Musim Hujan Mulai Datang, Yuk Siapkan Hal-hal Berikut!

Loading...

Hujan sudah turun di beberapa wilayah di Indonesia, meskipun kemarau yang sangat panjang masih dirasakan beberapa wilayah lainnya.

Meskipun demikian, mendung sudah terlihat setiap hari dan artinya musim hujan semakin dekat. Untuk menyambut musim hujan dengan berbagai risikonya, berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya Anda siapkan.

Pastikan Ada Payung di Sekitar Anda

Payung tentu sangat membantu saat hujan karena dapat melindungi Anda agar tidak basah. Pastikan Anda memiliki payung di rumah, dalam mobil atau motor Anda. Pilih payung yang dapat dilipat dan tidak berat jika ingin praktis atau payung berukuran besar sehingga cukup digunakan lebih dari satu orang.

Jika Anda sedang merencanakan traveling, pastikan juga payung ada dalam bawaan Anda agar saat hujan tiba Anda tidak perlu sibuk mencari tempat berteduh.

Selalu Sedia Jas Hujan

Jas hujan adalah benda wajib para pengendara motor karena saat hujan tiba, tidak ada yang bisa melindungi Anda dari basahnya air hujan kecuali dengan memakai jas hujan.

READ:  Kenali 7 Penyebab Umum Rasa Mual dan Ingin Muntah

Pilih jas hujan sesuai dengan kebutuhan Anda, misal yang berbentuk ponco atau satu set atasan dan bawahan. Pilih jas hujan dengan kualitas yang baik dan tidak mudah robek.

Periksa Kondisi Kendaraan Bermotor Anda

Saat hujan, risiko banjir ada dimana mana. Bagi pengendara kendaraan bermotor, banjir dapat menyebabkan kendaraan mogok tiba-tiba.

Meskipun mogok bisa diakibatkan oleh banjir, tak ada salahnya memastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik dan tidak mudah mogok apabila terkena banjir.

Periksa Atap Rumah

Hujan bisa membuat air masuk melalui lubang atau kerusakan pada atap rumah sehingga terjadi bocor dimana mana.

Segera periksa kondisi genteng atau atap rumah Anda agar tidak ada lubang atau celah masuknya air hujan. Rumah yang bocor tentu sangat tidak menyenangkan karena dapat membuat lantai basah dan merusak beberapa furnitur yang Ada di rumah.

Bila ada kerusakan pada atap rumah Anda, segera panggil tukang untuk memperbaikinya.

Menjaga Kesehatan

Seperti yang kita ketahui, suhu udara saat musim hujan biasanya lebin rendah sehingga tak jarang kita mudha merasa kedinginan.

Terlebih lagi saat sering hujan, kondisi kebersihan lingkungan pun terganggu karena banjir dan sebagainya. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan kita sehingga berbagai penyakit pun biasa dikaitkan dengan musim hujan.

READ:  Cara Memperbesar Bokong Secara Alami

Diare, flu hingga penyakit kulit dapat terjadi karena kita tidak berhati-hati dalam memilih makanan dan menjaga kesehatan.

Jaga kesehatan Anda lebih ekstra di musim hujan dengan mengonsumsi makanan yang bersih, meminum vitamin yang cukup dan berpakaian hangat jika suhu mulai terasa dingin.

Pastikan Lingkungan Bebas Risiko Banjir

Banjir adalah musibah yang sering terjadi saat musim hujan. Baik banjir kecil seperti di jalan umum hingga bajir berskala besar yang masuk hingga ke dalam rumah.

Periksa saluran air di depan rumah Anda jika bebas sampah hingga lingkungan tempat Anda tinggal. Bila perlu, lakukan kegiatan bersih-bersih selokan atau saluran air sebelum musim hujan tiba agar air hujan mengalir dengan lancar dan tidak meluap menjadi banjir.

***

Itulah beberapa tips yang perlu kita siapkan untuk menyambut musim hujan. Semoga bermanfaat.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *