Cara Menghilangkan Bintik Merah Pada Kulit Pipi Bayi

Bintik Merah Pada Pipi BayiTerdapat banyak faktor penyebab terjadinya bintik merah pada pipi bayi dan tentunya cara menghilangkan bintik merah tersebut juga akan berbeda.

Dalam menangani kasus yang terjadi pada kulit bayi harus sangat berhati-hati mengingat kulit bayi sangat sensitif, tipis dan rentan terhadap alergi, iritasi ataupun infeksi.

Jika membahas masalah bintik merah pada pipi bayi anda bisa saja terjadi karena faktor alergi. Hal ini bisa terjadi karena secara struktur, kelenjar minyak pada kulit bayi belum tumbuh secara sempurna.

Mengingat pentingnya mengetahui kesehatan dan gejala kelainan yang terjadi pada kulit bayi, maka kami mencoba untuk membahas secara keseluruhan tentang masalah dan penyebab serta cara menangani bintik-bintik merah pada kulit bayi dari sisi medisnya.

Bintik merah pada pipi bayi kadang disebabkan karena faktor dari dalam diri bayi maupun faktor luar. Perubahan cuaca, cuaca yang ekstrim, debu dan udara yang lembab merupakan faktor luar yang paling dominan mempengaruhi kulit bayi. Bintik merah pada pipi bayi terasa gatal sehingga membuat bayi anda rewel dan sering menangis.

Bingung mencari cream pemutih wajah yang komposisinya paling lengkap, aman dan nyaman digunakan serta terdaftar resmi di Badan POM? Klik di sini untuk mendapatkan jawabannya!

Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya bintik-bintik merah pada pipi bayi dan cara menanganinya:

Jerawat Pada Pipi Bayi

Jerawat pada pipi bayi terkadang kelihatan sebagai bintik-bintik merah. Hal ini biasanya terjadi akibat pengaruh sisa hormon yang berasal dari rahim ibu. Gangguan jerawat ini juga bisa tumbuh di dagu dan dahi. Biasanya jerawat ini bisa menghilang dalam rentang 3 bulan. Usahakan menggunakan handuk yang lembut agar jerawat tersebut tidak menimbulkan infeksi dan iritasi.

Eksim (Eksim Susu)

Meskipun namanya eksim susu, tapi penyebabnya bukan karena faktor ASI. Hal ini disebabkan karena faktor alergi bawaan dari sang bayi. Eksim susu bisa menimbulkan bentukan bintik-bintik merah pada pipi bayi. Jika hal ini terjadi pada bayi Anda, maka jangan biarkan cairan apapun menempel pada pipi bayi dalam jangka lama karena dapat menimbulkan reaksi yang menyebabkan iritasi.

Infeksi Virus

Beberapa jenis virus bisa menginfeksi kulit pipi bayi dan menimbulkan peradangan dan terbentuknya bintik-bintik merah. Infeksi virus dapat menyebabkan penyakit menular roseola infantum melalui percikan ludah penderita. Gejala umumnya bisa berupa demam tinggi pada bayi kemudian mereda dan menimbulkan bintik merah pada kulit bayi.

Walaupun virus herpes tipe 6 dan 7 ini berasal dari keluarga virus herpes tapi tidak menyerang pada alat kelamin ataupun rongga mulut, hanya daerah kulit bayi saja, termasuk pipi. Jika bayi Anda terserang penyakit ini, maka kompres badan bayi dengan air hangat dan jangan memandikannya dengan air dingin.

Ruam Popok

Ruam popok ini mempunyai ciri seperti munculnya bintik-bintik kecil yang melepuh dan pecah. Hal ini rentan menyebabkan infeksi pada kulit bayi anda. Cara menanganinya adalah dengan memilih popok yang berkualitas baik, menggunakan popok bayi yang sesuai ukuran untuk mencegah gesekan.

Biang Keringat

Biang keringat juga bisa membuat bintik merah pada pipi bayi, hal ini di sebabkan karena terjadinya sumbatan pada pori-pori bayi. Cara menanganinya adalah dengan menggunakan pakaian bayi yang mudah menyerap keringat dan menjaga sirkulasi udara dalam kamar bayi.

Nah, beberapa cara menghilangkan bintik merah pada pipi bayi dengan beberapa saran di atas kami rasa cukup efektif untuk Anda lakukan saat ini. Jangan menggunakan obat atau bedak tertentu tanpa sepengetahuan dokter anak Anda, hal ini untuk mencegah tingkat keparahan iritasi pada kulit bayi anda.

6 Komentar

Berikan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *