Ingin Nyaman Memakai Lensa Kontak? Ini Dia 4 Tipsnya

Loading...

Bagi Anda yang mengenakan lensa kontak setiap hari, mungkin ada saat dimana lensa kontak terasa tidak nyaman pada mata Anda.

Biasanya lensa kontak dapat membuat mata terasa kering, perih, sensitif terhadap cahaya hingga rasa mengganjal yang jika dibiarkan dapat membuat mata memerah dan iritasi.

Dalam beberapa kasus yang cukup serius, lensa kontak dapat melukai retina mata Anda dan menyebabkan infeksi sehingga harus mendapatkan penanganan yang serius.

Terlebih lagi, lensa kontak saat ini tidak hanya digunakan bagi yang bermata minus, namun juga yang ingin tampil lebih cantik dengan warna mata yang berbeda dengan warna mata asli.

Rasa tidak nyaman yang terjadi saat Anda mengenakan lensa dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya ukuran diameter lensa kontak yang terlalu kecil atau besar, kandungan air dalam lensa kontak yang sedikit sehingga mata terasa kering, kurangnya menjaga kebersihan jari saat memakai dan melepas lensa kontak, dan lain sebagainya.

Dibalik kecantikan lensa kontak, ada risiko rasa tidak nyaman yang dapat berakhir menjadi iritasi jika tidak diatasi.

Berikut adalah beberapa tips dari kami agar Anda nyaman mengenakan lensa kontak.

Batasi Penggunaan Lensa Kontak

Lensa kontak memang diformulasikan “ramah” untuk mata, namun hal itu tidak berarti kita dapat menggunakan lensa kontak selama 24  jam karena mata juga perlu rehat dan kembali ke fungsinya secara alami.

READ:  Mengintip Trend Gaya Rambut 2014

Untuk menghindari rasa tidak nyaman saat menggunakan lensa kontak, hindari menggunakan lensa kontak selama lebih dari 12 jam. Selain itu, jika mulai terasa tidak nyaman, sebaiknya lepas lensa kontak dan rehat sebentar agar mata tidak iritasi.

Hindari juga beberapa aktivitas sambil mengenakan lensa kontak, seperti berenang, mandi dan tidur agar terhindar dari rasa tidak nyaman.

Selalu Siapkan Obat Tetes Mata

Penggunaan lensa kontak berisiko membuat mata terasa kering karena lensa kontak mengandung air yang lebih sedikit dibandingkan dengan mata asli kita.

Oleh sebab itu, selalu sediakan obat tetes mata dalam tas Anda jika Anda menggunakan lensa kontak. Tetes mata dapat digunakan untuk melumasi mata sehingga membuatnya lembab dan tidak kering.

Pilih obat tetes mata yang sesuai untuk lensa kontak karena biasanya diformulasikan khusus untuk mengatasi mata kering akibat penggunaan lensa kontak.

Teteskan 1 hingga 2 tetes ketika mata mulai terasa mengering.

Menjaga Kebersihan Lensa Kontak

Lensa kontak cukup bervariasi, mulai dari lensa kontak harian, hingga yang memiliki masa kadaluarsa hingga 1 tahun.  Bagi Anda yang memiliki mata kering, sebaiknya pilih lensa kontak harian agar terhindari dari risiko mata mudah iritasi.

READ:  Cara Membuat Handbody Racikan

Hal lainnya yang perlu diperhatikan agar lensa kontak nyaman dikenakan adalah menjaga kebersihan baik kebersihan lensa kontak maupun kebersihan tangan Anda saat memakai dan melepas lensa kontak.

Sediakan selalu cairan pembersih tangan atau hindari memegang lensa kontak dengan jari dan gunakan alat pengambil lensa kontak.

Pilih Make-up untuk Mata Sensitif

Saat menggunakan lensa kontak, mata menjadi lebih sensitif terhadap debu dan partikel lainnya yang masuk ke mata.

Bagi Anda yang sering mengenakan make-up sehari-hari, hindari menggunakan riasan berlebih karena berisiko masuk ke mata dan menyebabkan mata iritasi.

Sebaiknya pilih juga produk riasan mata yang diperuntukkan bagi mata sensitif, seperti maskara, eye shadow, eyeliner dan riasa mata lainnya.

Selain itu, usahakan untuk terlebih dahulu mengenakan make-up, lalu tetes mata sebelum mengenakan lensa kontak agar mata Anda steril dari partikel riasan yang mungkin dapat membuat rasa tidak nyaman.

***

Menggunakan lensa kontak memang dapat membuat kita terlihat lebih cantik. Akan tetapi pastikan Anda memberi perhatian lebih pada kesehatan mata Anda agar terhindari dari rasa tidak nyaman hingga risiko iritasi mata. Semoga bermanfaat.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *