Tips Merawat Rambut Agar Tidak Berketombe

Loading...

Ketombe merupakan pengelupasan kulit mati yang terjadi pada kulit kepala. Ketombe terkadang membuat Anda tidak percaya diri dan memilih untuk tidak menggerai rambut agar ketombe tidak terlihat.

Ada banyak penyebab munculnya ketombe. Salah satunya adalah kondisi rambut yang kusam serta kumal karena jarang keramas. Jarang keramas menyebabkan rambut kotor dan ketombe pasti akan mudah muncul.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk rajin keramas secara rutin, tetapi jangan terlalu sering. Keseringan keramas bisa berakibat kurang baik untuk kesehatan rambut, karena bahan kimia yang terdapat pada shampoo akan sering menempel pada rambut.

Ketombe juga bisa muncul apabila kurang asupan gizi pada rambut atau karena faktor genetika. Rambut juga sebaiknya tidak sering berkeringat karena keringat berlebihan pada kepala bisa memicu munculnya ketombe. Selain itu, penyebab munculnya ketombe di kepala Anda yang lain yaitu karena ketidakseimbangan hormon.

Ketombe juga mudah muncul jika shampoo yang Anda gunakan tidak cocok dengan jenis rambut Anda. Sebaiknya gunakan shampoo yang tepat karena bisa saja Anda memiliki alergi pada jenis shampoo tertentu dan rentan menimbulkan ketombe.

Berikut ini adalah beberapa tips merawat rambut agar tidak berketombe yang bisa Anda coba, antara lain:

Bersihkan Rambut Secara Teratur

Kebersihan rambut dapat membantu melancarnya sirkulasi darah pada kulit kepala. Rambut yang bersih juga dapat membantu mengurangi stres dan membantu jaringan metabolisme agar tetap tumbuh dan berkembang secara normal.

Pilih Shampoo Yang Tepat

Disarankan membeli shampoo berkualitas baik yang mampu menghilangkan sisik kepala, minyak, dan membuat rambut Anda jadi lebih lemas, gampang disisir, serta tidak mudah kusut. Ada banyak pilihan shampoountukAnda gunakan.

Pilah-Pilih Sisir

Gunakan sisir yang bergigi renggang dan sikat rambut yang tidak terlalu tajam. Sisiri rambut Anda secara lembut. Jika tidak  rambut Anda malah rusak dan rontok.

Kesehatan rambut sangat erat kaitannya dengan pemilihan sisir yang tepat. Sisir yang kurang baik akan mudah menyebabkan rambut Anda rusak atau rontok.

Hindari penggunaan sisir berbahan nilon karena berisiko menyebabkan rambut Anda mudah patah. Jangan lupa bersihkan sikat dari sisa rambut yang tersangkut kemudian cuci dengan air hangat sampai bersih.

Gunting Rambut

Guntinglah rambut Anda secara teratur. Memotong rambut berguna agar ujung-ujung rambut tetap sehat, tidak bercabang, mudah patah, serta menjaga kelembaban rambut agar tidak kering.

Konsumsi Makanan Bergizi

Kurangnya asupan protein serta vitamin dapat membuat rambut rontok, kusam, kemerahan, berketombe, dan akhirnya rontok. Perlu Anda ingatvitamin dan zat gizi berperan dalam menunjang kekuatan serta kesehatan rambut.

Vitamin B kompleks misalnya, apabila asupannya kurang dapat menyebabkan rambut kusam, sertamenyebabkan ketombe akan mudah tumbuh subur. Sedangkan vitamin C dapat menjaga kesehatan akar rambut. Akar rambut berperan penting dalam kesehatan rambut secara keseluruhan. Karena lewat akar rambutlah semua zat gizi diserap dan disalurkan ke rambut.

Ikat Rambut Saat Berolahraga

Olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan. Tetapi aktivitas tersebut juga berpotensi merusak rambut. Jika rambut Anda panjang, ikatlah dan jepit ke atas. Pastikan rambut itu tidak menghalangi gerakan dan pandangan Anda.

Penggunaan bando atau ikat rambut juga bisa menjadi solusi. Selain tampil lebih gaya rambut Anda pun lebih terjaga. Jika menggunakan penutup kepala pilih yang cepat menyerap keringat agar keringat tidak menumpuk di kulit kepala Anda.

###

Nah, demikianlah sejumlah tips dan cara merawat rambut agar tidak berketombe. Selamat mencoba!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *