10 Cara Ampuh Mencegah dan Mengatasi Varises

DOKTERCANTIK.COM – Masalah kesehatan dan kecantikan pada wanita tidak hanya fokus pada bagian kulit dan wajah saja tetapi untuk tubuh secara keseluruhan. Tapi sayangnya, meskipun beragam perawatan kecantikan tlah dilakukan, selalu saja ada masalah yang timbul yang dirasakan wanita cukup menganggu penampilan maupun kenyamanannya.

Salah satunya adalah masalah varises. Pada umumnya varises merupakan otot yang berwarna kebiruan dan timbul keluar kulit. Varises memang tidak terasa sakit tapi munculnya varises dianggap mengurangi kadar kecantikan dan dapat menurunkan rasa percaya diri saat bersosialisasi.

10 Cara Ampuh Mencegah dan Mengatasi Varises

Cara Ampuh Mengatasi Varises

Untuk kamu yang menderita varises, kami berbagi 10 cara ampuh mengatasi varises yang bisa kamu terapkan, sebagaimana dikutip dari laman prevention.com. Berikut ulasannya.

1. Olahraga. Melakukan olahraga secara rutin setiap harinya tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan tetapi juga ampuh dalam mengatasi varises yang menganggu. Jika tidak bisa berolahraga secara rutin, pastikan agar tubuh selalu bergerak dengan cukup setiap hari misalnya, naik turun tangga di kantor, berjalan kaki agak jauh dari parkiran atau jalan-jalan pagi di sekitar rumah.

2. Meninggikan kaki. Biasakan untuk meninggikan kaki selama kurang lebih 10-15 menit setiap hari. Ini berguna untuk melancarkan peredaran darah dan menjaga agar otot kaki selalu sehat. Caranya adalah dengan berbaring kemudian letakkan kaki pada posisi yang lebih tinggi dari kepala, misalnya di atas bantal yang ditumpuk.

Cara Mencegah dan Mengobati Varises secara Alami

3. Hindari obesitas. Orang yang obesitas atau kelebihan berat badan selalu berisiko dalam masalah kesehatan. Bukan hanya itu, beberapa ahli bahkan meyakini bahwa obesitas merupakan salah satu penyebab timbulnya varises di kaki.

4. Pijat kaki. Memijat kaki dengan lembut sangat baik untuk menjaga agar peredaran darah selalu lancar. Selain itu, dengan rutin memijat kaki, juga akan membantu agar otot kaki jadi rileks, nyaman dan terhindar dari risiko penyakit asam urat atau masalah otot lainnya.

5. Bawang putih. Untuk kamu yang ingin mengatasi varises dengan bahan alami, bisa menggunakan bawang putih. Kupas bawang putih dan belah kemudian oleskan ke area kulit yang mengalami varises sambil dipijat dengan lembut. Lakukan secara rutin setiap harinya. Penting untuk diingat bahwa kandungan bawang putih cukup keras untuk kulit yang sensitif dan akan meninggalkan bekas, jadi pastikan kulit kamu tidak alergi dengan bawang putih ya.

6. Pakaian longgar. Memakai pakaian longgar khususnya celana ketat atau skinny jeans juga berpotensi menimbulkan varises di kaki. Jadi disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan longgar atau tidak ketat.

7. Jangan berdiri lama. Berdiri dalam waktu yang lama akan membuat otot kaki menjadi tegang dan berpotensi menjadi penyebab timbulnya varises di kaki. Disarankan untuk tidak berdiri dalam waktu yang lama. Jikapun harus berdiri lama misalnya sedang mengantri, usahakan untuk selalu menggerakkan kaki agar cukup rileks.10 Cara Ampuh Mencegah dan Mengatasi Varises

8. Jangan duduk lama. Seperti halnya dengan berdiri lama, duduk dalam waktu yang cukup lama juga akan menyebabkan otot kaki jadi tegang dan kaku apalagi jika duduk dengan posisi kaki menyilang. Usahakan untuk selalu berganti posisi dan sesekali berdiri sambil berjalan agar otot kaki kembali rileks.

9. Kompres dengan es. Mengompres kaki atau bagian tubuh lainnya yang mengalami varises menggunakan air es juga cukup membantu dalam mengatasi varises. Siapkan handuk bersih lalu celupkan ke dalam air es. Tempelkan handuk tersebut ke area tubuh yang mengalami varises. Lakukan secara rutin ya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Konsumsi makanan kaya kalsium. Jika kamu kekurangan kalsium maka lebih mudah terserang varises, demikian menurut penelitian yang dilakukan para ahli. Jadi, pastikan untuk selalu mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan kalsium ya, misalnya keluarga buah berry (raspberry, balckberry, blueberry, ceri, strawbery atau mulberry). Ragam buah berry ini diyakini akan membantu melancarkan peredaran darah,  merilekskan otot yang kaku dan membuat tubuh makin sehat.

**

Demikianlah 10 cara alami yang ampuh mengatasi dan mencegah munculnya varises. Jangan lupa juga untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan istirahat yang cukup, asupan nutrisi, minum air putih dan perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Cantikers!

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *