Kenali 14 Penyebab Bibir Menjadi Gelap

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bibir hitam bisa dialami karena dua alasan umum. Pertama, alasan regional. Seperti di India, Afrika, Asia Selatan dan Afro-Amerika, orang umumnya memiliki bibir gelap karena faktor genetik mereka. Kedua, siapa pun dapat memiliki bibir hitam karena kebiasaan buruk, gaya hidup, merokok, kosmetik yang buruk dan alasan lainnya.

Namun berikut ini adalah beberapa penyebab di luar faktor genetis yang dapat menyebabkan bibir Anda menjadi gelap. Simak ulasannya secara lengkap.

1. Merokok

Hal ini telah diketahui banyak orang bahwa merokok dapat menjadi hal yang menyebabkan bibir gelap. Tembakau rokok meninggalkan noda pada bibir sehingga bibir Anda terlihat hitam. Merokok juga mengeringkan air dan minyak dari kulit bibir. Jadi, bibir juga menjadi kering dan pecah-pecah oleh rokok.

Bahkan Anda mungkin dapat memiliki bintik-bintik gelap atau kegelapan parah pada bibir dari kebiasaan Anda merokok. Hentikan kebiasaan merokok dan gunakan lip lightener dengan baik. Juga minum banyak air untuk menjaga bibir tetap terhidrasi.

2. Hiperpigmentasi dari sinar UV

Aktivitas yang berlebihan di bawah sinar matahari juga menyebabkan noda hitam pada bibir. Noda hitam ini disebut melanin atau hiperpigmentasi. Oleskan tabir surya pada bibir Anda untuk mencegah pertumbuhan melanin pada bibir Anda.

3. Kurangnya pengetahuan mengenai bibir

Ketidakhati-hatian pada bibir juga dapat menyebabkan perubahan warna bibir. Jika Anda tidak menghapus kosmetik dari bibir sebelum tidur, akhirnya dapat menyebabkan perubahan warna bibir.

Jika Anda tidak menggunakan pelembab yang baik untuk melembabkan bibir, maka bibir bisa menjadi gelap atau kering. Kosmetik asal juga membangun pigmentasi pada bibir. Jadi, Anda perlu perawatan yang tepat untuk bibir Anda.

4. Alergen pada kosmetik

Anda mungkin mengalami bibir biru dan menghitam oleh alergen. Terutama karena wewangian dan pewarna bibir dari kosmetik yang umumnya membuat reaksi alergi pada bibir. Anda harus menghindari produk kecantikan yang mengandung alergen.

5. Kafein

Teh dan kopi merupakan sumber kafein. Hal ini dapat mengeringkan kulit karena kafein adalah diuretik. Panas dari kafein juga dapat membangun melanin di sekitar bibir. Secara bertahap, hal ini dapat berubah menjadi warna hitam atau coklat.

Batasi konsumsi teh atau kopi sekitar 3 gelas per hari, dan perbanyaklah minum air putih hingga 10 gelas dalam sehari.

6. Gangguan makan

Kurangnya nutrisi terkait dengan nervosa dan bulimia. Anda mungkin merasa sering muntah dan mengalami masalah pencernaan asam lambung oleh bulimia. Proses ini dapat merusak kondisi normal bibir Anda yang akhirnya mengarahkan bibir ke warna gelap dalam jangka panjang.

7. Kekeringan di sekitar bibir

Kehilangan kelembaban dapat terjadi dengan cepat dalam cuaca panas dan hal ini dapat menyebabkan kulit bibir menjadi kering dan lebih tipis. Terutama terjadi pada perokok. Cuaca berangin dan cuaca dingin juga dapat menyebabkan kulit kering.

Akhirnya, karena kurangnya perawatan, bibir menjadi pecah-pecah atau berubah warna. Hal ini menciptakan garis putih atau pucat pada bibir. Pada bibir kering atau pecah-pecah yang parah, Anda mungkin mengalami noda gelap di sekitar bibir.

8. Keracunan

Ada beberapa logam beracun yang mungkin bertanggung jawab untuk membuat perubahan warna pada bibir. Logam ini adalah perak, merkuri, bismuth dan tembaga. Beberapa elemen kaustik lain seperti alkali kuat, asam dan zat beracun lainnya dapat menyebabkan perubahan warna bibir.

9. Melasma dari Melanin

Melasma mengacu pada hiperpigmentasi pada kulit yang umumnya berasal dari jumlah yang berlebihan dari pigmen melanin. Jenis gangguan ini umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan. Anda mungkin memiliki noda gelap pada tangan dan bagian luar lainnya dari tubuh Anda karena harus berada untuk jangka waktu lebih lama di bawah sinar UV.

Bibir atas, dahi dan pipi adalah daerah yang paling rentan oleh pigmen melanin atau hiperpigmentasi. Bibir gelap biasanya terlihat sebagai bercak simetris. Anda tidak akan merasakan gatal atau ruam, hanya penampakan warna coklat di kulit.

10. Kosmetik Berbahaya

Kosmetik yang murah dan dibuat dengan unsur kimia kadang-kadang membahayakan bibir Anda. Jika Anda menggunakan lipstik, hal ini dapat meninggalkan warna gelap pada bibir. Produk yang lebih dari sebulan setelah dibuka juga bertanggung jawab untuk membawa perubahan warna seperti biru, coklat atau garis-garis gelap pada bibir.

11. Anemia

Anemia juga menyebabkan perubahan warna pada bibir. Anemia biasa terjadi pada wanita selama kehamilan mereka. Sering mengalami anemia berarti kekurangan zat besi dalam tubuh. Tapi, jenis anemia juga dapat menyebabkan bibir Anda menjadi gelap.

Anemia terjadi ketika oksigen yang membawa senyawa (hemoglobin) kurang dari jumlah normal. Dan, hemoglobin bertanggung jawab untuk warna merah darah. Jadi, kekurangan hemoglobin menyebabkan perubahan warna pada kulit bibir. Kadang-kadang, perubahan warna ini terlihat biru dan dalam cuaca dingin menjadi lebih akut.

12. Penggunaan Obat Tertentu

Berbagai jenis obat menyebabkan hiperpigmentasi dan perubahan warna kulit, termasuk bibir, leher dan dagu. Tapi, bibir adalah organ yang paling terpengaruh oleh obat-obat ini. Obat yang mempengaruhi warna bibir biasanya sebagai berikut:

  • Obat photosensitizing tertentu isotretinoin seperti acitretin untuk mengobati gangguan kulit lainnya
  • Antidepresan trisiklik imipramine seperti desipramine
  • Tetrasiklin (minocycline) adalah antibiotik daya tinggi. Jenis lain antibiotik juga dapat menyebabkan
  • perubahan warna bibir.
  • Obat antipsikotik untuk mengobati kondisi kejiwaan tertentu.
  • Obat kemoterapi untuk mengobati kanker
  • Beberapa obat (fenotiazin) untuk mengobati muntah dan mual
  • Obat antimalaria untuk mencegah atau mengobati malaria
  • Hydroquinone (zat pemutih kulit)

13. Peutz-Jeghers Syndrome

Peutz-Jeghers Syndrome adalah suatu kondisi genetik. Hiperpigmentasi kulit, membran mukosa dan adanya polip pencernaan biasanya terjadi bersamaan dengan sindrom ini. Kondisi ini meningkatkan risiko sangat tinggi terhadap kanker usus. Karena itu Anda mungkin mengalami bercak kulit gelap melalui lapisan mukosa gelap di dalam mulut.

14. Dermatitis

Dermatitis ada dua jenis seperti dermatitis kontak dan dermatitis atopik. Dermatitis atopik tidak berbahaya bagi bibir. Biasanya, dermatitis kontak berbahaya bagi bibir wanita.

Dermatitis kontak muncul karena sentuhan lipstik, lip gloss, lip liner dan lip balm. Dermatitis jenis ini menyebabkan kegelapan di bibir dari waktu ke waktu tanpa menyebabkan gejala dermatitis seperti gatal-gatal. Umumnya, kosmetik murah yang dibuat dengan pewarna dapat mengakibatkan dermatitis jenis ini.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *