Cara Mudah Menghilangkan Panu

Loading...

Salah satu masalah kulit selain jerawat yang sangat menjengkelkan adalah panu. Dalam dunia kedokteran, panu dikenal dengan istilah Pitriyasis versikolor.

Selain menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu, hadirnya panu di kulit juga dapat menyebabkan rasa percaya diri seseorang menjadi berkurang.

Panu sendiri merupakan jamur yang muncul pada permukaan kulit. Biasanya panu berwarna putih-putih.

Walaupun tidak berbahaya dan tidak menyebabkan kematian atau menjadi sebab penyakit berat lainnya, namun panu tentu saja akan membuat rasa percaya diri lenyap seketika. Apalagi jika panu muncul di area wajah, paha, lengan, betis ataupun area tubuh lainnya yang mudah terlihat.

Saat ini sendiri ada banyak sekali obat-obatan yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di toko-toko, apotek ataupun di mall.

Hanya saja terkadang pengobatan panu dengan obat-obatan modern kadang gagal dan memakan waktu yang cukup lama. Menghilangkan panu dengan menggunakan cara-cara alami tentu saja jauh lebih aman dan hasilnya biasanya lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan cara-cara yang non-alami.

Cara Mudah Menghilangkan Panu Secara Alami

Ada banyak ramuan yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan panu secara alami. Nah, di bawah ini kami akan membahas 2 ramuan herbal alami untuk mengatasi panu yang paling mudah Anda lakukan, yaitu:

Menghilangkan panu dengan menggunakan bawang putih

Cara menghilangkan panu dengan cara alami yang pertama adalah dengan memanfaatkan bawang putih. Caranya adalah sebagai berikut;

  • Siapkan satu suing bawang putih berukuran sedang lalu kupas dan bersihkan.
  • Iris tipis tipis bawang putih tersebut lalu gosokkan ke daerah kulit yang terdapat banyak panu
  • Lakukan cara ini minimal dua kali dalam satu hari

Cara Menghilangkan panu dengan lengkuas

Lengkuas atau yang juga dikenal dengan nama laja adalah salah satu rempah rempah yang bentuknya mirip dengan jahe, hanya saja tekstur laja jauh lebih kasar dan ukurannya pun jauh lebih besar.

Lengkuas bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan panu, terutama panu yang tumbuh di sekitar punggung. Caranya adalah sebagai berikut

  • Siapkan lengkuas sebesar kepalan tangan
  • Bersihkan lengkuas dari tanah dan kotoran lainnya
  • Potong dua bagian
  • Gosokkan potongan lengkuas tersebut ke bagian kulit yang terdapat banyak panu

Sangat mudah bukan? Tapi harap berhati hati saat menggosokan lengkuas ke kulit yang berpanu, jika terlalu keras, maka kulit akan terluka dan rasanya sangat perih bercampur gatal.

Cara Mencegah dan Mengatasi Panu

Selain menggunakan cara-cara alami yang telah kami sebutkan diatas, Anda juga bisa menghilangkan panu dan mengantisipasi tumbuhnya panu di kulit Anda dengan cara cara dibawah ini;

Jaga kesehatan dan kebersihan tubuh

Panu sendiri merupakan jamur yang berkembang di kulit. Dengan tumbuhnya panu di kulit Anda, maka sudah dapat dipastikan bahwa kebersihan kulit Anda kurang diperhatikan.

Rajin mandi bukan jaminan Anda akan terbebas dari panu. Sebelum mandi, perhatikanlah kebersihan dari air yang Anda gunakan untuk mandi. Anda juga sangat dianjurkan untuk memilih sabun mandi yang tepat untuk kulit Anda.

Gunakan peralatan mandi sendiri

Jangan biarkan peralatan mandi Anda digunakan oleh orang lain. Anda juga disarankan untuk tidak menggunakan peralatan mandi milik orang lain, baik itu sabun, shampoo maupun handuk.

Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat bisa membantu Anda dalam mengatasi panu dan sekaligus membantu Anda menghindarkan diri dari panu.

Jangan mandi ketika sedang berkeringat

Selain sangat buruk untuk kesehatan, mandi dalam kondisi tubuh yang masih berkeringat juga bisa menyebabkan panu dan jamur tumbuh lebih subur di kulit tubuh Anda. Tunggulah keringat di badan Anda turun dan suhu tubuh juga reda sebelum Anda mandi.

***

Itulah beberapa tips dan cara alami untuk menghilangkan panu atau jamur di badan Anda, semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *