5 Tips Mendapatkan Tidur Berkualitas

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Pola tidur bisa mempengaruhi kesehatan dan kecantikan seseorang. Tidur nyenyak akan berdampak baik bagi tubuh dan begitu sebaliknya.

Pelupa, kesehatan kulit, menurunnya gairah seks, konsentrasi yang kurang, stroke, diabetes dan penyakit jantung merupakan beberapa efek yang ditimbulkan karena kurang tidur.

Menurut seorang ahli penyakit dalam dan obat tidur di Evanston, Illionois bernama Lisa Shives mengungkapkan bahwa setidaknya 50 persen orang depresi karena memiliki masalah insomnia.

Neurotransmitter yang berperan dalam siklus bangun tidur berhubungan dengan hormon suasana hati misalnya serotonin. Jika Anda sering murung sebaiknya temui psikolog dan konsultasikan apakah murung yang Anda alami akibat kurang tidur atau sebaliknya,” kata Shives

Jika dilihat dari segi kecantikan, beberapa efek yang bisa Anda temui yaitu: kulit kering, mata panda, jerawat dan berminyak, penuaan dini, dan kenaikan berat badan. Inilah alasan kenapa mulai sekarang Anda perlu memperhatikan pola tidur.

Waktu tidur normal yang dibutuhkan oleh setiap orang adalah sekitar 7 jam setiap malamnya, ini sesuai dengan penelitian yang dipresentasikan di depan British Sleep Society (organisasi professional yang fokus pada masalah tidur).

Namun, pada kenyataannya banyak orang dengan berbagai alasan tertentu tidak bisa menikmati tidurnya dengan nyenyak. Apakah dia memang susah mengantuk atau sering terjaga. Jika demikian keadaannya, maka akan berdampak pada kesehatan dan kecantikan Anda.

Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas, beberapa kiat berikut akan berguna:

Perhatikan kondisi kasur

Coba cek kondisi kasur Anda, bisa jadi kasurlah yang menjadi penyebab kenapa Anda tidak bisa tidur nyenyak selama ini. Apakah kasur Anda bersih atau tidak?

Jika kasur Anda tidak bersih, maka berbagai bakteri, kuman dan binatang seperti kutu akan bersarang sehingga Anda akan merasa tidak nyaman bahkan gatal-gatal. Oleh karena itu, bersihkanlah kasur setiap hari agar tidur Anda lebih nyenyak.

Hal lain yang perlu juga diperhatikan adalah kenyamanan kasur itu sendiri. Kasur yang baik biasanya tidak membuat tubuh tertekan. Jika tidak ada tekanan pada bagian tertentu, rasanya seperti kita berdiri, berarti kasur tersebut dapat menopang tulang punggung dan lekukan tubuh sehingga ruas tulang punggung ada pada posisi netral.

Hal ini selain dapat membantu meningkatkan kualitas tidur juga dapat membantu mencegah gangguan tulang punggung.

Jangan tidur dalam kamar yang Berantakan

Kamar yang berantakan berpengaruh besar terhadap nyenyak atau tidaknya tidur Anda. Kamar yang berantakan akan membuat pikiran ikut berantakan. Apalagi jika seandainya Anda tengah memiliki masalah.

Aturlah segala sesuatu di tempatnya. Jika biasanya lantai-lantai dipenuhi bungkus makanan, kertas-kertas atau baju kotor maka mulai sekarang bersihkan sedemikian rupa. Rapikan lemari, atur buku di raknya, taruh pakaian kotor di tempatnya dan jangan lupa juga atur aksesoris ataupun bedak Anda.

Perhatikan kesegaran udara kamar

Kamar pengap, panas lagi bau akan membuat Anda kurang nyaman dan susah tidur. Jika kamar Anda tidak memiliki fentilasi, maka usahakanlah untuk membuat fentilasi ataupun jendela agar udara bisa bebas keluar masuk.

Jika hanya ada jendela, maka bukalah jendela pada siang atau pagi hari untuk mengganti udara. Sementara Anda bisa menutupnya pada malam hari agar tidak kedinginan.

Tidur dalam keadaan gelap

Banyak ahli mengatakan bahwa tidur yang paling nyaman adalah tidur dalam kedaan gelap, dengan kata lain mematikan lampu sebelum tidur. Istirahat dalam keadaan gelap membuat tubuh menghasilkan hormon melatonin yang baik bagi pertahanan tubuh dan menjaga sel tubuh dari kerusakan.

Meski begitu, ada juga beberapa orang yang lebih suka untuk menghidupkan lampu, dalam hal ini bisa dibenarkan selama Anda nyaman dan bisa meningkatkan kwalitas tidur Anda. Atau alternatif lain dengan memakai lampu tidur yang tidak terlalu gelap dan juga tidak terlalu terang.

Hindari komsumsi makanan atau minuman sebelum tidur

Perut Anda akan terasa berat dan tidak nyaman jika sebelum tidur Anda banyak makan dan minum. Ditambah lagi Anda akan sering terjaga untuk buang air. Selain itu, Anda juga perlu menghindari beberapa jenis makanan seperti junk food atau makanan berat.

Jika Anda lapar, maka makanlah beberapa jam sebelum tidur atau makan cemilan yang sehat. Sebaiknya hindari juga minum kopi sebelum tidur.

Hal ini seperti dikatakan oleh seorang psikolog Michael J Breus yang menyatakan bahwa minum kopi sebelum tidur akan membuat tubuh terjaga dan merusak kualitas tidur.

***

Nah, itulah beberapa tips agar Anda bisa mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkwalitas. Jika tidur Anda nyenyak, maka kesehatan dan kecantikan Andapun akan ikut terjaga.

Selamat mencoba!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *