9 Tips Menghilangkan Bau Pada Kaki

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Apakah anda memiliki masalah dengan bau kaki anda? Ya, tidak sedikit orang yang memiliki bau kaki dan ini sangat mengganggu rasa percaya diri. Bau kaki disebabkan oleh bakteri karena kondisi kaki yang lembab, cara anda memotong kuku yang tidak tepat atau sepatu anda yang tidak pernah dibersihkan sehingga menjadikan bakteri dapat bersarang bebas dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Berikut kami akan berbagi tips yang tentunya sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah bau pada kaki anda yang dapat anda terapkan di rumah. Perawatan kaki secara rutin akan mengusir bau tak sedap yang menganggu ini. Simak ulasannya.

1. Air Garam

Anda dapat menggunakan air garam untuk menghilangkan bau pada kaki, caranya adalah cukup siapkan baskom lalu isi dengan air hangat yang dicampur garam kemudia rendam kaki ke dalam baskom tersebut, lakukan setiap hari. Cara ini ampuh loh karena garam dapat berfungsi untuk membunuh bakteri pada kaki.

2. Deodorant

Sapa yang tidak kenal dengan deodorant, anda mungkin menggunakannya setiap hari untuk menghilanngkan bau pada ketiak ternyata deodorant juga dapat mengilangkan bau pada kaki anda, karena kandungan tawas pada deodorant tidak hanya dapat membunuh bakteri pada ketiak tetapi juga pada kaki.

Caranya adalah oleskan deodorant pada kaki secara merata termasuk pada sela-sela kaki dan sekitar kuku anda, lakukan setiap hari agar anda dapat terhindar dari bau kaki.

3. Lemon

Lemon dapat mengontrol kelembaban kaki sehingga membuat anda terhindar dari masalah bau kaki, caranya adalah rendam kaki pada air hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk lemon selama 15-20 menit setiap hari. Kaki yang bersih, kering dan tidak lembab akan mencegah timbulnya bakteri penyebab bau pada kaki.

4. Teh

Jika anda tidak memiliki lemon untuk menghilangkan bau kaki maka anda dapat menggunakan teh sebagai penggantinya. Caranya sama cukup rendam kaki dalam baskom yang berisi campuran air hangat dan teh selama 15-20 menit setiap hari untuk menghilangkan bau pada kaki.

5. Kopi

Selain dapat dinikmati sebagai minuman di pagi hari atau saat begadang, ternyata kopi juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau pada kaki. Caranya adalah bungkus kopi bubuk ke dalam silica gel atau plastik kemudian simpan di dalam sepatu yang anda gunakan.

6. Baking soda

Selain menggunakan kopi, anda juga dapat menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau pada kaki anda. Caranya adalah taburkan baking soda secukupnya ke dalam sepatu yang akan anda gunakan setiap hari, cara ini dapat berfungsi untuk menghilangkan bau pada kaki anda.

7. Kertas Tisu atau Koran

Anda dapat menggunakan kertas tisu atau kertas koran untuk menyerap cairan sehingga bagian dalam sepatu tetap kering dan dapat menghilangkan bau pada kaki. Caranya adalah masukkan kertas tisu atau kertas koran pada sepatu setelah anda gunakan atau dapat juga dilakukan jika anda akan menyimpan sepatu anda dalam waktu yang lama.

8. Menjaga kebersihan kuku

Kuku yang kotor dapat menjadi sarang bakteri pada kaki anda sehingga menimbulkan bau, oleh karena itu sangat penting untuk selalu menjada kebersihan kuku kaki anda.

Bersihkan sela-sela kuku anda setelah anda memotong kuku kaki dan jangan mengorek sisi kuku dengan benda tajam karena dapat menyebabkan infeksi dan memicu timbulnya bau, anda cukup merendam kaki  dengan air hangat untuk membersihkan sela-sela atau sisi kuku.

9. Bersihkan sepatu

Sangat penting untuk selalu membersihkan sepatu jika anda tidak ingin memiliki masalah dengan bau pada kaki. Telatenlah untuk membersihkan sepatu pada bagian luar dan dalam, dan simpanlah sepatu pada tempat yang kering dan bersih jika tidak digunakan.

Cuci sepatu minimal satu atau dua minggu sekali dan jemurlah hingga benar-benar kering, jangan menggunakan sepatu yang lembab untuk dipakai karena tempat lembab dapat memicu timbulnya bakteri. Jika anda menggunakan kaos kaki sebaiknya gantilah kaos kaki anda setiap hari dan gunakanlah kaos kaki yang benar-benar kering dan bersih.

**

Demikianlah 9 tips dari kami untuk menghilangkan dan mencegah timbulnya bau pada kaki anda, semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *