6 Kebiasaan Sepele yang Menyebabkan Penuaan Dini

DOKTERCANTIK.COM – Salah satu hal yang ditakuti oleh banyak perempuan adalah terjadinya penuaan dini. Biasanya tanda-tanda penuaan dini ini muncul berupa kerutan di kulit, garis-garis halus, kulit kering, dan kusam. Berbagai macam cara pun dilakukan oleh para perempuan untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Sebenarnya, penuaan dini tidak hanya disebabkan oleh pertambahan usia. Terdapat beberapa faktor lain yang menjadi pemicu penuaan dini. Bahkan kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan pun juga menjadi penyebab menuanya kulit wajah.

Berikut beberapa kebiasaan sepele yang dapat menyebabkan penuaan dini:

6 Kebiasaan Sepele yang Menyebabkan Penuaan Dini

Begadang

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh remaja saat ini adalah begadang. Yup, terkadang kegiatan yang dilakukan di malam hari memang terasa menyenangkan. Tetapi tahukah kamu bahwa begadang dapat menimbulkan berbagai dampak negatif, salah satunya penuaan dini.

Seseorang yang kurang tidur, kulitnya akan terlihat lebih pucat, muncul mata panda, bahkan perlahan bobot tubuh akan menurun. Selain itu, racun-racun di dalam tubuh juga tidak bisa dikeluarkan secara optimal. Akibatnya, kulit menjadi tidak sehat.

Malas berolahraga

Ternyata malas berolahraga tidak hanya memicu obesitas, tetapi juga menyebabkan penuaan dini. Dengan berolahrahga, maka aliran darah pun menjadi lancar. Sehingga kulit akan terlihat lebih segar, merona, dan tidak pucat.

Usahakan untuk melakukan olahraga setiap pagi, minimal 30 menit lamanya. Anda bisa memilih jenis olahraga ringan, seperti jogging, bersepeda, atau jalan kaki.

Mengonsumsi makanan manis berlebihan

Waspadalah, jika anda termasuk orang yang gemar mengonsumsi makanan manis, maka sebaiknya hindari kebiasaaan tersebut. Umumnya, makanan manis mengadung kadar gula yang tinggi. Pengonsumsian gula secara berlebihan dapat menyebabkan diabetes sekaligus mempercepat penuaan kulit.

Zat gula yang masuk ke dalam tubuh akan masuk ke dalam aliran darah dan menempel pada protein. Proses ini menyebabkan terbentuknya suatu molekul yang memicu penuaan. Oleh karena itu, sebaiknya batasi pengonsumsian makanan berkadar gula tinggi.

Tren Facial Rejuvenation Untuk Peremajaan Kulit

Jarang mengonsumsi air putih

Air putih sangat berperan terhadap peremajaan kulit. Mengonsumsi air putih setidaknya 7-8 gelas perhari dapat menjaga kelembaban kulit, meningkatkan kekenyalan kulit, mencegah dehidrasi, serta membantu memberikan nutrisi penting bagi kulit.

Seseorang yang kekurangan air putih, maka kulitnya akan kering, cepat mengalami keriput, dan rentan muncul flek-flek hitam. Leh karena itu, biasakanlah konsumsi air putih secara rutin. Terutama di pagi dan malam sebelum tidur.

Mengucek area kulit mata

Seringkali tanpa disadari kita mengucek mata saat kelelahan. Padahal, kebiasaan mengucek atau menggosok mata ini dapat menyebabkan munculnya keriput. Area kulit di bawah mata sangat tipis dan sensitif. Apabila kamu menguceknya terlalu keras, maka dapat memicu pecahnya pembuluh kapiler sehingga warna kulit menjadi gelap.

Beraktivitas di luar ruangan tanpa menggunakan krim tabir surya

Sinar UV dari matahari adalah penyebab paling umum penuaan pada kulit. Oleh karena itu, saat anda beraktivitas di luar ruangan, sebaiiknya gunakan krim tabir surya yang mengandung SPF 15+ dan vitamin E.

**

Itulah 6 hal yang menjadi penyebab penuaan dini. Biasakanlah hidup sehat, perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk menutrisi kulit. Selain itu, jangan terlalu lama menatap layar komputer, karena radiasi dari komputer atau laptop juga memicu timbulnya keriput pada kulit.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

2 Komentar Pembaca untuk “6 Kebiasaan Sepele yang Menyebabkan Penuaan Dini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *