Tips dan Cara Alami Mengatasi Karang Gigi

Loading...

Gigi merupakan aset berharga yang harus selalu kita jaga. Tanpa adanya gigi, kita tidak akan pernah merasakan nikmatnya makan, mengigit, serta mengunyah.

Bisa anda bayangkan jika gigi anda telah rusak, maka rasa nikmat itu akan hambar dan hilang. Kendala yang sering terjadi saat ini yakni masalah karang gigi yang banyak dianggap sepele oleh kebanyakan orang.

Pendidikan mengenai kesehatan gigi hingga saat ini masih belum tersebar merata ke semua kalangan masyarakat, baik yang memiliki pendidikan rendah maupun yang berpendidikan tinggi.

Masyarakat yang terdidik saja masih belum paham dengan cara merawat gigi yang benar dan baik serta belum paham mengenai cara mengatasi karang gigi yang efektif dan efisien, apalagi bagi kalangan yang pendidikannya masih kurang.

Nah, bagaimana jika permasalahan kesehatan gigi anda sudah masuk dalam tahap yang lebih serius, yakni munculnya karang gigi yang sangat menganggu kesehatan gigi dan penampilan anda?

Tips dan Cara Alami Mengatasi Karang Gigi

Karang gigi terbentuk karena adanya kotoran dalam mulut yang menempel pada gigi. Jika dibiarkan akan terbentuk karang gigi, lama-kelamaan karang gigi akan mengeras dan membatu sehingga akan sulit untuk dibersihkan meski sudah sering menggosok gigi.

Karang gigi juga bisa membuat gigi menjadi kuning, juga akan terlihat kotor dan jelek. Karang gigi tidak hanya mengganggu kesehatan gigi, tetapi juga mempengaruhi penampilan, apalagi disaat kita ngobrol dan tertawa, hal ini tentu akan membuat kita merasa malu.

Bagi anda yang menginginkan gigi yang putih, bersih, dan tanpa karang gigi. Berikut tips dan cara mengatasi karang gigi secara alami,  mudah, dan murah:

Menyikat Gigi

Sikatlah gigi anda dengan baik dan benar, minimal dua kali dalam sehari. Jangan lupa membersihkan bagian gusi. Gunakan pasta gigi yang dapat membantu mengurangi karang gigi.

Gunakan Biji Asam Kawak

Biji Asam Kawak tidak hanya berfungsi mengatasi karang gigi, tapi juga ampuh menghilangkan dan membersihkan karang gigi. Cara menggunakannya yakni sangrai biji asam kawak, lalu haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Bubuk dari biji asam ini yang akan digunakan untuk menggosok karang gigi tersebut, bisa dengan bantuan kapas atau sikat gigi.

Konsumsi Buah Apel

Mengonsumsi apel tanpa mengupas kulitnya akan membantu membersihkan karang gigi. Juga akan melindungi gigi dari plak. Konsumsilah secara rutin untuk hasil yag maksimal.

Gunakan Cengkeh

Cengkeh bisa digunakan untuk membersihkan dan menghilangkan karang gigi. Caranya yakni ambil cengkeh sebanyak 7 buah, tumbuk hingga halus, lalu gunakan untuk menggosok gigi. Bubuk cengkeh tersebut bisa pula dgunakan untuk berkumur-kumur.

Gunakan Batu Merah

Caranya, batu merah dihaluskan higga menjadi bubuk, lalu gosokkan pada karang gigi, kemudian bersihkan, ulangi hingga tiga kali.

Minum Air Putih

Rajinlah minum air putih secara teratur, air putih tersebut juga dapat anda gunakan untuk berkumur-kumur.

Bersihkan Sisa Makanan

Rajinlah membersihkan sisa-sisa makanan yang  sering menempel pada sela-sela gigi. Sisa makanan yang tertinggal dalam waktu yang lama, merupakan salah satu penyebab terjadinya karang gigi.

Gunakan Pembersih Mulut

Berkumur-kumur dengan cairan pembersih mulut dapat membantu mencegah timbulnya plak pada gigi.

Makan Buah dan Sayuran

Rajinlah makan buah dan sayuran, karena pada buah dan sayur terdapat banyak serat yang dapat membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang sering menempel pada gigi maupun gusi.

###

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi karang gigi secara alami yang mudah, aman, dan murah meriah tanpa perlu ke dokter gigi. Semoga bermanfaat.

Loading...

2 Komentar Pembaca untuk “Tips dan Cara Alami Mengatasi Karang Gigi

  1. Saya ingin konsultasi dgn msalah ggi sya yg berkerang ..
    Hampir smua ggi saya trkena kerang,apakah kerang yg mnmpel d ggi saya bisa hilang tlong bntu sya..
    Saya sesdah mkan sllu gosok ggi

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *