10 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

DOKTERCANTIK.COM – Awalnya, teh hijau populer di Cina dan digunakan selama berabad-abad untuk mengobati segala sesuatu dari sakit kepala sampai depresi. Saat ini, orang dari berbagai belahan dunia mengkonsumsi teh hijau karena banyak manfaat kesehatan.

Teh hijau mengandung sejumlah antioksidan yang tinggi serta enzim, asam amino, dan phytochemical seperti polifenol. Teh ini juga memiliki vitamin B, folat, mangan, kalium, magnesium dan kafein.

 

Selain manfaat kesehatan, teh hijau memiliki manfaat bagi kulit dan rambut. Untuk menjaga kecantikan dan perawatan kulit, Anda dapat menggunakan teh hijau sebagai masker kecantikan. Anda juga dapat minum beberapa cangkir teh hijau setiap hari.

10 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

1. Meningkatkan Kecerahan Kulit

Teh hijau meningkatkan warna kulit Anda dan membuat kulit semakin sehat. Teh ini membantu menghancurkan racun dari kulit, menyembuhkan noda dan bekas luka, dan mengurangi peradangan. Bahkan dapat juga  meningkatkan elastisitas kulit.

Sebuah studi tahun 2003 oleh Medical College of Georgia menunjukkan bahwa peremajaan kulit dibantu oleh teh hijau. Teh hijau dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit dan luka.

Belah menjadi 2 kantong teh hijau yang telah digunakan dan sendok isinya. Tambahkan 1 sampai 2 sendok teh madu mentah. Campur dalam sedikit air jeruk. Oleskan pada wajah Anda dan biarkan selama 5 sampai 10 menit. Bilas dengan air hangat. Gunakan masker wajah ini sekali atau dua kali seminggu.

2. Mengurangi Bengkak Mata dan Lingkaran Hitam

Antioksidan dan tanin dalam teh membantu mengobati bengkak serta lingkaran hitam, serta membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit halus di sekitar mata. Hal ini pada gilirannya mengurangi pembengkakan. Selain itu, vitamin K dalam teh hijau membantu meringankan lingkaran hitam di bawah mata.

TERKAIT:  Manfaat Teh Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan

Masukan 2 kantong teh hijau dalam lemari es selama 30 menit. Tempatkan kantong teh dingin di kelopak mata yang tertutup. Duduk dan bersantailah selama 15 menit. Gunakan perawatan ini dua kali sehari sampai Anda puas dengan hasilnya.

3. Memerangi Tanda Penuaan

Teh hijau memiliki sifat anti-penuaan dan manfaat antioksidan yang dapat membantu menunda tanda-tanda penuaan kulit, seperti kulit kendur, kerusakan akibat sinar matahari, bintik-bintik usia, garis-garis halus dan kerutan.

Polifenol dalam teh hijau membantu menetralisir radikal bebas berbahaya, yang dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada kulit dan mempercepat proses penuaan. Selain itu, membantu melawan mencegah kanker kulit.

Campurkan 3 sendok makan yogurt tawar, 1 sendok makan daun teh hijau dan bubuk kunyit sedikit. Oleskan pada wajah dan leher. Biarkan selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Gunakan masker wajah ini sekali atau dua kali seminggu.

Pilihan lain adalah dengan hanya mencampur 1 sendok teh hijau Matcha dan beberapa tetes air untuk membuat pasta. Jika Anda memiliki kulit kering, tambahkan 1 sendok teh teh hijau Matcha dan ½ sendok teh dengan minyak kelapa extra-virgin dan air hangat. Oleskan pada wajah Anda, biarkan sampai mengering sepenuhnya, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini beberapa kali seminggu.

4. Mengobati Jerawat

Katekin dalam teh hijau adalah agen antibakteri yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Katekin bahkan membantu mengatur ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, salah satu penyebab utama jerawat. Selain itu, properti anti-inflamasi dari teh hijau membantu mengurangi kemerahan dan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Sebuah studi di tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology menyimpulkan bahwa epigallocatechin-3-gallate (EGCG), komponen dalam teh hijau, membantu mengobati jerawat dengan memodulasi target molekul intraseluler dan menghambat bakteri jerawat.

Campur ¼ cangkir teh hijau dengan air. Gunakan bola kapas untuk mengoleskannya pada daerah yang berjerawat. Biarkan selama 10 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan ini dua kali sehari sampai Anda memiliki kulit bebas jerawat.

TERKAIT:  Tips Mencegah dan Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

5. Toner Kulit

Minuman populer ini juga bekerja sebagai toner alami untuk kulit yang akan membantu menarik keluar kotoran, mengurangi pori-pori besar dan menghasilkan kulit yang sehat berseri. Bahkan membantu menjaga kulit Anda terhindar dari dehidrasi, yang penting untuk kesehatan kulit.

Seduh 2 cangkir teh hijau dan biarkan hingga dingin. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial pilihan Anda. Tempatkan dalam botol semprot bersih. Semprotkan larutan pada wajah Anda atau terapkan dengan bola kapas dua kali sehari.

6. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Teh hijau mengandung jumlah tinggi antioksidan yang meningkatkan pertumbuhan rambut. Katekin di dalamnya memiliki 5-alpha-reductase menghambat sifat yang membantu blok DHT (dihidrotestosteron), salah satu penyebab utama rambut rontok.

Teh hijau bahkan bisa membantu pertumbuhan rambut baru dan mencegah masalah umum seperti kulit kepala kering dan ketombe. Sebuah studi 2005 yang diterbitkan dalam Journal of Medical Association Nasional menemukan bahwa polifenol dalam teh hijau membantu mencegah rambut rontok pada tikus.

Setelah mencuci rambut Anda, bilas dengan teh hijau yang baru diseduh dan telah dingin. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan ini 2 atau 3 kali seminggu selama beberapa bulan. Juga, minum 2 sampai 3 cangkir teh hijau setiap hari untuk mendapatkan rambut yang kuat dan indah.

7. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Teh hijau dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berbahaya (UV). Asam tannic, theobromine dan polifenol dalam teh hijau dapat membantu menenangkan dan menyembuhkan kulit yang terbakar matahari dengan menetralkan kerusakan dari paparan sinar UV.

Sebuah studi 2011 menemukan bahwa EGCG dalam teh hijau mencegah jenis kanker kulit yang disebut melanoma dengan menghambat gen yang mengaktifkan peradangan.

Seduh 2-3 cangkir teh hijau dan masukkan ke dalam lemari es selama beberapa waktu. Rendam kain lembut dalam teh dan dengan lembut menerapkannya ke daerah yang terbakar matahari. Ulangi 2 atau 3 kali sehari untuk menghilangkan rasa sakit dan kemerahan.

TERKAIT:  Jerawat Punggung, Salah Satu Penyebab Punggung Hitam

8. Membuat Rambut Berkilau

Teh hijau membuat rambut Anda berkilau dan melindungi rambut dari kerusakan akibat polusi dan produk yang keras. Tingginya tingkat panthenol dan vitamin E dan C membantu menjaga rambut.

Seduh 2 atau 3 kantong teh hijau dalam 4 cangkir air panas selama satu jam. Lepaskan kantong teh dan dinginkan. Basahi rambut dan kemudian bilas rambut dengan teh tersebut. Tunggu 10 menit, lalu cuci rambut dengan sampo. Bilas rambut Anda dengan air dingin. Gunakan obat ini 2 atau 3 kali seminggu.

9. Mengecilkan Pori-pori

Karena antioksidan di dalamnya, teh hijau dapat membantu mengecilkan pori-pori yang membesar yang cenderung tersumbat dan akhirnya terinfeksi dengan bakteri. Dengan demikian, akan membantu mengencangkan kulit Anda.

Seduh secangkir teh hijau dan biarkan dingin. Campur beberapa sendok teh dalam 2 sendok makan tanah liat bentonit atau tanah liat kosmetik untuk membuat pasta. Gunakan sebagai masker di wajah Anda dan biarkan hingga benar-benar kering. Dengan lembut gosok dan bilas wajah Anda dengan air hangat.

Disarankan juga untuk minum beberapa cangkir teh hijau setiap hari untuk menmbuang racun keluar dari tubuh Anda.

10. Mengelupas Kulit Mati

Tekstur kasar dari daun teh hijau kering membantu mengelupaskan kulit Anda untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati dan kotoran lainnya.

Campur 1 sendok makan teh hijau kering, 1 cangkir gula, ½ cangkir minyak zaitun extra-virgin dan 2 sendok makan madu mentah. Oleskan pada wajah dan / atau badan dan dengan lembut gosok dengan gerakan melingkar. Lalu, bilas dengan air hangat. Gunakan scrub wajah ini sekali atau dua kali seminggu.

Pilihan lain adalah dengan menyeduh 1 kantong teh hijau dalam 1/3 cangkir air. Biarkan hingga dingin. Masukkan 1 sendok makan teh hijau ini ke dalam mangkuk dan tambahkan 2 sendok makan gula. Gunakan campuran ini sebagai scrub kulit sekali atau dua kali seminggu.