5 Mineral Penting Bagi Tubuh dan Fungsinya

Loading...

5 Mineral Penting Bagi Tubuh dan Fungsinya

DOKTERCANTIK.COM – Mineral adalah zat gizi yang dibutuhkan untuk proses dan berkembangnya tubuh seseorang. Ada dua macam mineral, yaitu makro mineral dan mikro mineral.

Makro mineral ialah mineral yang terdapat pada tubuh lebih dari 0.01% dari berat badan dan dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah lebih dari 100 mg/hari seperti Ca (kalsium), P (fosfor), Na (natrium), K (kalium), Cl (klorida), dan S (sulfur).

Sedangkan mineral mikro terdapat pada tubuh dan kurang dari 0.01% berat tubuh dan hanya dibutuhkan dalam jumlah kurang dari 100 mg/hari seperti besi (Fe), tembaga (Cu), iodine (I2), zinc (Zn), kobalt (Co), dan Se (selenium).

Mineral memiliki berbagai macam jenis dan fungsi yang berbeda pada tubuh. Apa saja jenis dan fungsi mineral tersebut? Nah, berikut adalah penjelasan mengenai 5 mineral penting bagi tubuh dan manfaatnya masing-masing.

Kalsium (Ca)

Kalsium bermanfaat untuk tubuh dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga bermanfaat untuk proses kontraksi dan relaksasi otot, pembekuan darah, dan sistem imunitas.

Agar kebutuhan harian kalsium kamu terpenuhi, konsumsi 2 gelas susu setiap harinya. Selain susu, konsumsi juga sayuran yang mengandung kalsium seperti kangkung, daun singkong, bayam, daun pepaya, daun kacang panjang, brokoli. Biasanya, sayuran yang mengandung kalsium ialah sayuran yang berwarna hijau.

Fosfor (P)

Proses mineralisasi tulang dan gigi terjadi karena adanya fosforus. Kadar keseimbangan pH darah pada tubuh juga diatur oleh posfor. Orang yang kekurangan fosfor akan merasa bahwa ototnya lemah.

Bahkan, jika gejala lemahnya berlebihan, bisa mengakibatkan terjadinya proses kalsifikasi (pengerasan) pada organ-organ tubuh yang tidak seharusnya seperti ginjal. Konsumsi berbagai makanan yang mengandung posfor, seperti daging, ikan, unggas, telur dan susu.

Natrium (Na)

Natrium atau sodium adalah nutrisi yang befungsi untuk menjaga keseimbangan cairan pada tubuh dan mengatur tekanan osmotik agar cairan tidak keluar dari darah dan masuk ke dalam sel.

Selain itu, natrium juga memiliki peran dalam transmisi sara, kontraksi otot, absorpsi glukosa, dan sebagai alat angkut zat-zat gizi melalui membran sel. Natrium bekerja sama dengan kalium dalam menjaga keseimbangan tubuh.

Kalium atau Potassium (K)

Kalium bekerja sama dengan natrium dalam memelihara keseimbangan cairan dan eletrolit serta keseimbangan asam-basa di dalam tubuh.

Kalium juga berperan dalam transmisi saraf dan rekasasi otot serta sebagai katalisator dalam banyak reaksi biologik, terutama dalam metabolisme energi, sintesis glikogen, dan protein.

Untuk memenuhi asupan kalium pada tubuh, dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, semangka, pisang, sayuran hijau, tomat, kentang, kacang polong, dan wortel.

Sulfur (S)

Mineral yang terakhir adalah sulfur atau S. sulfur memiliki fungsi sebagai penyeimbang oksigen untuk fungsi otak. Bahkan, sulfur bekerja sama dengan vitamin B dalam memperlancar metabolisme dalam tubuh dan membantu melawan infeksi akibat bakteri.

Sulfur bisa didapat dengan mengonsumsi kacang-kacangan, bawang putih, bawang bombay, dan kubis-kubisan. Oke, itu dia penjelasan mengenai macam-macam yang dibutuhkan tubuh serta fungsinya bagi tubuh kamu.

***

Demikianlah penjelasan seputar fungsi dan manfaat 5 mineral penting bagi tubuh. Sebenarnya masih banyak mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi karena keterbatasan ruang kami belum bisa menjelaskannya di sini.  Pada artikel selanjutnya, kami akan membahas mineral penting lainnya bagi tubuh kita.

Salam sehat dan cantik!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *