Tips dan Cara Menghilangkan Bad Mood

Loading...

Bad mood adalah kondisi psikologis yang diwarnai dengan menurunnya gairah untuk beraktivitas, perasaan yang tidak nyaman dan seringkali berakhir dengan merosotnya kinerja atau terganggunya pergaulan sehari-hari.

Padahal, untuk bisa maksimal bergaul, bekerja dan melakukan aktifitas lainnya, kita butuh mood yang bagus. Mood yang bagus dan terjaga akan meningkatkan kegairahan kita bergaul, bekerja atau melakukan aktifitas yang kita senangi.

Mood yang baik juga tentu akan memberikan kontribusi positif terhadap hubungan pertemanan, persahabatan maupun percintaan. Dengan mood yang baik, seseorang malah bisa memberikan sesuatu yang lebih dibandingkan dengan suasana normalnya.

Hanya saja, mood merupakan sesuatu yang sangat relatif, tidak independen. Mood bisa dengan sangat mudah berubah-ubah, tergantung pada banyak faktor eksternal tubuh maupun hal-hal yang terjadi dalam internal diri kita.

Lingkungan kerja yang menarik dan tertata rapi seringkali dianggap bisa membangkitkan mood yang bagus sehingga para pekerja bisa lebih maksimal mengerjakan tugas dan pekerjaan mereka.

Sebaliknya, suasana diskusi yang tidak bagus bersama dengan teman atau rekan kerja, justru bisa membangkitkan bad mood, sehingga selanjutnya berujung pada hilangnya respek kita terhadap teman atau atas topik pembicaraan yang sedang diperbincangkan. Kurang istirahat dan kelelahan juga bisa membangkitkan bad mood.

Tips dan Cara Menghilangkan Bad Mood

Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan bad mood jika itu terjadi pada Anda. Berikut adalah beberapa tips dan cara menghilangkan bad mood yang bisa Anda lakukan dalam aktifitas sehari-hari:

Tertawa

Tentu saja anda tidak dianjurkan untuk tertawa setiap saat, orang akan berpikiran negatif tentang anda. Luangkan waktu setiap hari untuk menonton TV komedi atau membaca komik kegemaran anda, pokoknya hal-hal yang bisa membuat anda tertawa lepas. Menurut sejumlah penelitian, tertawa dapat memberikan dampak positif untuk tubuh kita berupa peningkatan jumlah sel imun yang memberikan ketahanan tubuh anda terhadap penyakit. Tertawa juga meningkatkan produksi endorphin, zat yang bekerja membangkitkan perasaan baik atau nyaman dalam diri.

Asam Amino untuk mengembalikan pemikiran anda

Warga Eropa biasa mengkonsumsi suatu supleman yang mengandung SAMe (S-adenosyl-L-methionine). Zat ini mempunyai peran untuk mengembalikan mood dan pemikiran baik kita. Di dalam tubuh kita zat ini diproduksi oleh methionine, asam amino yang yang mempunyai peran produksi serotonin dan dopamine. Keduanya ini merupakan pendukung kerja dari neurotransmitter. Untuk mempercepat kerja SAMe, anda juga dianjurkan mengkonsumsi vitamin B6 dan B12.

Support atau dukungan orang lain

Sentuhan dari orang yang anda kasihi terbukti bisa memperbanyak produksi endorphin dan pertumbuhan hormon positif lainnya. Kesemuanya itu dapat menurunkan dampak dari stress.

Perbanyak hormon “muda” anda

Untuk meningkatkan hormon ini anda tidak perlu mengkonsumsi pil atau jenis suplemen lainnya. Anda bisa lakukan dengan cara lain yaitu melalui latihan beban, jenis-jenis latihan seperti squat, leg press dan push up di percaya dapat meningkatkan pertumbuhan hormon ini, yang mempunyai peran memperbaiki mood anda.

Atur pernapasan

Di perkirakan 30 % racun yang ada di dalam tubuh kita di keluarkan melalui isi perut dan sisanya 70% dikeluarkan melalui sistem pernapasan. Hal ini perlu diperhatikan sebab sistem pernapasan yang baik akan menjernihkan pikiran, memperbaiki mood dan meningkatkan energi kita. Untuk melatihnya anda bisa mengikuti beberapa latihan seperti yoga, taici atau meditasi.

Shalat dan berdzikir

Khusus untuk yang muslim, shalat dan dzikir dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki mood secara keseluruhan. Energi positif kejiwaam yang terbangun dari proses shalat dan dzikir tentu akan memberikan pengaruh positif terhadap perasaan dan mood, apalagi jika shalat dan dzikir dilakukan secara rutin dan teratur.

Nah, bagaimana dengan Anda? Selain yang tertulis di atas, adakah tips dan cara menghilangkan bad mood yang pernah Anda lakukan dan itu terbukti berhasil? Silahkan share di kolom komentar ya!

Loading...

0 Komentar Pembaca untuk “Tips dan Cara Menghilangkan Bad Mood

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *