Ramuan Alami untuk Mengatasi Rambut Berminyak

DOKTERCANTIK.COM – Rambut dapat dianggap sebagai rambut berminyak jika memiliki penampilan yang berminyak dari 2 sampai 3 hari setelah keramas. Sekresi sebum oleh kelenjar sebaceous dari kulit kepala menyebabkan hal ini.

Sekresi sebum dikendalikan oleh androgen yang hadir pada sebagian kecil wanita. Sekresi sebum dimulai pada tahap pubertas dan rambut akan menjadi sulit diatur pada wanita selama menstruasi. Hal ini membuatnya tampak sebagai rambut kotor meskipun Anda mencuci rambut secara teratur.

Minyak pada kulit kepala memang diperlukan untuk menjaga kulit kepala sehat dan untuk mencegah kerusakan rambut seperti rambut bercabang dan memberikan kemilau yang baik. Namun rambut berminyak dapat menyebabkan ketombe dan gatal-gatal.

Beberapa faktor dapat menyebabkan sekresi kelebihan minyak dari kelenjar sebaceous, yaitu :
• Keturunan
• fluktuasi hormonal pada wanita karena siklus menstruasi, penggunaan pil KB, dll
• Stress
• Konsumsi berlebihan makanan kaya minyak
• perawatan rambut yang buruk

Loading...

Gejala umum dari rambut berminyak termasuk
• produksi sebum berlebih yang membuat rambut berat, lemah dan sulit untuk diatur
• Pembentukan ketombe berminyak yang menempel pada sebum membentuk lapisan pada kulit kepala.
• Rasa gatal pada kulit kepala
• Rambut rontok atau penipisan rambut secara progresif

Jadi, perlu untuk menghindari proliferasi sebum ke kulit kepala untuk mencegah kerusakan rambut dan kulit kepala karena pertumbuhan bakteri dan jamur. Sebum berlebihan pada folikel rambut dapat mengganggu sirkulasi darah, sehingga rambut lemah.

Namun ada beberapa pengobatan alami untuk mengatasi rambut berminyak yang dapat anda terapkan, berikut ulasannya.

1. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah obat alami yang efektif untuk rambut berminyak. Asam asetat di dalamnya membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala, yang pada gilirannya membantu mengontrol sekresi minyak berlebih dan mengurangi penumpukan minyak pada rambut Anda. Selain itu, ia bekerja sebagai hair tonic ampuh bagi Anda untuk mendapatkan rambut lembut dan mengkilap.

  • Campur 2-3 sendok makan cuka sari apel dalam secangkir air. Setelah mencuci rambut Anda dengan sampo ringan, gunakan sebagai bilasan. Tunggu beberapa menit, dan kemudian mencucinya dengan air dingin. Ulangi dua atau tiga kali seminggu.
READ:  Penyebab Rambut Berminyak Dan Cara Mengatasinya

2. Jus Lemon

Lemon sangat bagus untuk berbagai jenis masalah kulit kepala dan rambut, termasuk rambut berminyak. Lemon mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang membuat rambut sehat. Properti asam dari lemon membantu menyeimbangkan tingkat pH dan mengontrol sekresi minyak kulit kepala.

  • Campur jus dari dua buah lemon dalam dua gelas air suling. Anda juga dapat menambahkan tiga sendok teh madu. Oleskan campuran ini pada kulit kepala dan rambut, pijat selama beberapa menit. Biarkan selama lima menit, dan kemudian mencucinya dengan air hangat. Ulangi tiga kali seminggu untuk hasil terbaik.

3. Teh Hitam

Teh hitam memiliki zat yang dikenal sebagai asam tanat yang membantu mencegah penumpukan minyak berlebih di kulit kepala dengan mengencangkan pori-pori.

  • Tambahkan satu sendok makan daun teh hitam untuk secangkir air. Didihkan selama 10 menit. Saring daun teh dan biarkan larutan mendingin hingga suhu kamar. Tuang campuran suam-suam kuku ini pada kulit kepala dan rambut. Biarkan selama lima menit, bilas, dan kemudian mencuci rambut dengan sampo ringan. Ulangi dua atau tiga kali seminggu untuk menyingkirkan rambut berminyak.

4. Aloe Vera

Vitamin, mineral dan enzim yang ada dalam lidah buaya sangat membantu untuk menyingkirkan rambut berminyak. Lidah buaya membantu detoksifikasi kulit kepala dari kotoran dan sekresi minyak berlebih, sementara itu juga aloe vera akan menjaga kesehatan akar rambut Anda. Ditambah, sifat lembut dan menenangkan lidah buaya akan menjaga rambut Anda sehat.

  • Campurkan satu sendok teh gel lidah buaya dan satu sendok makan jus lemon dalam satu cangkir sampo ringan.
  • Cuci rambut Anda dan biarkan sampo untuk tetap berada pada rambut Anda selama beberapa menit sebelum membilasnya.
  • Gunakan ini sebagai sampo buatan sendiri setiap kali Anda keramas.Anda dapat menyimpan sampo buatan sendiri ini sampai seminggu di kulkas.
READ:  Tips dan Cara Memperbaiki Rambut Kusam

5. Baking Soda

Kemampuan menyerap minyak dari baking soda membuatnya menjadi obat alami untuk rambut berminyak. Juga, sifat alkali baking soda membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala dan akan mengurangi bau tidak sedap.

  • Campurkan satu bagian baking soda dalam tiga bagian air untuk membuat pasta. Oleskan pada rambut basah. Biarkan selama beberapa menit, dan kemudian mencuci rambut dengan air hangat. Gunakan perawatan ini sekali atau dua kali seminggu.
  • Juga, ketika Anda tidak punya waktu untuk keramas, Anda dapat menggunakan baking soda sebagai sampo kering. Taruh beberapa baking soda di tangan Anda dan gosokkan ke seluruh rambut Anda. Kemudian sikat rambut Anda dengan baik dengan sikat berkualitas baik. Baking soda akan menyerap semua minyak pada rambut Anda.

6. Telur

Telur bermanfaat sangat baik untuk pengkondisian rambut Anda. Ditambah, putih telur melawan minyak pada rambut dan kuning telur yang dikemas dengan protein dapat memperkuat rambut.

  • Terapkan satu setengah cangkir putih telur pada rambut basah, dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Kemudian bilas dan cuci rambut dengan sampo ringan. Ulangi sekali setiap dua minggu.
  • Campur dua kuning telur dengan dua sendok makan jus lemon. Oleskan campuran ini pada rambut basah. Biarkan selama lima menit, dan kemudian cuci rambut dengan sampo ringan. Gunakan perawatan ini dua atau tiga kali seminggu.

7. Tomat

Sifat asam dari tomat membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala Anda, yang pada gilirannya mengontrol sekresi minyak yang berlebihan. Tomat juga membantu menghilangkan bau tidak sedap.

  • Buat jus dari satu buah tomat matang. Oleskan pada rambut dan kulit kepala. Tutupi kepala dan rambut dengan shower cap dan biarkan selama 30 menit. Bilas menggunakan air dingin. Lakukan dua kali seminggu.
READ:  Cara Mengatasi Ketombe Dengan Daun Pandan

8. Pisang dan Madu

Rambut berminyak bisa terjadi karena Anda menggunakan sampo yang keras. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan kondisioner buatan sendiri dengan pisang dan madu yang akan menyuburkan rambut Anda dan membuat rambut bebas minyak.

  • Haluskan satu buah pisang dengan blender untuk mendapatkan konsistensi tebal. Tambahkan satu sendok makan madu mentah untuk setiap empat sendok makan pasta pisang. Oleskan pasta ini pada rambut Anda dari akar hingga ke ujung. Biarkan selama sekitar 20 menit. Bilas dengan air hangat untuk menghilangkan pasta. Gunakan obat alami ini dua kali seminggu.

9. Henna

Bubuk henna adalah salah satu bahan yang akan membantu dalam menjaga rambut halus dan mengkilap serta membantu dalam menghilangkan kelebihan minyak.

  • Campurkan enam sendok makan henna dengan dua gelas air. Campur secara menyeluruh untuk membuat pasta halus. Oleskan pasta ini pada rambut Anda dan biarkan sampai mengering pada rambut. Bilas rambut dengan air jeruk nipis untuk menghilangkan rambut berminyak.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Komentar Pembaca untuk “Ramuan Alami untuk Mengatasi Rambut Berminyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *