7 Tips Ampuh Mengatasi Kerutan di Wajah

DOKTERCANTIK.COM – Munculnya kerutan atau keriput di area kulit wajah pada usia muda (20 hingga 30 tahun) merupakan salah satu tanda terjadinya gejala penuaan dini. Biasanya munculnya kerutan di wajah disebabkan oleh faktor genetik, atau karena gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Sehingga kolagen di dalam kulit akan berkurang, dan kulit wajah pun menjadi mengendur dan kehilangan elastsitas. Kerutan pada wajah yang sering terlihat adalah kerutan pada dahi dan sekitar mata.

Bagi kaum wanita, munculnya kerutan di wajah merupakan mimpi buruk. Karena dengan munculnya kerutan di wajah, maka seseorang akan terlihat lebih tua dari usianya. Sebenarnya ada banyak cara untuk menghilangkan kerutan di wajah, mulai dari yang alami, penggunaan kosmetik, atau dengan metode teknologi canggih.

Langsung saja simak beberapa cara atau tips untuk mengatasi kerutan di wajah berikut:

7 Tips Ampuh Mengatasi Kerutan di Wajah

• Hindari Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari merupakan faktor utama munculnya tanda-tanda penuaan di wajah, termasuk timbulnya kerutan. Sinar matahari mengandung ultraviolet yang menimbulkan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel kulit, sehingga berakibat kanker kulit. Selain itu sinar ultraviolet juga dapat meningkatkan enzim metalloproteinase. Enzim metalloproteinase ini dapat memecah kolagen pada kulit, sehingga timbullah kerutan di area kulit wajah.

Oleh karena itu, hindari paparan dari sinar matahari secara langsung mulai dari pukul 09.00 hingga pukul 16.00. Usahakan untuk menggunakan pelindung kulit (seperti sunblock) atau topi saat berpergian di bawah matahari yang menyengat.

• Jangan Mengerutkan Wajah Terlalu Sering

Tanpa disadari, terkadang seringkali kita mengerutkan wajah untuk menunjukkan suatu ekspresi. Namun tahukan anda, jika mengerutkan wajah terlalu sering dapat menyebabkan timbulnya kerutan atau keriput di wajah.

Misalnya, di saat kita sedang pusing dan berpikir, maka kita sering mengerutkan kening. Hal ini dapat menjadi pemicu munculnya kerutan pada kening. Selain itu tertawa terlalu keras atau sering menggosok area bawah mata dapat menyebabkan garis di sekitar mata terlihat semakin jelas.

• Konsumsi 8 Gelas Air Putih

Selain untuk mengatasi dehidrasi, manfaat air putih sangat banyak sekali untuk kesehatan tubuh, salah satunya sebagai obat kecantikan wajah. Dengan rutin mengonsumsi air putih 8 gelas sehari, maka kelembaban dan kekenyalan (elastisitas) kulit akan terjaga. Sehingga kulit wajah pun terhindar dari kerutan atau keriput.

• Konsumsi Makanan yang Mengandung Kolagen

Untuk memperoleh wajah yang kenyal dan terbebas dari kerutan, anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen tinggi. Kolagen merupakan zat protein pada tubuh yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit serta mengurangi dampak lingkungan yang dapat menyebabkan kulit menjadi keriput.

Beberapa makanan yang mengandung kolagen antara lain adalah buah jeruk, buah lemon, buah stroberi, makanan yang mengandung kedelai (susu kedelai, tahu, tempe), ikan salmon, ikan tuna, kacang-kacangan, teh hijau, minyak alpukat, brokoli, wortel, tomat, paprika merah, delima, kemari, dan anggur.

• Senam Wajah

Melakukan senam wajah merupakan salah satu metode yang efektif untuk mengilangkan kerutan di kulit wajah. Anda dapat menyisihkan sedikit waktu untuk melakukan senam wajah setiap hari, seperti gerakan atau pijatan ringan. Efek yang didapatkan dari senam wajah tidak akan terlihat secara langsung, tetapi dibutuhkan ketekunan dan kesabaran. Metode senam wajah juga cukup mudah. Anda dapat mencari tutorialnya di youtube atau browsing di google.

Nah, bagi anda yang mengindari penggunaan kosmetik berbahan kimia, tidak ada salahnya mencoba senam wajah untuk mengilangkan dan mencegah timbulnya kerutan atau keriput wajah.

• Gunakan Kosmetik Anti Kerut (Krim Anti Aging)

Untuk menghilangkan keriput pada kulit wajah, anda dapat memilih jenis kosmetik yang mengandung asam vitamin A. Biasanya kandungan asam vitamin A banyak ditemukan pada kosmetik Anti Aging. Manfaat asam vitamin A adalah untuk meregenerasi sel-sel kulit dan mempercepat pertumbuhan kolagen pada lapisan jaringan bawah kulit.

Namun anda juga harus berhati-hati dan seleksi terhadap penggunaan kosmetik, karena bagaimanapun kandungan bahan kimia di dalam kosmetik mempunyai efek samping pada kulit. Sebaiknya konsultasikan masalah kulit anda pada dokter, dan gunakan kosmetik yang disarankan oleh dokter kulit untuk keamanan penggunaanya.

• Minyak Zaitun

Minyak zaitun telah dikenal sejak dulu sebagai obat awet muda oleh bangsa yunani kuno. Tak jarang juga produk-produk kecantikan yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan dasar komposisinya. Hal ini dikarenakan kandungan asam oleat dan vitamin E pada minyak zaitun yang dapat membantu menghilangkan kerutan di wajah, memberikan asupan nutrisi, serta mempertahankan keremajaan kulit. Anda cukup mengoleskan minyak zaitun secara rutin pada saat tidur di malam hari.

***

Nah, demikian tips-tips yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan kerutan pada wajah. Semoga bermanfaat.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu