Mengenal Lebih Jauh Vitamin B5

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Vitamin B5 atau yang juga dikenal dengan istilah Pantothenic Acid atau Asam Pantotenat merupakan salah satu vitamin yang terdapat dalam kandungan vitamin B kompleks.

Mungkin saja di antara kita masih banyak yang masih merasa asing mendengar namanya. Bahkan, bagi masyarakat awam, yang tidak mengerti ilmu kesehatan, kedokteran, dan nilai-nilai gizi, vitamin B5 ini sering diabaikan dan dirasa tidak penting untuk dikonsumsi.

Akan tetapi tahukah Anda? Tanpa adanya vitamin B5 ini, tubuh kita tidak dapat bekerja maksimal untuk membentuk antibody, sistem kerja saraf pada otak, membakar lemak, serta menjaga proses tekanan darah dan cairan di dalam tubuh.

Selain itu, vitamin B5 juga sering disebut sebagai anti stress. Mengapa demikian? Sebab vitamin B5 ini mampu mengeluarkan hormone adrenalin yang dimiliki setiap orang supaya menghilangkan stress dan rasa khawatir yang berlebihan.

Pentingnya Vitamin B5

Vitamin B5 terbagi menjadi dua jenis, yaitu calcium panthotenate dan pantehtina yang memiliki perbedaan harga jual di pasaran.

Pada umumnya, pantehtina berharga lebih tinggi daripada calcium panthotenate. Tetapi kedua jenis vitamin B5 tersebut sama-sama mempunyai fungsi penting bagi tubuh manusia.

Sebagai catatan yang harus kita garis bawahi, jangan terlalu lama memasak makanan yang mengandung vitamin B5 karena asupan gizi ini mudah rusak jika terkena panas yang terus menerus..

Maka dari itu dapat kita simpulkan bahwa vitamin B5 adalah satu nutrisi yang sangat penting dikonsumsi tubuh untuk menunjang kemampuan kita dalam melakukan berbagai aktivitas rutin setiap harinya.

Vitamin B5 juga berkaitan erat dengan pembentukan tenaga yang berasal dari lemak dan karbohidrat. Jadi, bagi mereka yang kurang mengonsumsi vitamin ini dipastikan akan sering mengalami kelelahan karena kekurangan energy.

Anda harus mulai memahaminya dari sekarang, sebab jika Anda tidak memenuhi standar asupan vitamin ini, Anda akan merasakan akibatnya ketika beranjak ke usia lanjut kelak. Konon, mereka yang kekurangan vitamin B5 akan lebih mudah diserang berbagai penyakit ketika di usia menjelang tua.

Sumber Makanan Penghasil Vitamin B5

Dimana saja bisa menemukan kandungan vitamin B5? Anda tidak perlu merasa khawatir akan sulit menemukan vitamin B5 ini. Sebab, hampir di seluruh makanan, baik hewani maupun nabati terkandung vitamin penting ini.

Sumber Makanan Penghasil Vitamin B5

Makanan yang mengandung vitamin B5 di antaranya adalah yoghurt, kentang, kemiri, oat meal, jamur (crimini, shiitake), ikan salmon dan kacang-kacangan (kacang tanah, kacang merah, kacang mete, kacang kenari, almond, dan lain-lain).

Selain itu, vitaminn B5 juga dijumpai pada biji-bijian (biji bunga matahari), telur, gandum, susu, daging sapi, daging ayam, hati ayam, sayur mayur seperti asparagus, brokoli, dan kubis, buah-buahan seperti alpukat, pisang, labu, dan jagung.

Manfaat Vitamin B5

Apa saja manfaat yang diberikan oleh vitamin B5?

Vitamin B5 memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai koenzim, mampu melancarkan proses pelepasan tenaga di dalam tubuh dari molekul-molekul yang bernama mikronutrien.
  2. Asam pantotenat membantu proses metabolism protein, lemak, dan karbohidrat sehingga akan menghasilkan satu energy full yang kita gunakan untuk menjalankan berbagai rutinitas setiap hari.
  3. Mencegah tubuh kita menjadi mati rasa dan kejang-kejang pada saat demam tinggi.
  4. Mampu mengatasi gangguan pencernaan di dalam usus dan mengurangi sakit kepala.
  5. Dapat memperlambat proses penuaan manusia, seperti menunda penuaan kulit (keriput), dan tumbuhnya uban di rambut.
  6. Mampu mencegah radang sendi (Arthritis) dan memperbaiki pertumbuhan tulang yang miring atau menyimpang.
  7. Mengembalikan sel-sel tubuh yang rusak ke kondisi sehat seperti semula.
  8. Melakukan pencegahan terhadap degenerasi syaraf.
  9. Dengan mengonsumsi vitamin B5 yang cukup bagi tubuh, kita juga bisa memiliki wajah yang mulus alias tanpa jerawat. Caranya adalah dengan mengaplikasikan buah papaya dan air kelapa sebagai masker wajah yang alami. Masker kunyit yang juga kaya akan kandungan vitamin B5 dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat yang menempel di kulit wajah.
  10. Vitamin B5 dapat bekerja lebih cepat dan efektif untuk menyembuhkan luka. Agar luka di tubuh kita tidak bertambah parah hingga menjadi infeksi, kita harus rajin mengonsumsi vitamin B5 ini yang berkhasiat untuk mencegah inflamasi dan radang pada luka sehingga mempercepat proses pemulihan atau penyembuhan.
  11. Bagi Anda yang kesehariannya selalu sibuk bekerja di kantor, biasanya akan memberlakukan pola makan dan pola hidup yang tidak sehat, seperti jarang berolahraga dan sering mengonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak tinggi sehingga menimbulkan penyakit kolesterol tinggi dan trigliserida di dalam aliran darah. Untuk mengatasi pola hidup dan pola makan yang tidak sehat itulah, Anda harus memperbanyak konsumsi vitamin B5 seperti daun seledri, buah alpukat, bawang merah, kubis, dan lain sebagainya supaya dapat menurunkan kedua permasalahan tersebut.
  12. Vitamin B5 yang dikombinasikan dengan vitamin E dan C akan menjadi asupan vitamin yang lebih baik untuk menjaga kesehatan kulit. Mungkin saja Anda sudah sering mendengar jika vitamin E berkhasiat untuk merawat kesehatan kulit tubuh. Tetapi, akan lebih maksimal hasilnya jika menggunakan ketiga campuran vitamin tadi (vitamin E, vitamin C, dan B5). Hal itulah yang menyebabkan banyak produk lotion dan sabun mandi yang mengandung madu. Sebab, ketiga vitamin yang berkhasiat baik untuk kesehatan kulit di atas terkandung menjadi satu pada madu.
  13. Vitamin B5 juga dapat menunjang kesehatan mata kita. Memang peran vitamin B5 ini belum sebaik vitamin A yang memang khusus merawat mata. Tetapi vitamin B5 dapat membantu vitamin A dalam melakukan proses biokimia sitesis dan mengoptimalisasikan vitamin A ke dalam aliran yang menuju ke mata kita.

Kekurangan Vitamin B5

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari vitamin B5, kita juga harus mengetahui apa saja akibat yang ditimbulkan jika kurang mengonsumsinya.

Kekurangan vitamin B5 dapat menyebabkan hal-hal seperti berikut :

  1. Mengalami kaki yang seakan-akan mati rasa, kesemutan atau rasa sakit yang sangat perih dan seperti terbakar.
  2. Kondisi tubuh menjadi naik – turun, misalnya terkadang sedang fit benar, dan sebentar menjadi lemas dan tidak bertenaga sama sekali.
  3. Sering sakit kepala, bahkan vertigo.
  4. Timbul jerawat yang berlebihan di wajah.
  5. Akan mengalami susah tidur malam atau yang sering disebut dengan istilah insomnia.
  6. Sistem pernafasan bisa terganggu bahkan bisa menimbulkan infeksi pada saluran pernafasan kita.
  7. Rambut menjadi patah-patah, sering rontok, dan banyak tumbuh rambut putih atau uban ketika masih berusia muda.
  8. Kejang-kejang otot
  9. Pada saat berusia lanjut, orang yang kekurangan vitamin V5 di dalam tubuhnya akan lebih mudah terserang penyakit seperti kolesterol, asam urat, dan peradangan sendi.
  10. Ketika tubuh kekurangan vitamin B5 dan tidak dapat memproduksi sel darah merah yang dibutuhkan oleh tubuh kita, maka otak juga akan kekurangan sel darah merah yang seharusnya membawa serta banyak nutrisi, sehingga kita sering merasakan depresi yang berkelanjutan. Jika dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan dapat menimbulkan dampak yang jauh lebih buruk, yaitu gangguan mental.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *