah Tempat Tidur

Saat bangun tidur, minum air putih adalah salah satu kebiasaan yang sangat baik dan sehat. Saat kita tidur, tubuh pun kehilangan cairannya sehingga saat bangun kita harus minum air putih untuk mengembalikan cairan tersebut.

Pastikan Anda meletakkan gelas berisi air putih di dekat tempat tidur Anda agar tidak lupa minum air putih setiap bangun tidur.

Manfaatkan App Pengingat Minum Air Putih

Di jaman gadget seperti sekarang ini, ada banyak app seperti alarm pengingat minum air putih yang dapat Anda unduh di handphone Anda.

READ:  5 Tips Memilih Lipstik Untuk Bibir Indah Menawan

App pengingat minu air putih dapat Anda setel sesuai kebutuhan Anda, misalnya setiap jam atau 2 jam, juga sesuai dengan takaran wadah minum Anda untuk memastikan Anda minum air putih dengan cukup setiap harinya.

Selalu Sedia Botol Minum di Dekat Anda

Cara lain untuk tidak malas minum air putih adalah dengan menyediakan botol minum di dekat Anda, misalnya di meja kantor, mobil, atau tas saat Anda berpergian.  Cara ini dapat selalu mengingatkan Anda untuk minum air putih.

Selain itu, menyediakan botol minum juga mengurangi penggunaan plastik dari air minum kemasa yang biasanya Anda beli.

Biasakan Minum Air Putih sebelum Makan

Sebelum makan, usahakan untuk selalu minum air putih setidaknya satu gelas. Cara ini juga dapat membuat Anda tidak terlalu banyak makan karena perut sudah cukup kenyang.

Cara ini biasanya dilakukan sebagai salah satu metode diet. Selain itu, kebiasaan ini juga menyebabkan Anda lebih rajin minum air putih.

Memberi Tanda pada Botol Minum Anda

Jika Anda cukup kesulitan mengingat apakah Anda sudah minum air putih dengan cukup atau belum, Anda dapat memberi tanda pada botol minum Anda yang menandakan jam.

Misalnya beri batasan berapa banyak air yang harus Anda minum antara jam 7 – 9 pagi, dan seterusnya. Selain itu, Anda juga dapat menargetkan bahwa dalam sehari, Anda harus minum 2 botol air putih. Sehingga Anda tau berapa banyak air putih yang harus Anda konsumsi dalam sehari.

Tambahan Rasa pada Air Putih

Ada beberapa orang yang tidak menyukai minum air putih karena rasanya yang hambar. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menambahkan bahan-bahan lain yang ada rasanya agar air putih sedikit lebih lezat untuk diminum.

READ:  Cara Mengobati Kulit Wajah Yang Mengelupas

Tambahan potongan buah dan sayur seperti lemon, apel, daun mint dan lain sebagainya sebagai infused water yang juga tak kalah sehatnya dengan air putih biasa.

Minum Air Putih Setelah dari Kamar Mandi

Bagi Anda yang bekerja di kantor dan biasa duduk seharian di depan komputer, maka sebaiknya pastikan kalau Anda minum air putih dengan cukup.

Salah satu caranya adalah dengan selalu minum air putih setelah Anda kembali dari kamar mandi. Tak sedikit dari kita duduk berjam-jam tanpa minum dan bergerak setelah dari kamar mandi. Lakukan kebiasaan untuk segera minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Minum Minuman Lain Tanpa Gula

Jika memang Anda tidak menyukai rasa air putih yang hambar, selain infused water, Anda juga dapat minum kopi, teh atau minuman lainnya, selama tidak mencapurnya dengan gula.

Pada dasarnya cairan yang masuk ke tubuh tidak hanya dalam bentuk air putih, namun juga minuman lainnya. Akan tetapi, pengawet, gula, pewarna buatan justru tidak baik bagi tubuh sebagai ganti air putih. Konsumsi minuman favorit Anda seperti kopi dan teh selama tidak mengandung gula.

***

Tidak sulit untuk membiasakan diri rajin minum air putih. Jaga selalu kesehatan Anda dengan minum air putih lewat beberapa tips di atas. Semoga sehat selalu!


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *