Manfaat Cuka Mengusir Lemak Jahat Pada Tubuh

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Lemak seringkali menjadi sesuatu yang identik dengan penyebab kegemukan pada badan atau bahkan penyebab beberapa penyakit termasuk penyakit jantung dan stroke. Padahal sebenarnya lemak juga  merupakan salah satu nutrisi yang harus ada dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk metabolisme dan juga sebagai tempat menyiman cadangan energi. Tanpa ada lemak di dalam tubuh kita, maka kita juga tidak bisa hidup dengan sehat.

Lalu kenapa  banyak orang sangat anti dengan lemak? Bahkan orang-orang sengaja melakukan berbagai cara untuk mengurangi lemak di badannya sampai ada yang melakukan sedot lemak segala.

Sebenarnya, secara umum di dalam tubuh kita terdapat dua jenis lemak yaitu lemak coklat dan lemak putih. Lemak coklat merupakan lemak yang telah melalui proses pembakaran di dalam tubuh sehingga akan sangat berguna untuk menghasilkan energi. Sebaliknya, lemak putih merupakan lemak yang menimbun diri pada bagian-bagian tubuh tertentu, paling banyak di bagian perut.

Nah, hormon yang menimbun diri inilah yang bisa menyebabkan kegemukan, mengusir protein dan hormon, memicu naiknya kolesterol, menaikkan gula darah, mempengaruhi gula darah dan yang paling  jelas tentunya bisa merusak penampilan seseorang. Itulah kenapa lemak ini dinamakan lemak jahat. Dan lemak inilah yang harus kita usir keberadaannya dari dalam tubuh kita.

Berbagai cara dilakukan orang-orang untuk menghilangkan lemak yang berlebihan pada tubuhnya, ada yang melakukan diet sehat, memakan obat-obatan tertentu dan ada juga yang melakukan tindakan medis dengan biaya tinggi yaitu sedot lemak.

Sebenarnya ada cara-cara mudah dan praktis yang bisa kita lakukan untuk mengusir lemak jahat di dalam tubuh kita. Selain dengan rajin melakukan olahraga, kita juga bisa mengkonsumsi makanan-makanan tertentu. Salah satunya adalah cuka.

Cuka untuk mengusir lemak jahat pada tubuh                      

Kenapa cuka bisa mengusir lemak jahat di dalam tubuh?

Cuka bisa mengurangi proses aterosklerosis yaitu proses terjadinya penimbunan lemak di dalam dan di bawah lapisan intima dinding nadi. Lemak yang tidak tertimbun tersebut bisa di proses oleh asam asetat yang cuka terkandung di dalam cuka. Asam asetat tersebut akan membantu proses pembakaran kalori jahat tersebut sehingga berubah menjadi energi.

Dengan mengkonsumsi cuka tersebut maka kandungan asam asetat yang terdapat di dalamnya bisa membantu memproses lemak jahat menjadi lemak baik yang menjadi energi. Selain itu, cuka juga mengandung asam amino yang dapat menetralkan kolesterol jahat dan membantu mengeluarkannya dari tubuh dengan sendirinya.

Berkaitan dengan hal di atas, sebuah uji klinis yang berlangsung di Minnesota, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi cuka sari apel 2 sendok setiap hari selama delapan minggu, dapat meningkatkan level kolesterol baik atau HDL (high density lipoprotein), serta menurunkan lemak atau kolesterol jahat.

Cara memanfaatkan cuka untuk mengusir lemak jahat

Sebagaimana kita tahu, cuka merupakan salah satu bahan untuk menambah cita rasa masakan. Biasanya kita menambahkan cuka pada salad, sayuran-sayuran tertentu, untuk membuat acar, makan soto, miso, siomay dan makanan-makanan lainnya. Apa artinya? Kita disarankan untuk memakan makanan-makanan yang mengandung cuka tersebut.

Selain dicampurkan pada makanan, dicampurkan ke air putih saja juga bisa kok. Kamu cukup ambil satu sendok teh cuka dan dicampurkan ke dalam secangkir air. Untuk hasil maksimalnya, minum ramuan tersebut setidaknya satu kali sehari agar lemak yang bertumpuk cepat minggat.

**

Nah, selamat mencoba ya, dan alangkah baiknya jika memanfaatkan cuka untuk mengusir lemak juga dibarengi dengan olahraga. Juga bijak dalam penggunaannya ya. Jangan sampai over. Semoga berhasil ya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *