6 Cara Cegah Jerawat Karena Masker

Cara Cegah Jerawat Karena Masker
Foto: Anna Shvets – Pexels

Pandemi COVID-19 bikin semua orang bergantung pada masker untuk melindungi diri dari penyebaran virus.

Tak heran kini bukan hanya makeup dan parfum saja yang penting saat keluar rumah, masker kini jadi kebutuhan utama banyak orang.

 

Read More

Namun, sayangnya masker ini sering bikin kulit wajah berjerawat atau sekarang lebih dikenal sebagai maskne.

 

Gimana sih caranya supaya wajah terbebas dari jerawat atau maskne ini? Simak 6 cara cegah jerawat karena masker :

1. Jangan Pakai Makeup yang Terlalu Tebal

Kesalahan pertama yang sering dilakukan banyak wanita adalah menggunakan makeup tebal di dalam masker. Makeup bersifat oklusif yakni menghambat penguapan air pada wajah.

Makeup jadi terperangkap di pori-pori wajah dan menyumbatnya. Selain itu, residu dari makeup dapat mengotori masker sehingga memperparah kondisi wajah. Alhasil jerawat mulai muncul dan wajah iritasi.

Jika kamu perlu menggunakan makeup, sebaiknya pilih makeup yang tidak mengandung bahan comedogenic. Gunakan tipis-tipis saja supaya pori-pori wajah tidak tersumbat.

2. Pahami Jenis Kulit untuk Cegah Jerawat

Jenis kulit yang paling rentan berjerawat adalah kulit yang berminyak. Jenis kulit ini memang punya pori-pori yang besar. Saat menggunakan masker, kulit terbungkus bersama dengan makeup, minyak, bahkan debu.

BACA:  Kiat Jitu Menghaluskan Pori-Pori Wajah yang Besar

Situasi kulit yang terbungkus ini membuat minimnya pergantian udara yang masuk sehingga pori-pori pun tersumbat. Jadi kamu harus lebih rajin membersihkan wajah sampai benar-benar bersih supaya terhindar dari jerawat.

Nah, lain lagi dengan pemilik kulit kering dan sensitif. Masker yang bergesek dengan wajah dapat menimbulkan radang dan iritasi.

Salah satu cara mencegahnya adalah dengan menggunakan pelembab dengan kandungan yang ringan dan tidak mengandung minyak. Dengan begitu kulit yang kering ini tidak akan tetap lembap dan bebas dari jerawat

3. Simpan Masker di Wadah yang Bersih

Tanpa sadar pasti kamu sering membuka tutup masker sejenak saat akan makan, minum, atau berbicara. Tak jarang juga kamu menurunkan masker ke area leher atau menyimpannya sembarangan di saku pakaian atau tas tanpa membungkusnya.

Padahal jika kamu sembarangan membuka masker dan menyimpannya sembarangan, kotoran dapat dengan mudah menempel.

Ketika kamu menggunakannya lagi, otomatis kotoran tersebut akan transfer ke wajah dan dapat menimbulkan jerawat.

Sebaiknya selalu sediakan wadah masker yang bersih untuk menyimpan masker. Dengan begitu tidak ada kotoran dan bakteri yang menempel dan berpindah ke wajah

4. Bersihkan Mulut Setelah Makan dan Minum

Sisa-sisa makanan dapat dengan mudah menempel ke masker jika kamu langsung menggunakannya usai bersantap. Supaya tidak mengotori wajah dan menimbulkan jerawat, sebaiknya bersihkan area mulut.

BACA:  4 Manfaat Apel Untuk Kecantikan Wanita

Kamu tentu tidak mau kan ada sisa makanan atau minyak menempel di masker? Gunakan tissue bersih untuk membersihkan mulut. Pastikan benar-benar tidak ada sisa makanan dan minyak di wajah.

5. Double Cleansing Setelah Memakai Masker

Double cleansing adalah kunci menjaga wajah terbebas dari jerawat. Baik kamu menggunakan makeup atau tidak saat memakai masker, kamu harus membersihkan wajah dua kali.

Kotoran sisa makeup atau kotoran dari udara yang menempel pada masker harus segera kamu bersihkan.

Gunakan cleansing oil, cleansing balm, face wash, atau micellar water yang sesuai dengan kebutuhan wajahmu. Pijat lembut wajah hingga makeup dan kotoran tidak lagi bersisa. Dengan begitu pori-pori akan bersih dan wajah bebas jerawat.

6. Selalu Ganti Masker Baru atau Cuci Masker Reusable

Sekali masker dipakai, tentu saja kotoran sudah menempel mulai dari polusi, debu, minyak, atau sisa makeup. Jika kamu menggunakan masker medis, sebaiknya langsung ganti dengan yang baru. 

Namun, jika kamu menggunakan masker kain, rajin-rajinlah mencuci masker tersebut usai digunakan. Jika perlu kamu sediakan banyak masker cadangan supaya kamu tidak pusing memikirkan masker yang belum kering setelah dicuci.

Sisa polusi, debu, kotoran, minyak, dan lainnya adalah penyebab utama jerawat. Dengan rajin mencuci masker, kamu akan bebas dari masalah pada kulit wajah.

Mau wajah bebas jerawat atau maskne? Ikuti keenam langkah di atas, ya.

 

JANGAN LEWATKAN