Manfaat dan Bahaya Sauna Sebagai Terapi Kesehatan dan Kecantikan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Sauna adalah salah satu terapi kesehatan dan kecantikan  yang semakin hari semakin banyak dilakukan. Tidak hanya sebagai terapi untuk mendapatkan kesehatan saja, melakukan sauna seolah sudah menjadi trend atau gaya hidup bagi sebagian masyarakat.

 Sebenarnya apa sih kelebihan sauna sehingga semakin hari semakin digandrungi saja? Apa ada kekurangan dan efek sampingnya? Nah, penasaran? yuk intip informasi tentang manfaat dan efek samping sauna berikut ini :

Kelebihan dan Manfaat Sauna

Detoksifikasi

Ketika kita melakukan sauna, keringat yang keluar akan lebih  banyak karena suhu yang panas. Sebagaimana diketahui, kulit adalah organ seksresi terbesar yang mana 30% dari limbah metabolisme di keluarkan melalui keringat. Melalui keringat itulah zat-zat tidak penting di dalam tubuh dibawa keluar.

Bagaimana cara kerjanya? Suhu yang tinggi akan membuat kotoran yang tersimpan di jaringan lemak akan mencair dan dibuang melalui keringat.

Melancarkan peredaran darah

Sauna juga dapat melancarkan darah karena suhu yang panas membuat darah mengalir dengan lancar. Dengan lancarnya peredaran darah, oksigen yang terdapat dalam darah bisa sampai pada organ tubuh kita yang lain dengan lancar dan melancarkan fungsi organ.

Merilekskan otot

Sauna juga bisa merilekskan otot-otot yang kaku. Menyempatkan sauna selama 15 menit setelah eraktifitas seharian mungkin bisa mengurangai lelah dan pegal kita.

Menyehatkan kulit

Bagi kamu yang ingin kulit sehat dan kencang, sauna bisa menjadi salah satu cara. Kenapa demikian? Pada saat kita sauna oksigen yang terbawa  darah bisa mengalir dengan lancar ke kulit. Jika kandungan oksigen dalam kulit tercukupi dengan baik maka kulit akan menjadi kencang dan sehat.

Sauna juga bisa meningkatkan kolagen yang berfungi untuk mengangkat kulit mati dan menggantikannya denan kulit baru yang lebih halus.

Menurunan berat badan

Mandi sauna memiliki kinerja positif pada sistem metabolisme tubuh dengan meningkatkan kecepatan dan intensitasnya sehingga pada akhirnya akan mengakibatkan penurunan berat badan. Suhu panas yang dihasilkan akan membuat lemak terbakar. Nah, itulah kenapa sauna bisa menjadi salah satu pilihan diet untuk menurunkan berat badan.

Kekurangan dan Efek Samping Sauna

Meskipun banyak manfaatnya tak menutup kemungkinan juga kalau sauna mempunyai beberapa kekurangan ataupun efek samping terhadap kesehatan. Berikut adalah kekurangan sauna :

Menyebabkan dehidrasi

Saat melakukan sauna, tubuh kita dipaksa mengeluarkan banyak keringat. Akibatnya tubuh akan kehilangan banyak cairan sehingga kita akan mengalami dehidrasi. Untuk itu sebelum dan sesudah melakukan sauna disarankan untuk meminum air putih yang banyak untuk mengganti cairan yang keluar.

Sulit bernafas

Suhu yang panas serta ruangan yag pengap membuat kita kesulitan bernafas dan kita merasa gelisah.

Luka Bakar

Beberapa kejadian dari tempat sauna dilaporkan bahwa konsumen mengalami luka bakar akibat kotak langsung dengan alat pemanas. Paparan udara yang terlalu panas juga bisa menembus lapisan kulit sehingga tak jarang konsumen merasa tidak tahan dan pingsan.

Gangguan reproduksi

Bagi laki-laki sebaiknya mengurangi frekuensi melakukan sauna sebab suhu yang panas juga meningkatkan suhu testis. Suhu testis yang panas bisa membunuh sperma sehingga jumlah sperma menjadi kurang.

Gangguan pola makan (Bulimia)

Departemen Psikiatry di University of Minnosota Medical School melaporkan bahwa 14% penderita bulimia mempunyai kebiasaan bersauna.

**

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan sauna yang bisa kami paparkan. Kita harus bijak untuk memutuskaan  mengikuti suatu terapi kesehatan. Jika kita awam tentang itu, konsultasikanlah sulu dengan dokter apa kondisi kita memungkinkan untuk melakukan suatu terapi tersebut atau tidak. Hal ini untuk mencegah efek-efek buruk yang nantinya bisa menyerang tubuh.

Semoga bermanfaat ya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *