Kenali Bahaya dan Cara Mengobati Asam Lambung

Loading...

Penyakit asam lambung tidaklah asing di telinga kita. Penyakit yang menyerang bagian lambung dan biasa kita sebut penyakit maag ini memiliki beberapa gejala seperti rasa perih dan panas pada lambung, bagian atas perut yang terasa kram, mual hingga muntah.

Penyakit asam lambung tentu sangat mengganggu aktivitas karena saat rasa sakit menyerang, tidak banyak yang dapat kita lakukan kecuali berbaring dan segera meminum obat yang dapat meredakan rasa perih dengan cepat.

Meskipun terdengar sebagai penyakit yang ‘biasa’, penyakit asam lambung tidak dapat kita sepelekan karena bahayanya yang cukup besar dan resiko yang cukup serius bagi kesehatan kita.

Penyakit lambung pada dasarnya disebabkah oleh tingginya asam lambung sehingga terjadi luka pada dinding lambung. Asam lambung sebenarnya dihasilkan secara alami untuk membantu proses pencernaan dan membunuh bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Akan tetapi, asam lambung yang terlalu banyak akan menyerang dinding lambung sehingga menimbulkan rasa perih.

Gejala yang paling mudah dikenali dari penyakit asam lambung adalah rasa perih pada lambung, Akan tetapi, asam lambung juga dapat menyebabkan penyakit pada bagian tubuh lainnya. Berikut adalah beberape contohnya.

READ:  Ini Dia Daftar Makanan Pereda Stress

Nyeri Ulu Hati

Nyeri ulu hati yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Heartburn adalah rasa perih yang dirasakan di bagian dada atau tenggorokan.

Hal ini disebabkan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan melalui saluran mulut ke perut. Rasa perih yang ditimbulkan membuat kita membungkuk dan berkeringat dingin. Nyeri ulu hati biasanya dapat diobati dengan meminum obat-obatan yang mudah dibeli di apotek dan dapat diatasi dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Meskipun demikian, jika nyeri ulu hati masih terasa meskipun sudah meminum obat, sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter untuk menghindari kondisi yang lebih serius.

Kerusakan Gigi

Asam lambung yang naik dari lambung ke tenggorokan dan mulu juga dapat menyerang gigi. Akibatnya, email gigi dapat terkikis dan menimbulkan kerusakan.

Jika Anda memiliki kondisi gigi yang tidak baik meskipun sudah melakukan perawatan area mulut yang maksimal, ada gunanya memeriksakan kondisi lambung Anda, karena asam lambung dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Radang Tenggorokan

Asam lambung yang dapat menjalar hingga ke saluran tenggorakan dapat menimbulkan radang hingga infeksi tenggorokan. Penyakit ini dikenal dengan istilah esofagitis, yaitu kondisi dimana cairan asam lambung menimbulkan iritasi lapisan esofagus.

READ:  Tips Melembabkan dan Menyegarkan Kulit Ketika Berpuasa

Gejala yang dirasakan adalah rasa sakit saat menelan dan kerongkongan yang terasa sempit akibat bengkak.

Dalam kasus yang lebih serius, bahaya penyakit asam lambung terhadap tenggorokan yang dibiarkan tanpa pengobatan dapat menyebabkan kanker kerongkongan. Oleh sebab itu, segera periksakan ke dokter jika Anda mengalami penyakit asam lambung terus menerus.

Gangguan Pernapasan

Bagi penderita asma atau gangguan pernapasan lainnya, penyakit asam lambung dapat membuat gangguan pernapasan yang lebih parah.

Begitu banyak penyakit lainnya yang dapat ditimbulkan oleh penyakit asam lambung. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kondisi tubuh dengan baik agar terhindari dari sakit asam lambung.

Ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk mengurangi resiko penyakit asam lambung, Berikut diantaranya.

Menjaga Gaya Hidup Sehat

Menjaga gaya hidup yang sehat memiliki peran yang besar untuk menjaga kesehatan lambung. Meskipun terdengar biasa saja, gaya hidup yang tidak sehat dalam meningkatkan resiko penyakit asam lambung.

Beberapa kebiasaan hidup sehat yang dapat kita lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Berolah raga secara teratur, setidaknya 30-60 menit per hari. Pilih olah raga ringan atau yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.
  • Hindari kebiasaan merokok dan alkohol yang beresiko meningkatkan asam lambung.
  • Minum air putih setidaknya 6-8 gelas per hari.
  • Hindari stress karena stress ternyata dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga meningkatkan resiko penyakit asam lambung.
READ:  Cara Membuat Lulur Tradisional Untuk Memutihkan Wajah Secara Alami

Menjaga Pola Makan

Penyakit asam lambung cukup besar dipengaruhi oleh pola makan seseorang, baik dari pilihan makanan hingga pola waktu makan. Oleh sebab itu, menjaga pola makan menjadi sangat penting untuk terhindar dari penyakit asam lambung.

Hindari beberapa makanan yang sebaiknya dihindari, seperti:

  • Makanan yang sangat berminyak
  • Makanan dengan kandungan lemak berlebih
  • Makanan yang terlalu asam
  • Makanan yang terlalu pedas
  • Makanan atau minuman yang mengandung alkohol
  • Makanan atau minuman yang mengandung soda

Selain itu, usahakan untuk makan secara teratur yaitu dengan menjaga pola waktu makan agar tidak terlambat.

Itulah penjelasan bahaya asam lambung dan cara untuk menghindarinya. Jaga kesehatan lambung Anda, konsumsi obat-obatan yang sesuai untuk meredakan jika sakit asam lambung menyerang dan jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari penyakit lainnya yang lebih serius.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *