9 Manfaat yang Mengagumkan dari Teh Kombucha

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Teh kombucha mungkin kedengarannya masih kurang familiar di telinga kita. Teh ini merupakan teh fermentasi yang telah berkembang secara populer di barat selama beberapa tahun terakhir. Meskipun begitu, sebenarnya teh ini berasal dari Cina yang ditemukan sejak abad ke-3 SM.

Teh fermentasi ini terbuat dari teh hitam atau teh hijau yang difrmentasikan dengan kultur jamur dan gula selama sekitar seminggu dan menghasilkan buih yang ringan, serta teh yang mengandung enzim, antioksidan, dan asam amino yang dipercaya bisa memberikan manfaat kesehatan yang beragam.

Penasaran dengan sejumlah manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya? Berikut ini 9 manfaat kesehatan yang mengagumkan dari teh Kombucha:

1. Memberikan energi

Karena teh Kombucha mengandung beberapa kafein, maka Anda akan mendapatkan dorongan energi jangka pendek dari teh tersebut, selain itu juga akan meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menyerap zat besi ke dalam darah yang akan memberikan dorongan yang lebih stabil untuk tingkat energi Anda.

Proses fermentasi yang terjadi pada teh ini membuatnya lebih mudah diserap ke dalam tubuh sehingga membantu darah dalam melepaskan banyak oksigen ke sekitar tubuh.

2. Membantu menurunkan berat badan

Teh Kombucha yang tinggi akan kandungan asam asetat dan polifenol diyakini dapat meningkatkan laju metabolisme dan membantu tubuh untuk membakar lemak lebih cepat. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian awal yang masih berlangsung.

3. Kaya akan antioksidan

Kandungan antioksidan berupa asam organik seperti asam glukonat ternyata dapat memerangi stres oksidatif dalam tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan yang dapat disebabkan oleh radikal bebas.

4. Mengurangi Stress

Proses fermentasi yang digunakan untuk membuat teh kombucha membuat semua bahan yang terkandung di dalamnya lebih mudah diserap oleh tubuh. Salah satu bahan tersebut adalah theanine yang dapat mempromosikan gelombang alpha di otak dan meningkatkan tingkat produksi serotonin dalam tubuh. Hal ini memiliki efek menenangkan saraf dan juga membantu Anda mendapatkan tidur lebih mudah di malam hari.

5. Meningkatkan fungsi hati

Teh Kombucha juga membantu detoksifikasi tubuh dengan meningkatkan fungsi hati. Asam glukonat pada teh kombucha dapat membantu hati dalam memecah racun, seperti logam berat dan bahan beracun lainnya yang masuk ke dalam aliran darah dan mengusir mereka dari tubuh Anda.

6. Melawan kanker

Kandungan asam laktat dalam teh Kombucha dapat membantu untuk menyeimbangkan keseimbangan PH dalam tubuh dan membuat sel-sel kanker lebih sulit untuk tumbuh. Studi juga telah menyarankan bahwa ada asam glukonat pada teh Kombucha yang efektif dalam mencegah perkembangan beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara dan kanker pankreas.

7. Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh

Suatu penelitian telah menemukan bahwa teh Kombucha memiliki sifat anti lipidemic yang membantu dalam mengurangi jumlah kolesterol LDL buruk yang diserap oleh tubuh, serta meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik.

8. Mengatasi ketidaknyamanan pada ulkus lambung

Fenol dan antioksidan yang terkandung dalam teh Kombucha juga Dalam sebuah penelitian, telah ditunjukkan bahwa teh Kombucha dapat membantu dalam mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan pada ulkus lambung. Dengan mengkonsumsi teh ini maka akan membantu melindungi mucins dalam sistem lambung dan mengurangi produksi asam lambung.

9. Membantu meringankan masalah kesehatan secara bersamaan

Asam glukonat dalam teh Kombucha akan diubah oleh tubuh menjadi senyawa yang digunakan tubuh untuk memproduksi kolagen, tulang rawan, dan cairan yang melumasi sendi. Jadi, minum teh ini akan bermanfaat bagi siapa saja yang memiliki masalah arthritis, gout, atau rematik.

Selain itu, dengan meningkatnya produksi kolagen maka akan menyebar di seluruh tubuh sehingga juga akan membantu untuk mencegah keriput pada kulit sehingga akan memperlambat efek-efek penuaan.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *