5 Faktor Penyebab Kurang atau Hilangnya Nafsu Makan

Penyebab Kurang atau Hilangnya Nafsu Makan

DOKTERCANTIK.COM – Seperti yang kita ketahui, makan merupakan kebutuhan pokok manusia yang terpenting dan harus selalu terpenuhi. Tanpa makan,kita akan merasa lemas karena tubuh tidak mendapatkan asupan energi dari makanan yang kita konsumsi.


 

Read More

Tidak hanya lemas, dalam beberapa kasus serius tubuh dapat kukurangan zat-zat dan nutrisi penting yang sangat diperlukan oleh tubuh sehingga jika seseorang tidak makan secara berkepanjangan, risiko terburuknya adalah meninggal karena kelaparan.

 

Oleh sebab itu, jangan sepelekan jika ahli gizi maupun pakar kesehatan selalu menganjurkan makan makanan yang bergizi dan teratur setiap hari agar tubuh tetap sehat dan bugar dalam beraktivitas.

Meskipun demikian, tak sedikit dari kita yang meskipun sudah tahu pentingnya makanan, masih dengan sengaja meninggalkan makan karena nafsu makan yang berkurang maupun sama sekali tidak ada.

BACA:  Cara Membuat Kulit Lembab

Ada kondisi-kondisi tertentu dimana seseorang menjadi malas makan dan hal tersebut akan sembuh seiring waktu, misalnya hilangnya nafsu makan karena stress jangka pendek dan lain sebagainya.

Namun jika terjadi terus menerus, maka sebaiknya waspadai penyakit-penyakit lainnya yang lebih serius yang dapat terjadi karena kurang atau hilangnya nafsu makan.

5 Faktor Penyebab Kurang atau Hilangnya Nafsu Makan

Jika Anda merasa kurang nafsu makan yang dapat ditandai melalui beberapa perubahan dalam tubuh Anda, seperti berkurangnya berat badan secara drastis, mudah lelah dan lemas, merasa sering dehidrasi, sering pusing dan gejala serupa lainnya, dapat menjadi tanda bahwa tubuh Anda kekurangan asupan bergizi melalui makanan.

Adapun beberapa penyebab kurang atau hilangnya nafsu makan seseorang,seperti:

Gangguan Metabolik

Gangguan metabolik berarti tubuh mengalami proses metabolism yang tidak wajar seperti pada umumnya dan biasanya dapat menyebabkan berkurangnya nafsu makan.

Gejala-gejala yang ditunjukkan antara lain rasa mual dan ingin muntah, berat badan yang berkurang drastis.

Kekurangan Vitamin

Makanan yang kita makan mengandung zat-zat yang diperlukan bagi tubuh seperti karbohidrat, mineral dan vitamin.

BACA:  Cara Mengobati Kulit Wajah Yang Mengelupas

Jika Anda kurang nafsu makan, ada kemungkinan Anda tidak mendapatkan asupan atau nutrisi yang baik dari makanan yang selama ini Anda konsumsi.

Pengaruh Obat-Obatan

Tak sedikit obat-obatan yang memiliki efek samping, salah satunya adalah berkurangnya nafsu makan. Beberapa obat-obatan tersebut adalah antibiotic, obat tidur dan obat darah rendah.

Kehamilan

Kehamilan pada wanita biasanya dapat menyebabkan perubahan hormon yang juga dapat menyebabkan rasa tidak ingin makan dan tubuh merasa mudah lelah.

Demam dan Flu

Penyakit demam dan flu dengan gejala seperti pilek, pusing maupun meriang biasanya membuat kita menjadi tidak nafsu makan.

Demikianlah setidaknya 5 penyebab nafsu makan hilang atau berkurang pada seseorang. Semoga bermanfat!

 

JANGAN LEWATKAN