Kenali 7 Ciri Kehamilan pada Trimester Pertama

Loading...

Kehamilan trimester pertama biasanya dihitung dari hari pertama haid terkahir hingga akhir minggu ke-13 setelah hari tersebut. Jika Anda tidak mengetahui sudah berapa minggu usia kehamilan Anda, segera periksakan ke dokter untuk mengetahuinya.

Proses kehamilan setiap wanita berbeda-beda, termasuk besaran perut saat hamil. Jika Anda belum yakin akan kehamilan Anda, maka ketahui dari beberapa ciri-ciri yang biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan.

Apa saja ciri-ciri tersebut? Berikut ulasan dari kami.

Keluar Bercak Darah dari Vagina

Kira-kita 25% wanita yang sedang hamil muda mengalami pendarahan ringan. Biasanya hal ini sering dikira haid, namun jika Anda ragu, ada kemungkinan darah tersebut menandakan embrio yang merupakan hasil pembuahan berhasil menempel pada dinding rahim.

Jika Anda mengalami pendarahan ringan seperti ini, segera periksakan ke dokter untuk mengatahui kondisi yang sebenarnya.

Rasa Nyeri pada Payudara

Ciri lainnya adalah rasa nyeri pada payudara yang sangat umum terjadi. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon pada awal masa kehamilan dimana tubuh sedang mempersiapkan produksi ASI sehingga payudara membengkak dan terasa nyeri.

READ:  Tips dan Cara Merawat Kuku

Ngidam

Ngidam merupakan salah satu ciri yang biasa terjadi pada wanita hamil di trimester pertama. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi pada tubuh wanita atau kebutuhan gizi dan nutrisi tertentu untuk menjaga kesehatan janin.

Selain itu, ibu hamil pada trimester pertama juga lebih sensitif terhadap rasa dan bau, sehingga biasanya ingin memakan makanan tertentu yang membuatnya senang.

Sering Buang Air Kecil

Perubahan hormon yang terjadi pada wanita hamil juga dapat menyebabkan wanita hamil sering buang air kecil. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon dan perkembangan janin dalam perut yang menekan bagian kandung kemih.

Sering buang air kecil yang terjadi pada kehamilan trimester 1 biasanya berisiko membuat ibu hamil mudah merasa dehidrasi. Cara mengatasinya adalah dengan rajin minum air putih untuk memenuhi kebutuhan mineral.

Sembelit

Hormon progesteron adalah salah satu hormon yang meningkat drastis pada masa awal kehamilan. Hormon ini mengakibatkan usus mencerna makanan lebih lambat dari biasanya, sehingga dapat menyebabkan sembelit.

READ:  Penyebab Rambut Berminyak Dan Cara Mengatasinya

Untuk menghindari atau mengurangi hal ini, ibu hamil disarankan untuk makan lebih banyak serat.

Mood yang Tidak Stabil

Saat hamil, hormon esterogen dan progesteron pada wanita cenderung naik turun sehingga menyebabkan tidak stabilnya emosi dan suasana hati.

Inilah yang menyebabkan biasanya ibu hamil moodnya gampang berubah, seperti tiba-tiba ingin marah, menangis dan mudah tersinggung.

Sering Mual dan Muntah

Ciri terakhir yang sering terjadi pada ibu hamil di trimester pertama adalah gejala sering mual dan muntah. Hal ini dialami setidaknya 85% ibu hamil.

Kondisi ini biasanya muncul di pagi hari saat bangun pagi sehingga sering disebut morning sickness. 

***

Itulah beberapa tanda dan ciri-ciri kehamilan di trimester pertama sebagai sinyal bahwa tubuh ibu hamil memerlukan lebih banyak nutrisi untuk calon bayi yang sedang berkembang dalam kandungan.

Jaga kesehatan Anda dengan baik dan jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter jika mengalami gejala yang tidak biasa. Semoga bermanfaat.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *