Hati Hati, 7 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Anda Gagal Diet

Loading...

Memiliki bentuk tubuh yang ideal adalah impian setiap orang, baik wanita mau pun pria. Sayangnya, mendapatkan tubuh sesuai yang diinginkan tidaklah mudah.

Salah satu cara yang paling umum dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal adalah diet. Terutama bagi mereka yang merasa berat tubuhnya di atas rata-rata, diet adalah cara yang paling sering dilakukan.

Diet identik dengan usaha menurunkan berat badan dengan mengurangi porsi makan. Dalam beberapa kasus, diet memang sukses menurunkan berat badan. Akan tetapi, diet yang salah justru dapat berakibat naiknya berat badan, menjadi sakit dan lain sebagainya.

Perlu diketahui bahwa diet bukanlah semata-mata mengurangi porsi makan atau bahkan melewatkan waktu makan. Diet haruslah diimbangin dengan olah raga dan mengganti asupan dengan yang lebih sehat.

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang sering dilakukan dan menggagalkan diet Anda.

Makan Terburu-buru

Makan terlalu cepat seperti tidak mengunyah makanan dengan cukup adalah salah satu kebiasaan yang dapat membuat gagal diet.

Hal ini karena tubuh akan membutuhkan usaha lebih dan waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan dan lemak.

READ:  Cara Menghilangkan Koreng di Kaki

Makanlah dengan tidak terburu-buru atau ganti makanan Anda dengan makanan yang teksturnya lebih lembut.

Ngemil Larut Malam

Salah satu kebiasaan yang dapat menggagalkan diet adalah gemar ngemil larut malam. Hal ini biasanya disebabkan oleh pengurangan porsi makan yang berlebihan sehingga Anda merasa lapar saat larut malam.

Hindari makan larut malam, terlebih makanan yang manis dan berlemak karena tubuh akan memiliki lebih sedikit waktu untuk mencerna makanan dan lemak sehingga berat tubuh Anda malah bertambah.

Kualitas Tidur yang Buruk

Kurangnya jam tidur dan kualitas tidur yang buruk dapat menjadi salah satu penyebab gagal diet. Mengapa demikian? Kurangnya tidur dapat meningkatkan hormon lapar dan menurunkan hormon kenyang.

Dengan kurang tidur, kita justru akan menjad lapar dan makan makanan dengan porsi yang lebih banyak.

Kurang tidur juga membuat kita sering lelah sehingga menjadi malas bergerak dan berolah raga.

Malas Berolahraga

Diet tanpa diimbangi olahraga tidak akan menghasilkan apa-apa. Olahraga sangat baik untuk mengumbah lemak menjadi otot dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Olahraga setidaknya 30 menit sehari dapat membakar kalori dalam tubuh dan membentuk otot sehingga tubuh tampak lebih sehat.

Mulailah dari olahraga ringan seperti jalan cepat, berlari atau rutin pergi ke gym. 

Malas Minum Air Putih

Mungkin ada yang berusaha mengurangi porsi makan dan minum, termasuk minum air putih. Padahal, minum air putih minimal 8 gelas sehari dapat membantu tubuh mencerna makanan dan menyerap lemak lebih baik.

READ:  Kenali Tanda-tanda dan Kebiasaan Diet yang Salah

Melewati Sarapan

Diet dengan melewatkan sarapan? Cara tersebut sangatlah tidak sehat karena justru akan membuat Anda cepat lapar di siang hari dan makan dengan porsi yang lebih besar.

Jangan lewatkan sarapan dan jika perlu ganti sarapan Anda dengan sarapan sehat yang mengandung banyak serat seperti oatmeal dan buah-buahan.

Tidak Mengontrol Berat Badan

Banyak orang melakukan diet agar kurus. Padahal, diet yang baik bukanlah menurunkan berat tubuh dengan drastis, namun membuat tubuh tidak melebihi berat badan ideal.

Kontrol dan selalu pantau berat badan Anda selama program diet agar tidak melampaui batas ideal. Jika perlu, konsultasikan dengan pakar kesehatan jenis diet apa yang tepat untuk Anda karena tidak semua cara diet cocok bagi semua orang.

***

Diet memang tidaklah mudah, namun jika diet yang Anda lakukan dibarengi kebiasaan-kebiasaan yang menyehatkan, maka diet akan berhasil dan bentuk tubuh ideal pun akan Anda dapatkan.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *