10 Manfaat Minyak Argan Mengatasi Masalah Kecantikan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Minyak argan dihasilkan dari pohon argan, ditemukan di daerah kecil Maroko. Di masa lalu, minyak argan terutama digunakan oleh wanita Berber Maroko, tapi sekarang sudah populer di seluruh dunia. Minyak argan ini paling sering digunakan untuk kecantikan kulit dan rambut.

Banyak produk kecantikan telah menggunakan minyak argan sebagai salah satu bahan utama. Secara medis, asupan rutin minyak ini membantu mencegah berbagai jenis kanker, penyakit jantung dan obesitas. Hal ini dapat dinikmati sebagai celupan atau untuk membuat salad dressing sehat.

Manfaat kecantikan minyak argan berasal dari vitamin A dan E yang dimiliki minyak ini. Minyak ini juga dikemas dengan antioksidan, asam linoleat dan berbagai mineral yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit.

Memelihara Kulit Kering

Manfaat kecantikan terbaik dari minyak argan adalah kemampuannya untuk menjaga kulit lembap dan terhidrasi. Asam lemak di dalamnya dengan mudah menembus jauh ke dalam kulit untuk menggantikan hilangnya kelembaban.

Selain itu minyak ini tidak menyebabkan kulit berminyak dan tidak menyebabkan iritasi, yang membuatnya menjadi pelembab alami yang cocok untuk semua jenis kulit. Karena sifat anti-inflamasi, minyak argan juga bermanfaat untuk kondisi seperti eksim dan psoriasis yang menyebabkan kulit kasar.

  • Setelah mandi,  gosok beberapa tetes minyak argan hangat ke kulit menggunakan gerakan lembut.
  • Anda juga dapat menggunakannya sebagai pelembab malam untuk membuat kulit Anda lembut dan halus.
  • Untuk membuat masker, campurkan beberapa tetes minyak argan dengan 3 sendok teh yoghurt dan 1 sendok makan madu. Oleskan pada wajah Anda dan biarkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat. Gunakan masker ini seminggu sekali.

Meringankan Kulit Berminyak

Orang-orang yang memiliki kulit berminyak sering menderita whiteheads, komedo, jerawat dan iritasi kulit lainnya, terutama karena akumulasi kelebihan minyak pada lapisan kulit luar.

Komposisi kimia pada minyak argan sangat mirip dengan sebum alami pada kulit. Dengan demikian, membantu memperlambat produksi sebum pada kulit. Anda bisa menggunakan minyak argan untuk mengontrol produksi minyak berlebih dari kelenjar sebaceous.

Sebuah studi tahun 2007 yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology menunjukkan bahwa krim kontrol sebum yang mengandung ekstrak kaya polifenol dari saw palmetto, biji wijen dan minyak argan membantu mengurangi sifat berminyak dan meningkatkan tampilan kulit wajah berminyak.

  • Setelah mencuci dan mengeringkan wajah Anda, gosok beberapa tetes minyak argan pada kulit Anda. Lakukan ini dua kali sehari untuk mengurangi minyak pada kulit Anda dan mengecilkan pori-pori.

Memudarkan Stretch Marks

Anda dapat meringankan stretch mark dengan penggunaan rutin minyak argan ini. Vitamin E di dalamnya melindungi serat kolagen di kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini membantu meningkatkan elastisitas kulit dan membuat kulit lembab.

  • Dengan lembut gosok beberapa tetes minyak argan hangat pada stretch mark. Pijat selama 5 sampai 10 menit, tunggu 30 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan setiap hari ini selama beberapa bulan sampai stretch mark memudar.
  • Anda bahkan dapat menggosok minyak ini pada payudara, perut, paha bawah dan selama kehamilan untuk membantu mencegah stretch mark.

Melawan Jerawat

Jika Anda menderita jerawat, minyak argan dapat membantu menyingkirkannya. Properti antioksidan membantu menyembuhkan sel-sel kulit yang rusak, sedangkan kandungan asam linoleat yang tinggi mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Selain itu, tekstur tidak berminyak membuat kulit lembap secara seimbang dan juga memudarkan bekas luka.

  • Oleskan sedikit minyak argan ke area masalah. Tunggu 30 menit, kemudian bersihkan minyak dengan tisu. Ulangi dua kali sehari.
  • Atau, campurkan jumlah yang sama dari minyak argan dan minyak pohon teh. Menerapkannya pada daerah yang terkena. Tunggu 10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.
  • Gunakan perawatan ini dua kali sehari sampai jerawat dan bekas-bekasnya hilang sepenuhnya.

Mengurangi Tanda Penuaan Dini

Asam lemak dalam minyak argan melawan radikal bebas dan meningkatkan elastisitas kulit, yang pada gilirannya mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, bintik-bintik usia, garis-garis halus dan kulit kendur.

Antioksidan di dalamnya juga membantu melawan tanda-tanda penuaan dan menjaga kulit Anda tampak muda selama bertahun-tahun. Bahkan mampu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif dari polusi lingkungan dan sinar ultraviolet (UV) matahari.

  • Untuk menikmati manfaat anti-penuaan dari minyak argan, pijat beberapa tetes ke wajah dan leher selama 5 menit setiap hari sebelum tidur.

Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Minyak argan juga dapat membantu menghentikan kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut baru. Minyak ini mengandung vitamin E dan lemak sehat yang penting untuk memberikan makanan ke folikel rambut. Bahkan membantu menjaga kulit kepala bersih, menghilangkan ketombe dan mengatasi rambut kusam.

  • Sebelum tidur, oleskan beberapa tetes minyak argan hangat pada rambut Anda. Pijat kulit kepala Anda dengan menggunakan gerakan melingkar selama sekitar 10 menit. Biarkan semalam dan keramasi rambut Anda keesokan harinya. Gunakan perawatan ini 2 atau 3 kali seminggu.

Melembabkan bibir kering dan pecah-pecah

Jika Anda memiliki bibir kering dan pecah, terutama karena cuaca dingin atau kering, gunakan minyak argan untuk memecahkan masalah umum ini. Properti pelembab akan memastikan bibir lembut dan lentur. Selain itu, sifat antioksidan melindungi bibir terhadap kerusakan dan mencegah nyeri.

  • Gosok 1 atau 2 tetes minyak argan ke bibir kering dan pijat selama 1 menit. Lakukan setiap hari sebelum tidur. Pastikan untuk menghapus setiap kelebihan minyak dengan tisu.
  • Untuk membuat exfoliating scrub pada bibir, campurkan beberapa tetes masing-masing minyak argan dan vanili ekstrak dengan ½ sendok teh gula merah halus. Pijat campuran ini di bibir Anda menggunakan gerakan melingkar. Bilas dengan air hangat, kemudian gosok setetes minyak argan pada bibir Anda. Gunakan obat ini hanya sekali seminggu.

Pelembab Kuku

Minyak argan bekerja sebagai pelembab yang sangat baik. Vitamin E di dalamnya sangat bergizi untuk kuku yang lemah dan rapuh. Bahkan membantu memperbaiki kerusakan kuku dan mendorong pertumbuhan kuku. Selain itu, mencegah infeksi jamur kuku.

  • Gosokkan sedikit minyak argan pada kuku Anda dan pijat dengan lembut selama 5 menit untuk meningkatkan sirkulasi kuku. Gunakan perawatan ini sebagai pelembab kutikula sekali sehari sebelum tidur.
  • Atau, rendam dengan jumlah yang sama dari jus lemon segar dan minyak argan. Rendam kuku Anda di dalamnya selama 20 menit. Gunakan perawatan kuku ini sekali atau dua kali seminggu.

Kondisioner Rambut Alami

Minyak argan dapat membuat rambut Anda lebih lembut. Asam linoleat dan oleat di dalamnya mendukung kesehatan kutikula rambut dan membuat rambut Anda lebih mengkilap.

Selain itu, minyak argan melindungi rambut Anda terhadap kerusakan dari paparan sinar matahari dan klorin dari kolam renang. Ia bahkan bisa memperbaiki ujung rambut bercabang.

  • Gunakan minyak argan hangat untuk memijat kulit kepala dan rambut selama 5 sampai 10 menit. Memakai topi mandi selama sekitar 30 menit, lalu cuci rambut dengan sampo. Ikuti perawatan rambut ini rutin 2 atau 3 kali seminggu.

Mengobati Kaki Kering dan Retak

Minyak argan adalah obat yang baik untuk kaki kering dan pecah-pecah. Bahkan dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan kaki retak dan mencegah infeksi.

  • Rendam kaki Anda dalam air hangat selama 10 sampai 15 menit. Hilangkan sel-sel kulit mati dari kaki Anda dan tumit menggunakan batu apung. Cuci kaki Anda dengan air hangat dan keringkan seluruhnya. Gosokkan minyak argan di tumit dan telapak kaki, dan pijat selama beberapa menit.
  • Pakai sepasang kaus kaki bersih dan biarkan setidaknya 20 menit, tapi sebaiknya semalam. Ulangi setiap hari selama beberapa hari sampai kaki Anda terlihat sehat dan celah-celah menghilang.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *