Cara Menghilangkan Panu di Badan

Penyakit Panu di BadanCara menghilangkan panu di badan, tangan, leher, punggung atau pada bagian wajah Anda adalah hal yang memang perlu diketahui dengan baik. Sebagaimana diketahui, penyakit panu adalah penyakit yang menular, bisa melalui kontak langsung maupun melalui perantara. Penyakit panu disebabkan oleh Jamur.

Gejala yang paling utama dirasakan adalah rasa gatal yang muncul apalagi jika bercampur dengan keringat. Selain itu, warna putih dan coklat dengan permukaan bersisik atau berdebu pada saat di garuk merupakan ciri khusus panu.

Penyakit panu juga bisa ditandai dengan munculnya bercak-bercak bulat yang lama kelamaan semakin melebar dengan penyebaran yang tidak menentu pada permukaan kulit.

Penyakit panu merupakan penyakit yang sangat mengganggu dan memalukan, apalagi jika muncul pada permukaan kulit yang terbuka, misalnya di lengan atau di bagian wajah.

Nah, yang paling penting diketahui sebelum kita membahas bagaimana cara menghilangkan panu adalah seputar tips dan cara mencegah terjadinya serangan panu di badan.

Cara Mencegah Panu di Badan

  1. Menjaga kebersihan pribadi seperti mandi dengan air bersih minimal dua kali sehari  dengan menggunakan sabun mandi yang mengandung anti septik.
  2. Jangan menggunakan pakaian orang yang terserang penyakit panu, termasuk handuk dan sebagainya.
  3. Jangan mandi pada saat anda sedang berkeringat, usahakan keringat sudah mengering sebelum anda  mandi.
  4.  Mencuci dan membersihkan muka pada  malam hari sebelum anda tidur dengan menggunakan sabun pembersih.

Cara Menghilangkan Panu di Badan

Ada sejumlah cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan panu di badan, antara lain:

  • Mengobati dengan obat anti jamur baik, itu dengan menggunakan salep,  obat  tablet  maupunobat oles yang berbentuk cair.
  • Mengobati panu dengan mengolesi bawang putih sebelum anda mandi.
  • Mengobati panu dengan mengolesi  lengkuas sebelum anda pergi mandi. Caranya dengan memotong salah satu ujung dari lengkuas kemudian gosokkan bagian yang terpotong tadi pada bagian tubuh atau badan. Lakukan hal ini setiap dua kali sehari secara rutin.
  • Menggunakan getah daun jarak. Petik daun  jarak, lalu olesi pada kulit yang terserang panu, lakukan hal tersebut secara rutin minimal 2 kali sehari.
  • Menggosokkan ramuan daun sirih pada area badan yang terserang panu.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan panu di badandengan ramuan herbal alami. Selain pengobatan secara alami, panu juga dapat diobati melalui pengobatan medis dengan menggunakan obat-obatan topikal atau sistemik, tergantung dari jenis panu dan penyebabnya.

Untuk mendapatkan pengobatan panu secara tepat, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terdekat. Ingat, pengobatan panu dengan menggunakan obat-obatan panu yang tidak tepat sasaran justru bisa menyebabkan penyebaran panu yang lebih banyak.

Semoga informasi ini banyak manfaatnya untuk Anda. Sehat selalu!





  • Devi silviani

    Terimakaziih byk ya attasz info nya ,, membantu baget