3 Manfaat Kunyit Untuk Perawatan Kulit

DOKTERCANTIK.COM – Kunyit atau tanaman yang biasa juga disebut kunir ini merupakan tanaman yang biasanya digunakan untuk bumbu dapur. Baik daun atau rimpangnya sama-sama bermanfaat dalam memperlezat masakan. Selain untuk bumbu dapur, kunyit biasanya juga digunakan untuk pengobatan luka, sakit perut, dan beberapa jenis penyakit lain karena kandungan curcumin, antioksidan, vitamin C, dan beberapa kandungan lain yang ada didalamnya.

Selama ini kunyit hanya dikenal sebagai salah satu bumbu dapur dan kadangkala juga sebagai obat-obatan alami. Namun, taukah Anda bahwa ternyata kunyit tidak hanya handal dalam urusan dapur dan obat, tapi bisa juga diterapkan manfaat kunyit untuk kecantikan dan perawatan kulit.

Kita tau bahwa, kulit merupakan elemen terpenting dalam awet muda. Di sinilah kunyit berperan dalam mengatasi berbagai masalah pada kulit dan membuatnya tampak cantik dan indah. Untuk pemanfaatannya, kunyit cenderung disandingkan dengan bahan lain seperti madu, bubuk cendana, susu, ataupun air mawar.

3 Manfaat Kunyit Untuk Perawatan Kulit

Mencerahkan & Menghambat Penuaan Kulit

Kulit yang cerah dan bersinar ternyata bisa didapatkan dengan menjadikan kunyit sebagai masker alami. Kunyit bisa membuat kulit tampak lebih cerah dan bersih karena membantu mengangkat sel kulit mati. Sel kulit mati yang masih tertahan akan membuat kulit gelap dan kusam.

Nah, dengan menempel ratakan kunyit halus pada kulit kaki atau tangan, maka sel kulit mati akan terangkat sehingga kulit tampak lebih cerah dan garis-garis penuaanpun hilang. Selain itu, kandungan vitamin C dan antioksidan dalam kunyit juga berperan penting dalam menghambat penuaan, kerutan, dan menghilangkan garis-garis halus.

Aplikasikan kunyit yang sudah diparut halus atau bubuk kunyit  dengan salah satu bahan lain seperti madu, bubuk susu, bubuk cendana, ataupun air mawar. Setelah bahan tercampur, kemudian oleskan kunyit tersebut pada kulit secara merata. Tunggu hingga kering, begitu kering bilas dengan air hangat. Memang hasilnya tidak langsung terlihat, namun jika Anda konsisten, dalam beberapa minggu perubahan pada kulit akan jelas terlihat. Setidaknya lakukan teknik ini 1 kali dalam seminggu.

Menghilangkan Bekas Jerawat dan Luka

Salah satu masalah kulit yaitu bekas jerawat bisa dihilangkan dengan cara alami yaitu memakai masker kunyit. Tidak hanya bekas jerawat, bekas luka yang tidak begitu parah ternyata juga bisa diatasi dengan menggunakan bubuk kunyit ini. Kunyit bersifat antiseptik sehingga ia tidak akan menimbulkan iritasi sepanjang tidak menggunakan kunyit ukuran besar dan dioleskan dengan cara kasar.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan bubuk kunyit dan madu dengan perbandingan 2:1. Setelah bahan tercampur, oleskan kewajah dan bilas jika sudah mengering. Jika luka masih baru, ada baiknya langsung menempelkan kunyit yang sudah ditumbuk halus lansung ke luka tersebut.

Mengatasi Kulit Kering dan Berminyak

Selain mencerahkan dan menghambat penuaan, kunyit ternyata juga bisa mengatasi kulit berminyak dan kering karena mengatur produksi sebum yaitu zat minyak yang diproduksi oleh kelenjer sebaceous.

Cara mengaplikasikannya hampir sama dengan cara diatas. Campurkan bubuk kunyit atau kunyit yang sudah dihaluskan dengan madu atau bubuk susu, kemudian dioleskan secara merata ke wajah. Tunggu hingga kering, setelah itu bilas dengan air hangat.

***

Kemampuan kunyit dalam mengatasi berbagai masalah kulit seperti mencerahkan dan menghambat penuaan, mengatasi garis-garis halus dan kerutan, ataupun mengatasi kulit kering dan berminyak secara langsung atau tidaknya sudah membantu Anda yang ingin awet muda. Pasalnya, awet muda terkait erat dengan kondisi kulit.

Anda bisa menemukan kunyit dengan mudah di pasar, warung sayuran, atau bahkan memanennya sendiri di kebun jika kebetulan Anda sudah menanamnya jauh-jauh hari. Selamat mencoba ya Cantikers.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu