Wah, Ini Dia 4 Manfaat Menakjubkan Madu Hitam!

Loading...

Seperti yang kita semua ketahui, madu merupakan bahan alami yang sangat terkenal manfaatnya bagi dunia kesehatan dan kecantikan.

Madu yang juga merupakan pemanis alami biasanya memiliki warna emas kecoklatan yang pekat dan rasa yang sangat manis. Madu biasa dikonsumsi setiap hari untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, atau takaran dan dosis tertentu sesuai dengan kondisi orang tersebut. Tak jarang pula madu disarankan oleh dokter jika seseorang memiliki gangguan kesehatan.

Pada umumnya, madu yang dikenal adalah madu berwarna coklat. Namun tahukah Anda terdapat pula madu hitam yang berasal dari bunga pohon mahoni yang warnanya lebih hitam dan tekstur yang lebih pekat.

Selain itu, madu hitam juga rasanya lebih pahit daripada mady biasa. Rasa pahit tersebut berasal dari senyawa alkaloid yang terdapat pada pohon mahoni. Meskipun pahit, senyawa ini memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kita.

Tak hanya senyawa alkaloid, madu hitam juga mengandung beberapa zat lainnya yang bagus untuk tubuh seperti saponin dan flavonoid.

Apa yang membuat madu hitam dipercaya lebih baik dari madu biasa? Sebuah penelitian yang dimuat dalam Iranian Journal of Basic Medical Sciences menjelaskan bahwa semakin hitam warna madu maka makin banyak pula nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya.

READ:  Tren Model Gaun Pesta di Tahun 2015

Madu hitam juga diketahui mengandung antioksidan yang lebih tinggi dari madu biasa. Inilah yang membuat madu hitam begitu spesial dan baik untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat madu hitam yang mungkin dapat memberi manfaat besar untuk Anda.

Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, madu hitam sangat cocok dikonsumsi sebagai pengganti gula yang aman bagi penderita diabetes karena kandungan alkaloid yang tinggi.

Selain itu, madu hitam juga memiliki kadar glukosa yang rendah sehingga sangat rendah risiko meningkatkan gula dalam darah.

Jika Anda memiliki diabetes, Anda dapat mengonsumsi madu hitam sebagai pengganti gula. Namun sebaiknya tetap konsultasikan pada dokter Anda untuk takaran yang diperbolehkan.

Menjaga Kesehatan Kulit

Madu hitam yang kaya akan antioksidan juga dipercaya baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit dan melindunginya dari paparan polusi.

Anda dapat mengonsumsi madu hitam secara langsung untuk menjaga kesehatan kulit, atau memanfaatkannya sebagai bahan alami perawatan wajah.

Oleskan madu hitam pada wajah sebagai masker alami dan pijat-pijat selama beberapa menit. Madu hitam juga memiliki sifat eksfoliasi yang dapat membantu menghilankan bintik-bintik hitam pada kulit.

READ:  Metode Make Up bagi si Super Sibuk

Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mencegah munculnya kerutan halus di wajah serta tanda-tanda penuaan dini.

Membantu Mengatasi Maag

Selain bermanfaat sebagai pengganti gula bagi penderita diabetes, madu hitam juga dapat membantu mengobati penyakit maag, baik gejala maag seperti mual dan perut sakit, hingga maag akut.

Hal ini karena madu secara alami memiliki sifat dasar antibiotik dan dapat mengurangi gejala tukak lambung yang disebabkan oleh infeksi Helicobacter Pylori.

Anda dapat mengonsumsi madu hitam secara rutin untuk mencegah sakit maaf maupun mengobat sakit maag.

Mengatasi Batuk

Madu sering dimanfaatkan untuk mengatasi radang tenggorokan hingga sakit batuk karena memberikan efek soothing dan antibiotik alami sehingga menyembuhkan batuk.

Bagi Anda yang sedang batuk dan ingin mencoba bahan alami untuk menyembuhkannya, Anda dapat mencoba mengonsumsi madu hitam.

Madu dapat Anda campur dengan lemon ke dalam air hangat atau dengan teh.

***

Itulah 4 manfaat menakjubkan dari madu hitam yang kaya manfaat. Selalu jaga kesehatan Anda dengan rutin mengonsumsi madu hitam alami. Semoga bermanfaat.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *