Perut Kram saat Haid? Ini 7 Tips untuk Mengatasinya!

Loading...

Bagi para wanita, kram perut saat hari pertama atau selama masa haid adalah hal yang normal. Meskipun demikian, kram perut tentu menjadi hal yang sangat mengganggu aktivitas. Tak jarang rasa kram pada perut membuat wanita tak bisa melakukan aktivitas sehari-hari mereka dan hanya dapat berbaring di tempat tidur.

Nyeri haid memang tak mudah disembuhkan dengan cepat, namun demikian ada beberapa tips untuk mengurangi rasa kram tersebut.

Perbanyak Minum Air Putih

Kita dianjurkan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas per hari, begitu pula saat haid, terkadang rasa nyeri yang datang membuat kita malas untuk melakukan apa-apa. Namun demikian, usahakan untuk memperbanyak asupan air putih terutama air putih hangat.

Air hangat dapat melancarkan peredaran darah dan membantu otot menjadi relaks. Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air sebagai pengganti air putih seperti semangka, apel, selada, pepaya dan sebagainya.

Konsumsi Makanan yang Mengurangi Rasa Kram

Saat haid, mungkin wanita merasa perutnya sebah atau mual sehingga malas makan. Akan tetapi, ada beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat haid karena dapat mengurangi rasa sakit.

READ:  Khasiat Epsom Salt Bagi Kecantikan Wanita

Salah satunya adalah makanan yang mengandung kalsium karena kalsium dapat membantu mengurangi kram otot. Beberapa makanan yang mengandung kalsium adalah makanan berbahan susu, kacang-kacangan seperti almond, sayuran berdaun hijau dan makanan yang mengandung biji wijen.

Makanan lain yang juga dapat mengurangi rasa kram adalah rempah-rempah seperti kayu manis, kunyit dan jahe yang kaya akan serat, kalsium dan zat besi. Anda dapat mengonsumsinya dalam makanan atau minuman hangat.

Hindari Makanan yang Memperparah Rasa Kram

Jika Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang dapat mengurangi rasa kram, sebaiknya hindari makanan yang justru dapat memperparah rasa kram, seperti makanan yang mengandung banyak minyak (berlemak), minuman beralkohol, soda dan kafein.

Kompres dengan Air Hangat

Cara ini sebenarnya cukup sering dianjurkan karena memang terbukti dapat mengurangi kram pada perut saat haid. Kompres bagian pinggang atau bagian bawah perut Anda dengan handuk yang sudah direndam air hangat, pengompres berbahan karet atau Anda dapat membuat kantung hangat dari kain.

READ:  Cara Menyimpan Produk Kecantikan yang Benar

Caranya cukup mudah, dengan mengisi kantung berbahan kain dengan beras lalu panaskan di microwave selama beberapa menit. Letakkan pada bagian yang terasa kram dan lambat laun rasa kram akan berkurang.

Berolahraga

Saat haid, tak jarang tubuh terasa kaku dan sulit beraktivitas seperti biasanya. Namun rasa kram sebenarnya dapat dikurangi justru dengan berolahraga ringan. Anda dapat melakukan yoga, atau berjalan-jalan sehingga peredaran darah menjadi lancar dan dapat mengurangi rasa kram.

Konsumsi Obat Penghilang Rasa Nyeri

Jika perut terasa kram dan rasa sakitnya bertambah parah, tak ada salahnya meminum obat penghilang rasa nyeri atau pain killer untuk meredakan rasa sakit.

Akan tetapi, pastikan untuk membaca aturan pemakaiannya dan tidak mengonsumi melebihi dosis yang dianjurkan.

Beberapa obat-obatan penghilang rasa nyeri yang dapat Anda konsumsi adalah Acetaminophen, Ibuprofen, Naproxen dan Aspirin. 

Periksa ke Dokter

Jika rasa kram dirasa semakin parah dan tetap berlanjut setelah haid selesai, sebaiknya segera periksakan ke dokter, terlebih jika Anda juga merasa demam, agar mendapat perawatan lebih lanjut.

***

Itulah beberapa tips untuk mengurangi rasa kram saat haid. Semoga bermanfaat.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *