Kenali 7 Penyebab Umum Rasa Mual dan Ingin Muntah

Loading...

Rasa mual adalah kondisi dimana Anda merasa ingin muntah. Hal ini memang umum dialami banyak orang dan setidaknya beberapa seumur hidup pasti Anda pernah merasa mual.

Terutama bagi Anda yang sensitif terhadap bau, rasa dan perjalanan jauh dengan kendaraan, mual adalah hal yang cukup sering terjadi.

Mual sebenarnya merupakan reaksi alami tubuh saat menghadapi ransangan yang tidak biasa. Mual juga dapat digambarkan sebagai insting pertahanan tubuh agar terhindar dari bahaya.

Dalam bidang kesehatan, mual atau yang biasanya kita sebut eneg disebabkan oleh sesuatu hal yang memicu sistem saraf bereaksi berlebihan, yaitu bagian saraf yang mengatur rasa sensasi mual, chemoreceptor trigger zone (CTZ).

Bagian ini bereaksi dengan cara memproduksi sinyal ke sistem pencernaan di perut yang kemudian menyebabkan mual hingga muntah untuk mengeluarkan zat asing lewat mulut karena dapat membahayakan tubuh.

Apa saja hal-hal umum yang menyebabkan kita merasa mual?

Mabuk Perjalanan

Mabuk saat perjalanan dengan kendaraan seperti bis, mobil, pesawat atau kapal laut adalah penyebab paling umum rasa mual.

Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan sinyal yang dikirim ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam.

Selain itu, saat sedang berada di dalam kendaraan, tubuh kita cenderung duduk diam sementara telinga dan mata bergerak melihat pemandangan. Hal inilah pemacu rasa mual dan ingin muntah.

Naiknya Asam Lambung

Bagi pendertia dispepsia (maag), rasa mual sangat sering dirasakan. Hal ini diakibatkan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan sehingga menyebabkan rasa mual.

READ:  7 Tips Ampuh Mengatasi Kerutan di Wajah

Penyakit ini ditandai dengan otot sfingter yang melemah dan memisahkan kerongkongan dengan lambung sehingga tidak tertutup rapat. Akibatnya, makanan yang tercerna dan bercampur dengan asam lambung bocor dan berbalik ke tenggorokan sehingga menyebabkan mual dan muntah.

Hamil

Tidak asing lagi, hamil merupakan kondisi dengan salah satu gejala yang paling umum, rasa mual. Mual selama masa hamil biasa disebut morning sickness.

Tidak ada penjelasan pasti akan kaitan mual dan kondisi hamil. Namun, beberapa ahli mempercayai bahwa saat hamil, produksi hormon human chorionic gonadotropin (HCG) meningkat. Hormon ini adalah hormon yang dihasilkan tubuh setelah sel telur dibuahi dan menempel pada lapisan rahim.

Tak hanya itu, kondisi hamil dapat menyebabkan wanita stres, lelah dan sensitif terhadap bau. Hal ini menyebabkan tubuh bereaksi dengan mual dan muntah untuk menandakan perlunya istirahat yang cukup.

Infeksi Pencernaan

Salah satu penyebab umum lainnya timbul rasa mual adalah gangguan pencernaan yang disebabkan oleh infeksi, seperti keracunan makanan dan muntaber.

Hal ini terjadi saat penyebab infeksi seperti virus, jamur, bakteri atau parasit menyerang dinding lambung dan lapisan usus sehingga tubuh bereaksi dengan memproduksi lebih banyak cairan pada organ pencernaan.

Akhirnya otak memicu saraf di perut dan menyebabkan rasa mual dan ingin muntah.

Mabuk Minuman Berakohol

Selain karena perjalanan dengan kendaraan, minum alkohol juga dapat menyebabkan rasa mual dan ingin muntah.

READ:  Ini Dia Daftar Makanan Pereda Stress

Alkohol dianggap sebagai racun saat masuk ke tubuh. Semakin banyak alkohol yang masuk, otak akan mengirimkan reaksi berbahaya atau keberatan ke organ pencernaan untuk mengeluarkan isi perut. Hal ini juga dapat dianggap sebagai sinyal bahwa kita telah meminum alkohol berlebihan dan dapat membahayakan tubuh.

Merasa Cemas atau Panik

Saat merasa gugup, cemas atau panik, tak jarang kita merasa mual dan ingin muntah. Hal ini disebabkan oleh produksi hormon serotonin dalam tubuh yang dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga menyebabkan rasa mual.

Efek Samping Mengonsumsi Obat

Penyebab umum lainnya yang membuat kita merasa mual adalah efek samping obat-obatan tertentu. Salah satu obat yang dapat membuat mual adalah obat-obatan yang memiliki efek samping terhadap lambung. Bagi anda yang memiliki lambung sensitif, sebaiknya hindari mengonsumi obat-obatan berefek samping ini karena dapat menyebabkan rasa mual.

Selain itu, rasa mual setelah minum obat dapat disebabkan oleh sistem pencernaan kita yang tidak mampu menyerap obat-obatan dengan baik sehingga obat tertinggal di usus lebih lama dan menyebabkan iritasi sehingga kita merasa mual.

***

Itulah beberapa penyebab umum rasa mual dan ingin muntah yang mungkin terkadang kita alami. Kenali penyebab mual dengan kondisi tubuh Anda sehingga dapat dihindari dan diatasi. Semoga bermanfaat.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *