Resep Ampuh Merawat Wajah Agar Lembut dan Mulus

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kulit wajah halus, lembut, kenyal dan jauh dari jerawat menjadi idaman semua wanita. Kesehatan kulit selalu menjadi poin penting bagi wanita karena akan mempengaruhi cara mereka dalam bergaul dan bersosialisasi.  Kulit yang sehat akan menunjang rasa percaya diri.  Nah, untuk mendapatkan kulit sehat inilah dibutuhkan beberapa treatment secara modern yang terkadang menguras kantong.

Perawatan kecantikan tradisional yang menjadi andalan putri keraton sejak jaman dulu, kembali mulai dilirik. Harga yang terjangkau, mudah untuk didapatkan, minim efek samping dan hasil akhir yang tidak kalah dengan perawatan wajah modern menjadikan perawatan kecantikan tradisional perlahan mulai kembali menjadi idola para wanita. Meskipun tentu saja, dibutuhkan proses dan kesabaran dalam menerapkannya karena hasilnya tidak bisa instan.

Manfaat Beras sebagai Produk Kecantikan Kulit

Beras, air beras, dan tepung beras sudah banyak digunakan sebagai bahan aktif di banyak produk skincare di berbagai merk di dunia. Banyak merk terkenal di dunia menggunakan kulit padi di berbagai jenis produk, mulai dari serum hingga cleansing oil.

Beras sudah terbukti memiliki fungsi melembutkan, menghidrasi, dan membantu pengelupasan kulit wajah. Daripada kamu membeli mahal-mahal produk itu, tidak ada salahnya kita coba membuat produk sejenis sendiri di rumah!

Water Cleanser & Toner

Cuci 1 gelas air, lalu letakkan di dalam mangkuk dan isi dengan air. Diamkan selama 15 menit, biarkan air meresap senyawa-senyawa yang terkandung dalam beras. Setelah itu, tuangkan airnya ke dalam botol semprot.

Beras yang dipakai tadi bisa dimasak dan dimakan lho! Sementara, air hasil rendaman beras ini dapat digunakan sebagai toner dan pembersih wajah. Produk ini akan bertahan hingga 5 hari di dalam kulkas.

Tissue Face Mask

Cara membuat tissue face mask dari beras sangat mudah! Ambil serbet kertas (atau handuk kertas) kemudian potong dalam bentuk oval sehingga bisa diletakkan di wajah seperti masker pada umumnya. Potong bagian untuk diletakkan di bagian mata, hidung, dan mulut (jika sulit, dapat menggunakan tissue face mask yang pernah kamu beli sebagai panduan memotong kertas ini).

Lipat kertas yang sudah dipotong sesuai petunjuk tadi lalu rendam di dalam air beras yang sudah kamu buat di resep pertama. Diamkan selama beberapa menit, angkat master dan peras dengan lembut, lalu letakkan pada wajah. Diamkan selama 15 menit.

Air beras yang dibuat ini dapat digunakan pada rambut juga, kandungan protein di dalamnya berfungsi supaya rambut terlihat bersinar sepanjang hari karena air beras memiliki fungsi menghidrasi sehingga terhindar dari kekeringan.

Manfaat Alpukat Sebagai Masker Wajah

Ada berbagai cara untuk menikmati buah alpukat. Selain enak dimakan, alpukat juga memiliki fungsi yang baik untuk kulit wajah sehingga sering digunakan sebagai remedy. Daripada kita harus membeli masker wajah dengan harga yang mahal, tidak ada salahnya kalau kita membuat masker wajah sendiri.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat masker wajah ini di antaranya:

  • ¼ alpukat
  • 1 sdm plain yogurt
  • ½ sdm bubuk teh hijau
  • 1 sdm minyak kelapa

Kandungan senyawa di dalam buah alpukat membuat kulit tidak hanya menjadi glowing melainkan juga membuat kulit kita menjadi mulus. Alpukat memiliki kandungan protein dan minyak alami sehingga berfungsi untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit.

Sementara yogurt bekerja sebagai exfoliator yang lembut yang dapat mengikis kulit mati. Minyak kelapa berfungsi untuk membersihkan dan menghidrasi kulit, sedangkan bubuk teh hijau mendetoksifikasi dan membuang racun yang dapat menyebabkan terjadinya penuaan prematur.

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan-bahan tersebut semuanya di dalam wadah yang cukup besar.
  2. Gunakan segera pada kulit yang bersih, hindari area mata.
  3. Diamkan selama 5 – 10 menit
  4. Bersihkan wajah dengan air hangat lalu keringkan dengan menggunakan handuk kering

Sebaiknya lakukan hal ini secara rutin, setidaknya 1 minggu 2 kali untuk hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *