Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Mata

Loading...

Mata merupakan salah satu panca indera terpenting dalam kehidupan kita. Segala aktifitas yang kita lakukan membutuhkan bantuan mata.

Bahkan saat kita hanya berdiam diri saja, mata tetap melakukan tugasnya yaitu merekam semua yang ada di depan kita dan mengirimkannya ke otak.

Dapat kita bayangkan, betapa lelah mata kita setelah beraktifitas seharian, terutama bagi Anda yang sehari-harinya bekerja di depan layar monitor, juga bagi mereka yang harus bekerja di jalan raya atau ruang terbuka dimana mata sangat mudah terkena polusi.

Untuk itulah, sangat penting bagi kita dalam menjaga kesehatan mata, agar tidak mudah terkena penyakit. Selain itu, seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan mata kita untuk melihat juga akan semakin menurun.

Dengan mata yang sehat, maka akan mencegah rabun atau katarak yang terjadi pada usia yang belum terlalu tua. Berikut adalah beberapa tips dan cara menjaga kesehatan mata yang dapat Anda lakukan mulai saat ini.

Lakukan kebiasaan yang baik untuk mata

Anda terbiasa duduk di depan komputer selama beberapa jam tanpa beristirahat? Anda sering terlalu asyik membaca hingga tidak menyadari betapa dekat jarak antara mata Anda dengan buku yang sedang Anda baca?

Atau mungkin karena saking asyiknya, Anda membaca hingga larut malam sambil berbaring, dan dengan penerangan yang ala kadarnya?

Sebaiknya Anda hindari kebiasaan-kebiasaan tersebut mulai sekarang. Jangan paksa mata Anda bekerja lebih keras dibanding kemampuannya.

Saat di depan komputer atau laptop, berhentilah selama beberapa menit setiap 1-2 jam sekali, jika perlu pasang gambar-gambar pemandangan yang menyejukkan sebagai wallpaper Anda.

Ingat, jarak aman ketika membaca adalah 30-50 cm dari mata, bukan terlalu dekat atau terlalu jauh. Penerangan harus cukup, jangan terlalu gelap, dan jangan pernah membaca sambil berbaring, bukankah lebih asyik membaca sambil duduk manis dan menikmati secangkir the dan kue kesukaan kita.

Konsumsi makanan yang sehat

Hampir semua orang tahu, wortel adalah nutrisi terbaik untuk mata, karena zat beta karoten yang dikandung sangat tinggi. Beta karoten merupakan anti oksidan yang dapat meminimalkan resiko degenrasi macula dan katarak.

Rutinlah mengkonsumsi jus wortel agar kesahatan mata Anda tetap terjaga. Bisa juga diolah sebagai campuran masakan atau kue bagi yang kurang suka jus wortel.

Selain wortel, ada jenis makanan lainnya yang juga baik untuk mata kita. Sebut saja paprika, Brokoli, serta kubis Brussel yang banyak mengandung vitamin C.

Selain sayur-sayuran, daging juga baik untuk mata. Yang terbukti paling bermanfaat untuk kesehatan mata adalah daging burung unta, akan tetapi daging ini relatif sulit didapatkan. Sebagai alternatif dapat mengkonsumsi daging ayam, kalkun, atau domba.

Matikan lampu saat tidur

Tidur dengan lampu menyala terbukti kurang baik untuk kesehatan. Pada saat ada sedikit saja lampu, maka mata kita akan menerima informasi cahaya itu dan mengirimkan ke otak kita.

Karena itu, meskipun secara fisik tubuh kita tertidur dan mata terpejam, tetapi mata dan otak kita tidak sepenuhnya beristirahat, karena mereka tetap melakukan aktifitas sebagai respon dari cahaya yang hanya sedikit itu, apalagi jika kita tidur dengan cahaya yang terang benderang.

Maka ada baiknya kita membiasakan diri untuk mematikan lampu kamar saat tidur, agar mata dan otak kita dapat beristirahat sepenuhnya. Kalau bukan ketika tidur, kapan lagi mata kita bisa rehat sejenak?

Refreshing ke tempat terbuka

Paling tidak sebulan sekali, luangkan waktu Anda untuk mengunjungi tempat-tempat wisata alam terbuka. Bisa dengan keluarga atau sahabat. Pegunungan adalah salah satu alternatif yang disarankan.

Dengan melihat hijaunya pemandangan alam, mata kita akan kembali segar karena terkena udara yang segar pula dan jauh dari polusi dan pemandangan sehari-hari yang mungkin membuat mata kita lelah.

Pada saat seperti ini, bisa juga Anda melakukan senam mata, yaitu menggerakkan mata secara bergantian ke atas, bawah, kanan, kiri. Atau bias juga melihat ke satu objek yang jauh dan dekat secara bergantian, untuk melatih fokus mata. Tapi, hal ini juga bisa dipraktekkan sehari-hari juga lho.

Demikian beberapa tips dan cara mudah dalam menjada kesehatan mata. Dengan mempraktekkan secara rutin tips-tips singkat di atas, mata kita sebagai organ tubuh yang sangat penting akan terjaga kesehatannya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *