Tips dan Cara Menghilangkan Karang Gigi

Tips dan Cara Menghilangkan Karang Gigi
Kecantikan tidak hanya terpancar dari kecantikan wajah yang mulus dan bebas jerawat saja.

Namun kecantikan juga dapat terpancar dari sebuah senyuman. Senyuman manis yang dapat memamerkan gigi putih Anda adalah suatu kebanggaan.

Gigi yang putih dan terbebas dari plak dan karang gigi adalah ciri dari gigi yang sehat. Gigi yang sehat juga biasanya terhindar dari berbagai  macam masalah mulut.

Salah satu masalah mulut yang paling sering ditemui adalah timbulnya karang gigi yang sangat mengganggu penampilan.

Karang gigi merupakan endapan keras yang biasanya terdapat pada permukaan gigi bagian bawah dan belakang. Endapan ini biasanya berwarna putih kekuningan atau tak jarang berwarna hijau kehitaman.

Karang gigi yang tidak dibersihkan secara teratur juga dapat menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Lalu bagaimana cara menghilangkan karang gigi tersebut?

Berikut ini adalah sejumlah tips dan cara menghilangkan karang gigi yang dapat Anda praktekkan dalam kehidupan sehari-hari:

Rajinlah menyikat gigi Anda

Sikatlah gigi Anda minimal dua kali sehari setelah bangun tidur dan setelah makan. Sikatlah seluruh permukaan gigi luar dan dalam dengan menggunakan sikat gigi.

Pilihlah bulu sikat yang tipis dan lembut sehingga nyaman pada saat digunakan dan tidak menimbulkan iritasi pada gusi jika dilakukan secara kasar.

Pastikan Anda juga membersihkan bagian gusi dan sela-sela gigi Anda sehingga tidak akan memungkinkan tumbuh plak dan karang gigi di bagian tersebut.

Tepat memilih pasta gigi

Pilihlah pasta gigi yang tidak mengandung banyak deterjen dan mampu mengatasi plak pada gigi Anda.

Konsumsi apel dan strawberry

Kedua buah ini mampu memutihkan gigi Anda dengan vitamin C yang terkandung di dalamnya. Jika sering digunakan maka akan dapat menghilangkan plak dan karang gigi pada permukaan gigi Anda.

Anda cukup mengonsumsinya secara langsung dengan cara mengunyah potongan kedua buah ini dengan gigi Anda.

Gunakan cairan pembersih mulut

Selain dapat memberikan Anda nafas yang segar, cairan pembersih mulut juga mampu menghilangkan masalah mulut seperti plak, karang gigi, gigi sensitif, gusi berdarah dan bau mulut.

Gunakan secara rutin sehabis Anda menyikat gigi dengan cara berkumur dengan cairan pembersih mulut ini.

Hindari kopi dan rokok

Kedua benda ini mampu menghilangkan warna putih alami gigi sehingga gigi tampak kuning dan memicu timbulkan karang gigi. Ganti kopi Anda dengan air putih yang lebih baik bagi vitalitas tubuh.

Juga ganti rokok Anda dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar setiap harinya. Selain dapat membuat gigi Anda lebih sehat, sayuran, buah dan air putih akan menghindarkan Anda dari masalah bau mulut.

Perhatikan makanan sehari-hari

Perhatikan selalu makanan apa saja yang Anda konsumsi setiap harinya. Makanan yang memiliki banyak bumbu dan panas juga dapat memicu timbulnya karang gigi. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih makanan.

Kunjungi dokter gigi

Lakukanlah kegiatan ini satu kali dalam enam bulan. Hal ini dapat memudahkan Anda dalam mengontrol kesehatan gigi Anda. Dokter gigi juga dapat membantu Anda dalam membersihkan karang gigi di permukaan gigi secara tepat dan aman.

***

Demikianlah sejumlah tips dan cara menghilangkan karang gigi. Lakukan tips di atas secara teratur dan rutin setiap harinya sehingga kesehatan gigi Anda lebih terjaga.

Jika gigi sudah bersih, nafas pun menjadi segar dan Anda pun semakin tampil percaya diri dalam melakukan aktivitas. Selamat mencoba!





  • OPIK

    klo perasan air bawang putih diolesin ke dubur apa ga panas bnget ya.. mohon penjelasan trims

    • Miumiu Miu

      biar apa? klo ke vagina enggak, panasnya cuma 30detik.